Kesehatan

28 April 2021

Ikuti Cara Ini Jika Moms Ingin Jadi "Morning Person"

Cara utama menjadi morning person adalah dengan mengubah ritme sirkadian!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms termasuk orang yang lebih aktif di malam hari yang menyebabkan sering tidur larut dan sulit bangun pagi? Jika iya, mungkin kebiasaan kurang baik yang disebut dengan istilah night owl ini patut diubah sehingga Moms menjadi morning person.

Hal ini karena kebiasaan tidur yang tidak wajar bisa memengaruhi produktivitas Moms di pagi harinya. Mengingat secara umum, mayoritas orang melakukan aktivitasnya di pagi hari, sementara malam hari digunakan untuk beristirahat, bukan justru sebaliknya.

Selain itu, kebiasaan tidur terlalu larut juga mungkin dapat membuat kondisi kesehatan Moms terancam. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh besar dalam kehidupan sehingga Moms perlu mempertimbangkan untuk berubah menjadi morning person.

Meski awalnya mungkin tidak akan terasa mudah, Moms dapat mengikuti tips di bawah ini untuk menjadi morning person, orang yang terbiasa bangun pagi sehingga lebih semangat dalam menjalani aktivitas.

Baca Juga: Tak Disadari Ini, Ini 7 Bahaya Begadang yang Mengintai Tubuh

Kenali Kronotipe Diri Sendiri

Ritme Sirkadian

Foto: Orami Photo Stock

Siklus tidur dan bangun alami manusia dikenal sebagai ritme sirkadian, dan ritme sirkadian ini dapat sangat bervariasi dari orang yang satu ke orang lainnya.

Orang-orang terbagi dalam kelompok (kronotipe) yang berbeda, tergantung pada apakah mereka merasa paling terjaga dan waspada di pagi hari, di malam hari, atau di suatu tempat di antaranya.

Menurut psikolog dan spesialis pengobatan tidur perilaku Michelle Drerup, PsyD, DBSM yang dikutip dariCleveland Clinic, tidak ada kronotipe yang secara inheren lebih baik atau lebih buruk dari yang lain.

“Jika jadwal itu sesuai dengan gaya hidup dan kewajiban Anda, tidak perlu mengubahnya,” jelasnya.

Ketika waktu tidur larut malam yang dialami seseorang, seperti yang mungkin terjadi pada Moms berbenturan dengan kewajiban di pagi hari, dan jika Moms terbiasa tidur kurang dari tujuh hingga sembilan jam tidur malam yang disarankan, kesehatan dan kesejahteraan Moms bisa terganggu.

Sayangnya, setiap manusia tidak dapat memilih kronotipe atau ritme sirkadian tubuhnya. Faktor genetika juga berperan dalam mengidentifikasi apakah Moms merupakan morning person atau night owl.

Baca Juga: Susah Tidur? Simak 5 Tips untuk Mengatasi Insomnia

Cara Menjadi Morning Person

Namun, kata Dr. Drerup, kebiasaan dan perilaku dapat memperkuat kecenderungan siklus tidur dan bangun yang terjadi secara alami tersebut. "Dengan membuat perubahan perilaku, Anda mungkin dapat mengubah preferensi jadwal tidur Anda," katanya.

Berikut beberapa cara yang dapat Moms ikuti agar menjadi morning person.

1. Ubah Waktu Tidur

mengatur-kebiasaan-waktu-tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjadi morning person pertama yang sebaiknya Moms lakukan adalah dengan mengubah waktu tidur. Cobalah untuk mengatur diri sendiri sehingga dapat tidur selama tujuh hingga sembilan jam. Secara tidak langsung, aturan tersebut akan membuat Moms memiliki waktu tidur yang tepat.

Misalnya, jika Moms terbiasa tidur tengah malam, cobalah untuk terlelap saat waktu menunjukkan pukul 22.00. Selain itu, usahakan tidur 15 atau 20 menit lebih awal dari biasanya.

Moms dapat mencobanya selama beberapa hari dan ulangi cara ini dengan rutin secara bertahap sehingga tubuh dapat menyesuaikan waktu tidurnya dengan baik.

2. Bangun Rutinitas Tidur yang Baik

tips-ciptakan-suasana-tidur-nyaman.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rutinitas waktu tidur yang tenang adalah kunci untuk membantu Moms tertidur lebih awal. Misalnya satu jam sebelum lampu padam, Moms dapat meredupkan lampu dan matikan elektronik sehingga tercipta suasana tidur yang nyaman.

Moms juga bisa mencoba untuk menemukan sesuatu yang menenangkan untuk dilakukan sebelum tidur, seperti mandi air hangat, peregangan ringan, meditasi, menggunakan aromaterapi, atau membaca buku. Berikan diri Moms waktu untuk bersantai dan persiapkan pikiran untuk tidur dengan tenang.

Baca Juga: Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini

3. Manfaatkan Cahaya untuk Memengaruhi Ritme Sirkadian

lampu tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjadi morning person berikutnya yang perlu Moms lakukan, ialah dengan memanfaatkan cahaya. Hal ini karena cahaya terang dan gelap dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh seseorang.

Tubuh memiliki kemampuan untuk melepaskan hormon melatonin yang memicu tidur sebagai respons terhadap cahaya berwarna matahari terbenam. Sebaliknya, cahaya biru seperti fajar merangsang respons bangun di tubuh.

Biarkanlah cahaya mengatur kembali siklus tidur dan bangun pada tubuh Moms. Dengan cara, membatasi paparan cahaya biru (seperti ponsel dan tablet) menjelang waktu tidur, dan pilih lampu malam dan lampu samping tempat tidur dengan lampu kuning atau merah yang meniru warna matahari terbenam sehingga merangsang tubuh untuk lebih cepat mengantuk.

4. Jadikan Pagi Hari Terasa Menyenangkan

cara-menjadi-morning-person-4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dengan membuat pagi hari terasa menyenangkan, usaha Moms untuk menjadi morning person akan lebih mudah. Cobalah untuk menjadwalkan sesuatu yang dinanti-nantikan di pagi hari sehingga bangun tidur tidak terlalu terasa berat.

Selain itu, Moms juga perlu mempertimbangkan keuntungan atau dampak positif yang akan didapatkan jika berubah menjadi morning person.

Misalnya, akan lebih produktif dalam beraktivitas sehari-hari atau membuat Moms menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sehingga memiliki banyak kesempatan untuk bersama keluarga dan pasangan.

Teruslah cari dampak positif, harapan, atau alasan lain sehingga proses menjadi morning person ini akan lebih mudah dijalani.

Saat siklus tidur mulai bertransisi, Moms mungkin memperhatikan perubahan pada tingkat energi, produktivitas, atau suasana hati.

Catat perubahan ini saat mengalaminya, karena meninjau dampak positif dapat membantu Moms tetap termotivasi. Moms juga bisa menghadiahi diri sendiri karena mencapai target.

Baca Juga: Pentingnya Memerhatikan Diri Sendiri Meskipun Sibuk Bekerja dan Mengurus Anak

5. Mulailah Bergerak dan Konsisten

wanita bangun tidur

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui cara menjadi morning person di atas, Moms tidak boleh menundanya. Mulailah bergerak untuk melakukannya sesegera mungkin dan konsisten, bila perlu buatlah hukuman untuk diri sendiri jika Moms mulai lalai.

Misalnya, dengan memaksa diri melakukan olahraga di pagi hari jika kebiasaan tidur malam belum juga bisa diubah. Terkadang, paksaan yang sifatnya suka rela dari diri sendiri ini membantu Moms untuk terbiasa.

Olahraga di pagi hari juga bagus untuk kesehatan tubuh karena dapat membuat Moms lebih segar dan siap dalam menjalani aktivitas nantinya.

Itulah cara menjadi morning person yang dapat Moms terapkan. Semoga berhasil, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait