Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
20 Januari 2021

15+ Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan, Mudah Banget!

Ternyata, istirahat cukup bisa membantu Moms mengecilkan perut setelah melahirkan lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Selama masa kehamilan, berat badan Moms dari bulan ke bulan tentunya semakin bertambah.

Saat pasca melahirkan, tak sedikit Moms yang mengeluhkan berat badan yang belum kembali seperti semula malah terus melonjak naik.

Seringkali bagian tubuh yang membuat Moms kurang percaya diri adalah bagian perut pascamelahirkan.

Saat ini banyak berbagai cara cepat untuk mengecilkan perut, tapi alangkah lebih baiknya Moms mencoba cara alami yang aman, apalagi untuk Moms yang sedang menyusui.

Lalu, seperti apakah cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Penasaran bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang aman? Yuk simak di bawah ini!

1. Menyusui

cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang pertama adalah menyusui.

Menyusui tidak hanya membantu membangun kekebalan tubuh bayi, tetapi juga membantu menghilangkan lemak dan mengecilkan perut pascamelahirkan, karena saat menyusui terjadi proses penyusutan rahim yang cepat.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ibu menyusui menggunakan 400-500 kalori setiap harinya untuk memproduksi susu sesuai kebutuhan bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan.

Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Preventive Medicine and Public Health menunjukkan bahwa ibu yang menyusui secara eksklusif selama lebih dari tiga bulan bisa menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang yang tidak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

2. Berjalan

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah berjalan. Bentuk latihan paling sederhana, tidak hanya setelah melahirkan, tetapi secara umum, adalah berjalan.

Meskipun proses pengecilannya sedikit demi sedikit, tapi setidaknya dengan berjalan, sakit kepala dan pegal pada badan akan berkurang.

Moms bisa berjalan-jalan sambil menjemur bayi dengan menggunakan kereta bayi, agar Si Kecil pun bisa menghirup udara segar.

3. Makanan Bernutrisi

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah makan makanan bernutrisi.

Moms boleh saja merasa sangat tidak percaya diri dengan kondisi perut pascamelahirkan, tapi bukan berarti Moms mengurangi makan dalam jumlah besar karena hal ini bisa memengaruhi produksi ASI.

Tubuh ibu dapat memakai energi dari cadangan yang tersedia, hal inilah yang bisa menurunkan produksi insulin dan bisa menurunkan kerja hormon tiroid.

Kemudian, hormon prolaktin yang mengontrol produksi ASI akan menurun juga.

Moms cukup membangun pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang tidak membuat lemak di tubuh Moms semakin menumpuk.

Konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, protein tanpa lemak, rempah-rempah, teh hijau, dan minum banyak air untuk membuang racun.

Baca Juga: Sebelum Memulai, Ketahui 4 Kesalahan Diet Keto Pemula Berikut Ini

4. Berolahraga Sekitar 30 Menit

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah olahraga.

Pola makan saja tidak cukup, Moms harus menyempatkan waktu untuk latihan olahraga sekitar 20-30 menit, pilih latihan yang tepat, seperti kardio dan kekuatan.

Moms bisa melakukan olahraga saat Si Kecil tidur. Lakukan crunch, push-up, sit-up, tricep dips, lari pagi, spot, scot jump, squat, dan latihan peregangan lainnya.

Tetapi Moms perlu mengonsultasikan pada dokter gerakan latihan apa yang harus dihindari pascamelahirkan.

Namun jangan dipaksakan apabila setelah melahirkan, badan belum sepenuhnya pulih ya Moms.

5. Berlatih Anulom-Vilom

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Latihan anulom-vilom adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya. Gerakan yoga ini salah satu untuk pengaturan fungsi tubuh.

Teknik Anulom-vilom pada yoga adalah latihan pernapasan yang dilakukan dengan menarik udara dari diafragma dan menahannya pada bagian perut kita.

Kontraksi ritmik yang teratur pada proses inhalasi dan relaksasi mampu membantu mengencangkan atau cara mengecilkan perut bagian atas dan bawah.

Pertahankan postur badan yang tegak, dan saat Moms mulai merasa lebih kuat, tambah waktu untuk menahan udara. Gerakan ini bisa juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik atau usus.

6. Istirahat yang Cukup

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah istirahat.

Banyak yang berpikir kurang tidur bisa menurunkan berat badan, tapi anggapan tersebut juga salah, karena istirahat yang kurang cukup juga bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh, yang bisa menimbulkan peradangan.

Ketika tubuh terus menerus mengalami peradangan, itu menyebabkan reseptor lemak bergerak ke daerah pusat. Dan molekul lemak disimpan di daerah perut.

Memiliki bayi baru lahir memang sedikit sulit untuk bisa tidur nyenyak, tetapi Moms bisa mencuri waktu untuk istirahat lebih sering, misal saat anak tidur ataupun digendong oleh anggota keluarga di rumah.

7. Hindari Diet Ekstrem

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak makan dapat menurunkan berat badan, namun hindari diet ekstrem ya. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah menghindari diet ekstrem.

Tak sedikit Moms yang mengalami depresi pascamelahirkan, tidak terbiasa merawat bayi baru lahir, tangisan bayi, bahkan bentuk tubuh yang tidak bisa Moms terima.

Kemudian untuk kembali seperti sebelum hamil, akhirnya mengambil langkah dengan melakukan diet ekstrem yang membuat mereka kekurangan gizi dan akhirnya mempengaruhi kesehatan bayi.

Membuat diri kita kelaparan tidak akan pernah membantu justru bisa mengancam kesehatan Moms.

Jika Moms ingin melakukan diet, konsultasikan dengan ahli gizi untuk melakukan diet bagi ibu menyusui.

8. Melakukan Meditasi

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah meditasi.

Pascamelahirkan, dunia kita memang menjadi berubah, banyak kegiatan yang tak bisa kita lakukan dengan sering seperti sebelum melahirkan, hal ini tentunya membuat kita cukup stres ya Moms.

Nah, dengan melakukan meditasi, maka akan membantu Moms untuk lebih fokus, melepaskan energi negatif dan bisa meningkatkan kualitas tidur Moms.

Baca Juga: Benarkah Diet Keto Bisa Cegah Pertumbuhan Kanker?

9. Gunakan Korset

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang selanjutnya adalah menggunakan korset. Gunakan korset untuk mengecilkan perut dan mempercepat proses penyusutan rahim ke ukuran aslinya.

Ini adalah salah satu cara paling kuno untuk mengurangi lemak perut. Selain itu, memperbaiki postur tubuh Moms pascamelahirkan dan mengurangi sakit punggung.

10. Tetap Hidrasi Tubuh dengan Baik

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Sebanyak 55-77% dari tubuh kita terdiri dari air, sehingga kehilangan cairan dapat memberikan risiko yang besar.

Terutama setelah kehamilan, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik, karena ini adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang cukup efektif.

Dehidrasi akan memengaruhi kekuatan, energi, dan konsentrasi kita, membuat aktivitas sehari-hari lebih menantang daripada yang seharusnya.

Selain itu, banyak minum air putih juga dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Hal ini secara alami dapat menekan nafsu makan kita, membantu membakar kalori, dan membersihkan sampah di tubuh.

Makanya pastikan untuk minum banyak air setiap hari dan cobalah menukar minuman berkafein atau soda dengan air putih saja ya Moms.

11. Kurangi Asupan Gula

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Untuk cara mengecilkan perut setelah melahirkan, Moms perlu mengurangi konsumsi gula.

Tip ini akan membuat perbedaan besar pada lemak perut kita. Cobalah untuk mengurangi asupan gula atau hentikan untuk sementara waktu.

Tetap gunakan gula alami dan sehat yang bisa ditemukan dalam buah dan cobalah untuk menghindari tambahan gula ya.

Mulailah membangun kebiasaan makan yang sehat.

Selama masa pascamelahirkan, Moms mungkin tergoda untuk beralih ke makanan yang lebih murah dan lebih mudah. Cobalah yang terbaik untuk tetap berpegang pada makanan bergizi yang alami dan kaya protein.

Baca Juga: Kenali Bahaya dari 5 Makanan Berlemak Jenuh Tinggi Ini

12. Jangan Konsumsi Alkohol

cara mengecilkan perut pascamelahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Minuman beralkohol tidak sehat jika dikonsumsi setelah kehamilan. Sebagian besar minuman beralkohol penuh dengan gula atau pemanis tambahan lainnya.

Ini juga berbahaya karena dapat mengganggu kadar hormon kita. Ini mungkin menyebabkan tubuh lebih banyak melakukan penyimpanan lemak.

Maka dari itu, coba terapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan memulai hidup sehat dan tidak mengonsumsi alkohol.

13. Camilan Sehat

yogurt adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkanjpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms ingin tetap mengonsumsi camilan ketika ingin menurunkan berat badan, camilan sehat adalah jawabannya.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan memang tidak instan, perlu ada beberapa tahapan yang dilakukannya. Camilan sehat bisa menjadi alternatif apabila Moms ingin makan ringan.

Camilan sehat bisa seperti susu rendah lemak, yogurt, serta asupan kalsium lainnya untuk membantu penurunan berat badan.

Beberapa ide camilan sehat sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan, antara lain:

  • Roti gandum.
  • Susu tanpa atau rendah lemak.
  • Buah-buahan.
  • Sayuran hijau.
  • Makanan tinggi kalsium seperti yogurt dan keju.

14. Konsumsi Teh Hijau

cara mengecilkan perut setelah melahirkan-minum teh hijau

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau dipercaya dapat menurunkan berat badan secara bertahap. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ini bisa Moms coba di pagi atau sore hari.

Konsumsi segelas teh hijau tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Baik disajikan dalam keadaan hangat sehingga membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Sehingga pemulihan setelah melahirkan akan berangsur cepat.

Baca Juga: Manfaat Protein untuk Bayi dan Tumbuh Kembangnya

15. Buah Apel

XX Manfaat Kulit Apel, cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

National Center for Biotechnology Information memaparkan, buah apel mengandung pectin yang mampu untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Pencernaan yang lebih lambat dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Ini bisa Moms terapkan untuk cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Buah apel dapat mengurangi asupan makanan yang menyebabkan penurunan berat badan.

16. Makan Porsi Sedikit

cara mengecilkan perut setelah melahirkan-makan porsi sedikit

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya yakni mengurangi porsi makan. Jika selama ini makan dalam porsi besar, Moms bisa mengganti dengan porsi sedikit.

Meskipun porsi sedikit, kurun waktu makan bisa lebih diperbanyak. Misalkan pagi, siang, sore dan malam.

Langkah ini merupakan cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang sangat efektif karena mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh.

Dengan cara ini berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Baca Juga: Ini 10 Makanan Terenak di Dunia, Sudah Coba yang Mana?

17. Konsumsi Probiotik

kulit kering saat hamil-konsumsi yogurt.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Studi menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu wanita menurunkan berat badan secara efektif.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan satu ini dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh jika mengonsumsi probiotik. Probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

Probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti tempe, yogurt, kimci, acar dan miso sup.

Itu dia adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan mudah Moms lakukan di rumah.

Kuncinya pola makan dan gaya hidup sehat, juga olahraga secara teratur bisa mengecilkan perut pascamelahirkan secara alami, bahkan bisa mengembalikan bentuk badan Moms seperti sebelum hamil.

Selamat mencoba Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait