Kesehatan

19 Mei 2021

Mulut Pahit? Cari Tahu Penyebab dan Pengobatannya Berikut Ini

Yuk, ketahui berbagai macam penyebab mulut pahit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Memiliki mulut pahit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Moms bisa merasakan mulut pahit ketika mengonsumsi kopi hitam atau cokelat pahit.

Kendati demikian, memiliki mulut pahit saat Moms tidak mengonsumsi apapun bukanlah sebuah hal yang normal. Itu menjadi indikasi dari beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Mulut pahit memang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari gangguan asam lambung, makan makanan yang memiliki rasa pahit, mengonsumsi obat tertentu hingga masalah yang terjadi pada gigi dan juga gusi.

Ketika mulut terasa pahit, ternyata hal tersebut bisa membuat penurunan nafsu makan dan seseorang menjadi kurang minum air putih. Padahal mengonsumsi makanan dan minum air putih perlu dilakukan untuk memenuhi konsumsi gizi dan nutrisi harian tubuh.

Nah, sebenarnya apa sih penyebab rasa pahit di mulut ini? Yuk ketahui lebih lengkapnya di sini!

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut pada Anak

Penyebab Mulut Pahit

Mulut Pahit

Foto: Oramu Photo Stock

Seperti yang tadi sudah disebutkan, ada beberapa hal yang bisa menjadi sebab dari mulut pahit. Karenanya, kondisi ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja.

Berikut beberapa penyebat mulut pahit yang patut Moms ketahui!

1. Dysgeusia

Dysgeusia adalah terciptanya rasa logam di mulut atau bisa dibilang mulut pahit yang Moms alami. Kondisi ini tidak berbahaya dan tak perlu dikhawatirkan ya, Moms.

Dysgeusia sendiri adalah salah satu penyebab munculnya berbagai rasa tidak nyaman di mulut. Bukan hanya mulut pahit, kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami mulut terasa asam atau asin seperti tersentuh logam.

Tak hanya itu Moms, kondisi ini pun biasanya bisa membuat si penderita merasakan mulut yang berbau atau terasa tengik dan juga busuk..

2. Pasca Pembedahan

Dilansir dari American Academy of Otolaryngology Head and Neck Surgery, mulut pahit juga bisa disebabkan akibat operasi telinga atau yang biasa disebut dengan bell's palsy.

Ini adalah kondisi medis ketika seseorang merasakan saraf otot wajah yang melemah hanya setengah bagian saja.

Saraf yang menjadi pemasok bagian depan lidah berjalan melalui telinga dan memisahkan diri dari saraf wajah.

Akibat dari ini, bell's palsy dan beberapa operasi telinga yang lain bisa menyebabkan hilangnya rasa di mulut atau malah menyebabkan mulut pahit.

Selain operasi telinga, cidera pada saraf lain yang menyebabkan trauma atau pasca pembedahan di leher pun bisa menyebabkan masalah mulut pahit.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut pada Anak

3. Bakteri yang Menumpuk

Bukan hanya masalah kesehatan, bakteri yang menumpuk di mulut terlebih di gusi dan gigi juga bisa menjadi penyebab terjadinya mulut pahit.

Terlebih jika Moms memiliki lubang di gigi, hal ini bisa menyebabkan rasa pahit di mulut yang lebih parah.

Bukan hanya merasakan rasa pahit, tumpukan kuman dan bakteri yang berada di mulut pun bisa menjadikan bau mulut tak terelakkan.

Jika hal ini terjadi, tentu saja Moms tidak akan merasa percaya diri, bukan? Karenanya, disarankan untuk selalu menyikat gigi serta menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan.

Tahukah Moms ketika bakteri menumpuk hal tersebut bisa menyebabkan infeksi bakteri? Bukan hanya bakteri, virus, jamur pada gigi dan gusi pun bisa menjadi permasalahan mulut yang tidak bisa diremehkan.

Hal tersebut pun bisa mengurangi aliran darah ke sensor pengecap dan membuat mulut menjadi pahit.

Tak sampai sana, kelainan genetik pun juga bisa menyebabkan infeksi gigi yang bisa menyebabkan lebih banyak masalah pada indera perasa kita.

Contohnya pembengkakan lidah. Kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori yang dimiliki oleh indera perasa kita menutup.

Nah, agar bisa mengindikasinya, Moms pun memerlukan asupan yang baik dan seimbang.

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali agar kebersihannya juga terjaga secara optimal ya, Moms!

4. Mengonsumsi Obat Tertentu

Mulut Pahit

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi obat juga bisa menjadi salah satu penyebab rasa pahit yang muncul di mulut, Moms. Saat tubuh menyerap beberapa tipe pengobatan, obat-obatan bisa memengaruhi ludah.

Terlebih jika obat atau suplemen yang Moms konsumsi memiliki rasa pahit atau logam. Hal itu bisa meninggalkan rasa pahit di mulut untuk waktu yang lumayan panjang.

Dilansir dari Healthline, obat-obatan yang bisa membuat mulut menjadi pahit adalah;

  • Antibiotik tetracycline
  • Lithium, obat yang biasa digunakan oleh penyakit psikis
  • Obat-obatan untuk jantung yang tertentu
  • Vitamin atau suplemen yang mengandung zinc, chromium dan copper.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Tanpa Minum Obat

5. Penyakit Lambung

Lambung yang mengalami masalah juga bisa menjadi salah satu penyebab mulut yang terasa pahit, Moms. Hal tersebut dikarenakan, lambung yang terasa tidak nyaman seringkali membuat kita mual dan muntah.

Nah, ketika kita mengeluarkan isi perut, hal tersebut berujung pada munculnya rasa pahit yang dirasakan di mulut.

GERD atau gastroesophageal refluks disease sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Hal yang perlu dihindari agar GERD tidak datang adalah menyantap makanan secara berlebihan, mengonsumsi makanan yang pedas, mengonsumsi makanan di waktu yang tidak tepat serta mengurangi dan menghindari stres.

Baca Juga: Benarkah GERD Bisa Menyebabkan Bau Mulut? Begini Penjelasan Lengkapnya

6. Mulut Kering

Penyebab dari mulut pahit yang sering terjadi adalah karena mulut yang kering. Rasa mulut yang kering pun diketahui sebagai xerostomia. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh produksi ludah atau air liur yang berkurang.

Berkurangnya produksi air liur sendiri bisa disebabkan oleh beberapa alasan yakni;

  • Penuaan
  • Obat-obatan
  • Penyakit autoimun seperti Sjorgen syndrome yang biasanya menyebabkan mulut kering dan mata kering
  • Merokok

Dengan produksi air liur yang baik, lidah perasa akan berfungsi secara optimal. Kurangnya produksi air liur sendiri bisa membuat kita sulit untuk menelan makanan atau bahkan berbicara.

Biasanya orang-orang yang memiliki kondisi ini memiliki karang gigi atau infeksi gusi.

7. Faktor Kehamilan

Mulut Pahit

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan, mulut yang terasa pahit bukanlah sebuah kondisi yang membahayakan. Mulut pahit pun bisa dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil.

Menurut sebuah jurnal Acta Oto Laryngologica, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa membuat perubahan pada kondisi tubuh. Salah satunya adalah mulut yang terasa pahit.

8. Pengobatan Kanker

Pengobatan kanker juga bisa menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit atau seperti merasakan logam. Radiasi dan kemoterapi bisa mengiritasi indera perasa dan menyebabkan hal lain yang tidak biasa.

Bahkan terkadang meminum air putih saja bisa membuat orang yang habis melakukan kemoterapi merasakan logam atau pahit.

Cara Mengobati Mulut Pahit

Mulut Pahit

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi mulut yang terasa pahit. Bahkan Moms juga bisa mengobatinya di rumah, lho!

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan itu adalah

1. Minum Banyak Air Putih

Dengan meminum air putih yang banyak, hal tersebut bisa menyebabkan produksi air liur meningkat. Nah jika sedang tidak memungkinkan minum air putih, Moms bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur.

2. Sikat Gigi Secar Rutin

Mulut Pahit

Foto: Orami Photo Stock

Dengan menyikat gigi yang rutin, hal ini bisa menghindari Moms dari kondisi mulut pahit. Sikatlah gigi dengan halus dua kali dalam sehari dan jangan lupa menggunakan dental floss ya! Buatlah janji dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk check-up kesehatan gigi

3. Pola Makan Sehat

Agar tidak mengalami mulut pahit yang disebabkan oleh GERD, Moms perlu menjalani pola makan yang sehat.

Makanlah di waktu yang tepat dengan porsi yang juga tepat. Jangan sampai terlalu banyak dan menyebabkan GERD menjadi kambuh, Moms!

Nah, Moms juga perlu menghindari stres yang berkepanjangan karena kondisi tersebut bisa memengaruhi kondisi lambung.

Baca Juga: Cegah Gigi Berlubang pada Anak dengan Rajin Sikat Gigi, Ini Tips dari Dokter Spesialis Gigi Anak

4. Periksakan ke Dokter

Jika Moms mengalami mulut pahit yang berkepanjangan dan penyebabnya tidak bisa diketahui dengan jelas, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter ya, Moms!

Itu dia, penjelasan mengenai mulut pahit, serta apa yang menjadi penyebab dan cara pengobatannya. Semoga berguna, Moms!

  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00016480260046544
  • https://www.healthline.com/health/bitter-taste-in-mouth#causes
  • https://www.enthealth.org/conditions/dysgeusia/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait