Inspirasi Nama Bayi

INSPIRASI NAMA BAYI
31 Januari 2021

Bingung Memberi Nama Bayi Laki-Laki yang Lahir di Bulan Ramadan? Berikut Pilihannya!

Bayi laki-laki kelak lahir di bulan Ramadan? Berikut ide nama Islami yang baik untuknya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms memiliki hari perkiraan lahir (HPL) pada saat bulan Ramadan? Wah, Moms sungguh beruntung sekali, pasalnya bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, dan kelahiran bayi di bulan ini pasti akan melengkapi keberkahannya.

Jika Moms sudah mengetahui jenis kelamin anak yang akan dilahirkan kelak, Moms mungkin sudah jauh-jauh hari memilihkannya namanya.

Jika bayinya laki-laki, maka ada beberapa nama bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan yang bisa Moms pilih. Ingat, masing-masing nama memiliki makna yang baik dan bisa menjadi harapan baik untuk kehidupan masa depan buah hati kelak.

Baca Juga: 20 Ide Nama Arab untuk Bayi Laki-laki dengan Arti yang Indah

Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki yang lahir di Bulan Ramadan

Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki yang lahir di Bulan Ramadan

Foto: Orami Photo Stock

Karena nama adalah doa, maka simak beberapa inspirasi nama bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan yang memiliki arti sangat baik berikut ini!

1. Ramadan

Sudah sangat jelas umum bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan akan disematkan nama bulan itu sendiri yakni Ramadan. Ini adalah nama yang cukup populer dan sangat cocok diberikan untuk bayi laki-laki.

Bulan Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender tahun Hijriah yang dihitung berdasarkan pergerakan bulan mengitari bumi. Bulan ini dianggap membawa keberkahan dan kebaikan bagi semua umat Islam.

Jadi, memberikan nama Ramadan sangat cocok untuk pengingat bahwa buah hati lahir di bulan suci dan berharap juga bisa membawa berkah bagi keluarga.

Ada beberapa pilihan rangkaian nama Ramadan, misalnya:

  • Nuha Ramadhan: Anak yang cerdas dalam berpikir dan lahir di bulan Ramadhan.
  • Ramadan Khalif Putra: Anak laki-laki muslim yang akan sukses dan lahir di bulan Ramadan.
  • Ahsan Ramadhan Zimraan: Anak laki-laki terbaik yang lahir di bulan Ramadan dan menjadi pujaan hati banyak orang.
  • Hafizh Ramadan Alfarezi: Anak laki-laki yang memelihara dan selalu bersemangat dalam bekerja, dan terlahir di bulan Ramadan.

2. Kareem/Karim

Jika untuk anak perempuan nama Karima atau Karina bisa diberikan, maka anak laki-laki bisa diberikan nama Karim atau Kareem. Nama ini memiliki arti baik, yakni seseorang yang pemurah dan baik hati.

Nama ini sama-sama memberikan makna yang baik untuk diberikan pada anak, dan Moms pun seakan mendoakan anak kelak menjadi pribadi yang baik hati kepada semua orang. Ada beberapa contoh rangkaian dengan menggunakan nama Karim atau Kareem yang bisa dipilih, seperti:

  • Ramadhan Karim Mubarak: Anak laki-laki yang dilahirkan pada bulan Ramadan yang penuh kemuliaan dan keberkahan.
  • Abdul Kareem Hanif: Anak laki-laki penolong dan baik hati yang taat pada Islam.
  • Abrisam Rafif Kareem: Anak laki-laki tampan, berhati lembut nan soleh yang an selalu bersikap baik kepada semua orang.

3. Aidil

Apakah Moms berharap agar anak laki-laki yang dilahirkan kelak akan menjadi anak yang berperilaku adil terhadap sesama? Maka Moms bisa memilih nama Aidil, yang diambil dari bahasa Arab, dan bisa diartikan sebagai adil atau keadilan.

Memberikan nama ini bisa menjadi harapan agar anak laki-laki kesayangan Moms menjadi anak yang selalu bijaksana dan adil dalam mengambil keputusan di masa depan. Beberapa contoh rangkaian nama Aidil, antara lain:

  • Nazril Aidil Rashaad: Anak laki-laki yang sempurna, pemaaf, dan selalu bersikap adil.
  • Althaf Aidil Eshaal: Anak laki-laki berhati lemah lembut, adil dan menjadi kesayangan Allah SWT.
  • Abrar Aidil Zahidin: Anak lelaki saleh yang selalu berzuhud, berbuat baik dan selalu berperliaku adil.
  • Khoury Aidil Rabbani : Seorang pemimpin yang memiliki ilmu agama yg tinggi, berperilangku adil dan arif bijaksana.

Baca Juga: Yuk Cek 57 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Laki-laki dengan Arti yang Indah!

4. Qadar

Memasuki akhir bulan Ramadan, ada sebuah malam yang mana kemuliaannya akan melebihi seribu bulan. Malam ini disebut sebagai malam lailatul qadr dan hampir semua doa akan dijabah oleh Allah SWT di malam ini.

Jika Moms memberikan nama Qadr atau Qadar untuk anak laki-laki, maka bisa menjadi doa kelak anak selalu diberkahi oleh Allah SWT dan ia menjadi anak yang mulia sebagaimana malam lailatul qadar. Ada beberapa contoh rangkaian nama Qadar untuk bayi laki-laki tersayang, misalnya:

  • Maulana Qadar Yusuf: Anak laki-laki yang menjadi pelindung, penuh berkah dan selalu menjaga orang-orang di sekitarnya dengan baik.
  • Arkaan Qadar Alli: Anak laki-laki yang baik dan pemaaf, serta memiliki derajat tinggi dan mulia.
  • Fachrul Qadar Nurdiansyah: Anak laki-laki yang baik, penuh kemuliaan dan terus menyinari dengan ilmu agamanya yang benar.

5. Tahir

Selama bulan Ramadan, kemurnian dan kesucian menjadi salah satu hal yang identik dengan semua berkah yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Jika Moms ingin menyematkan kata suci ke dalam nama bayi laki-laki, maka Moms bisa memilih kata Tahir. Dengan memberikan nama ini, Moms akan mendoakan agar anak selalu memiliki hati yang murni. Contoh rangkaian nama Tahir, antara lain:

  • Alman Tahir Alhusayn: Seorang anak laki-laki baik hati, bijaksana, dan berhati murni.
  • Athaya Rayshiva Tahir: Anak laki-laki pemberian Allah SWT yang menjadi sosok pelindung dan berhati suci.
  • Fadly Ramadansyah Tahir : Seorang laki laki yang terlahir dengan suci dan terlahir di bulan yang penuh berkah.

6. Rayyan

Nama bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan selanjutnya yang bisa Moms pilih adalah Rayyan. Nama ini diambil dari bahasa Arab, yang memiliki arti gerbang di surga.

Jadi dengan memberikan nama ini, Moms mendoakan agar anak menjadi doa dan harapan yang kelak akan mengantarkan orang tuanya ke surga.

Nama ini kini cukup populer dan bisa diberikan pada anak laki-laki kesayangan. Beberapa contoh rangkaian nama Rayyan, antara lain:

  • Alzam Rayyan Faiz: Seorang anak laki-laki yang tekun dan berjiwa pemimpin seperti ksatria, dan selalu mengingat semua kebaikan surga Allah SWT.
  • Atthar Rayyan Abbasy: Seorang anak laki-laki yang memiliki kebaikan serta rajin berusaha, dan selalu membawa kebaikan surga ke dunia.

Baca Juga: 42 Inspirasi Nama Bayi Jepang yang Menawan

7. Isra

Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki yang lahir di Bulan Ramadan

Foto: Orami Photo Stock

Nama Isra diambil dari bahasa Arab yang bermakna perjalanan malam, seperti dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit untuk mendapatkan perintah salat lima waktu di malam Isra Mi’raj.

Saat Moms memberikan nama Isra pada bayi laki-laki kesayangan, maka anak pun bisa menjadi pengingat atas momen penuh kebaikan ini. Ada beberapa contoh rangkaian nama Isra, misalnya:

  • Athallah Razqa Isra: Seorang anak laki-laki yang menjadi karunia Allah SWT, ia menjadi pembawa rezeki dan memberikan berkah bagi orang lain.
  • Arrafi Isra Farzan: Anak laki-laki yang tampan, bijaksana, dan selalu menjunjung tinggi kebaikan dalam kehidupannya.
  • Isra Haidar Muslimin : Bayi laki laki gagah berani yang memiliki perjalan hidup yang indah, baik dan memiliki pemahaman agama yang baik.

8. Fatih

Dari bahasa Islami, nama Fatih adalah pilihan nama bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan yang cukup populer karena maknanya sangat baik.

Nama ini bisa diartikan sebagai pemimpin yang bijaksana, sehingga banyak anak yang diberikan nama ini. Jika kelak Moms berharap anak menjadi sosok pemimpin yang bijaksana, maka nama ini cocok untuk diberikan. Contoh rangkaian nama Fatih, misalnya:

  • Aulia Fatih Dzuhairi: Seorang anak laki-laki yang berjiwa pemimpin dan selalu beruntung serta dikelilingi oleh kebaikan.
  • Faisal Fatih Ramadhika: Seorang laki-laki yang merupakan pemimpin bijaksana, baik dan selalu bersikap tegas dan terlahir di bulan Ramadan.
  • Alwan Fatih Faridan: Seorang anak laki-laki tampan yang diberikan Allah SWT secara istimewa.

9. Adam

Nama Adam memiliki banyak sekali makna jika dilihat dari bermacam-macam bahasa. Jika dilihat dari sejarah Islam, nama Adam merupakan nama nabi pertama.

Namun, dalam bahasa Polandia, nama Adam bisa berarti tanah merah.Apapun artinya, nama adam sangat cocok untuk disematkan pada bayi laki-laki. Beberapa contoh rangkaian nama Adam, misalnya:

  • Atthar Adam Zhafir: Seroang anak laki-laki yang murni, berjiwa ksatria, dan ia selalu mendapatkan keberuntungan dalam hidup.
  • Adam Althaf Ghifari: Seorang anak laki-laki yang lemah lembut, penuh kebaikan, dan selalu menjadi sosok pemaaf.
  • Adam Adlan Karami : Anak laki laki adil dan berhati murni, serta memiliki sifat-sifat mulia Allah SWT.

10. Bilal

Bilal adalah salah satu nama dari sahabat nabi, dan nama ini juga berarti titisan embun pagi dalam bahasa Arab.

Jika memberikan nama ini, maka Moms berharap bahwa anak laki-laki ini bisa menjadi seseorang yang akan membawakan kesejukan, termasuk seperti ibadah di bulan Ramadan. Ada beberapa contoh rangkaian nama Bilal yang bisa Moms gunakan:

  • Yawar Bilal Shiraz: Seorang anak laki-laki yang selalu tulus dalam menolong sesama.
  • Rajendra Bilal Ramadhan : Seorang anak laki-laki yang lahir pada bulan ramadhan yang kelak akan membawa kesejukan berkat paras yang rupawan.
  • Alif Bilal Syabani: Seoang anak laki-laki yang ramah, membawa kesejukan dan dikenal sebagai sosok baik bagi semua orang.

Baca Juga: 21 Nama Bayi yang Artinya Cerdas dan Pintar dalam Islam, Ada Aqil dan Farzan!

Itulah beberapa pilihan nama bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan. Semoga menginspirasi ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait