Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Jalan-jalan | Aug 21, 2018

Ajak Anak ke 4 Museum Ini Supaya Bisa Mencintai Laut dan Dunia Maritim

Bagikan


Sebagai negara maritim atau negara yang memiliki wilayah laut yang sangat luas, rasanya sangat tepat bila Moms mengajari Si Kecil untuk mencintai laut sejak dini.

Agar lebih mudah, cobalah mengajarkan mereka dengan langsung memperkenalkannya pada hal-hal yang berbau laut dan dunia maritim. Salah satu caranya bisa dengan mengajak mereka mengujungi museum-museum berikut:

Museum Bahari

foto: situsbudaya.id

Tempat pertama yang dapat Moms jadikan pilihan untuk mengajak Si Kecil mengenal dunia maritim adalah museum bahari. Museum ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Museum yang terletak di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa ini adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

Baca Juga: Ajak Anak Mencintai Laut dengan Mengenalkan 9 Binatang Laut Ini

Monumen Kapal Selam

foto: wikipedia.org

Berikutnya ada Monumen Kapal Selam yang merupakan museum kapal selam yang terdapat di Surabaya. Monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia tahun 1952.

Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda lalu kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, Moms akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang terdapat di sana

Museum Transportasi TMII

foto: indonesiakaya.com

Museum Transportasi adalah museum milik Kementerian Perhubungan yang mengumpulkan, memelihara, dan memamerkan bukti sejarah perkembangan transportasi, serta berperan dalam pembangunan nasional.

Museum yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah ini menampilkan berbagai moda transportasi yang mengandung nilai sejarah dan perannya dalam perjuangan bangsa.

Di antaranya ada modul laut yang menggambarkan keberadaan dan layanan jasa transportasi laut yang telah menggunakan mesin, dari mulai kapal penumpang, container, dok terapung, serta peralatan penunjangnya, dilengkapi paparan teknologi kelautan dengan berbagai jenis kapal laut.

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Si Kecil ke Museum

Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana

foto: wisatasekolah.com

Nama Loka jala Crana sendiri memiliki arti yaitu tempat untuk menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang dipergunakan oleh TNI Angkatan Laut. Dalam museum ini terdapat beberapa koleksi peralatan pertempuran Angkatan Laut, ada juga koleksi planetarium dan astronavigasi.

Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan objek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari zaman revolusi fisik hingga saat ini, seperti berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replika KRI Dewaruci.

Apakah Moms sudah pernah mengajak Si Kecil ke museum-museum di atas? Ceritakan keseruannya di kolom komentar ya!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.