Inspirasi Nama Bayi

6 Februari 2021

15+ Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai, Unik!

Ada Kalila dan Daaria, cantik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak bahasa di dunia yang bisa menjadi inspirasi nama bayi yang menarik dan unik, tentunya dengan arti yang indah. Memadukan beberapa bahasa untuk mendapatkan makna yang sempurna tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri saat dijadikan nama untuk Si Kecil.

Moms juga tak jarang mencari nama yang tidak biasa. Jika Moms memiliki gadis kecil yang manis, tidak ada salahnya juga untuk mencari nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai. Selain akan terkesan unik, nama Islami tentunya memiliki makna doa dan harapan untuk Si Kecil.

Nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai bisa didapatkan dari mana saja. Jika tidak, cukup berikan nama bayi perempuan Islami yang jarang dipakai namun masih terdengar manis dan cantik. Selipkan juga doa agar anak dapat tumbuh dengan baik dan optimal.

Baca Juga: 11 Inspirasi Nama Bayi dengan Tema Bunga, Cantik!

Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai

Memiliki arti yang menarik dan luar biasa, Moms bisa memilih nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai dalam daftar di bawah ini.

1. Kalila

16 Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai -1

Foto: Orami Photo Stock

Nama yang terdengar menggemaskan ini masuk daftar pertama nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai. Berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘kekasih’, nama Kalila berarti akan memberikan kesan yang segar dan sangat lucu.

2. Leilah

Leilah adalah nama bayi yang mengandung sedikit mistis dan terdengar cantik. Berasal dari bahasa Arab Leila yang berarti ‘kecantikan yang gelap’, Leilah akan terdengar cantik, misterius, dan pilihan bagus untuk diberikan pada Si Kecil sebagai nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai.

3. Farrah

Ada alasan mengapa nama Farrah akan membuat Moms tersenyum. Selain memiliki aura semilir yang menenangkan, Farrah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘kebahagiaan’. Ini membuat nama Farrah semakin indah. Siapa yang tidak menginginkan nama anak yang diasosiasikan dengan keceriaan?

4. Hadiya

Moms tentu berharap bisa membesarkan anak yang memiliki hati yang baik dan penuh kebajikan. Nama Hadiya termasuk nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai dan bisa menjadi inspirasi. Memiliki arti ‘panduan menuju kebenaran’, Hadiya adalah nama bayi yang cantik dengan arti yang menawan.

5. Sameera/Samirah

16 Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai -2

Foto: Orami Photo Stock

Sameera atau Samirah berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘pendamping dalam percakapan malam hari’. Dengan memberikan nama ini, siapa yang tahu jika ini berarti gadis Moms akan menjadi sahabat karib seseorang atau penasihat tepercaya di saat-saat sulit kelak.

6. Omair

Nama bayi yang menawan ini akan membuat Moms berteriak ‘Ya ampun!’ untuk alasan yang bagus. Omaira merupakan bahasa Arab yang berarti ‘merah’ adalah nama mencolok yang memiliki nuansa klasik. Jika Moms menyukai sesuatu dengan aura vintage, Moms pasti akan menyukai nama bayi ini.

7. Nura

Jika Moms terbiasa mendengar nama Noor atau Nur, cobalah Nura sebagai nama bayi perempuan islam yang jarang dipakai. Varian dari bahasa Arab Noor, nama Nura berarti ‘penuh cahaya’ dan sangat indah. Dengan nama ini, Moms berharap gadis kecil akan menerangi hari-hari, sekalipun hari tergelap.

Baca Juga: 17 Nama Bayi Perempuan dari Hawaii, Cantik-cantik!

8. Almaas

Karena gadis kecil Moms sangat berharga, memberikannya nama Almaas akan menjadi bentuk rasa syukur yang tak terhingga. Sebab, Almaas memiliki arti seorang gadis yang bersinar seperti berlian. Nama ini jarang ditemui, jadi akan terdengar sangat unik untuk Si Kecil.

9. Daaria

16 Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai -3

Foto: Orami Photo Stock

Karena nama bisa berarti harapan, Moms juga banyak yang berharap anaknya kelak akan berguna bagi siapa saja. Nama Daaria yang berarti ‘sebuah sungai yang tidak pernah surut alirannya’ diharapkan dapat menjadi doa agar Si Kecil menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

10. Haaniya

Ada pameo yang berkata ‘bahagia itu sederhana'. nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai namun cocok dengan pameo tersebut adalah Haaniya. Memiliki arti ‘karunia kebahagiaan sederhana dalam hidup kita’ akan membuat segala hal yang akan dilalui menjadi lebih bermakna.

11. Inbihaaj

Inbihaaj yang berarti ‘seorang perempuan muda yang ceria’ akan menjadi secuil doa dengan harapan Si Kecil dapat tumbuh sesuai dengan namanya. Moms juga dapat memanggilnya dangan nama panggilan ‘bii’ yang imut. Siap yang tidak ingin memiliki anak yang imut dan ceria?

12. Janahara

Nama anak perempuan tidak melulu terkesan lembut. Nama Janahara dapat dipilih karena memiliki arti ‘seorang perempuan kuat yang dimaksudkan untuk menguasai dunia’. Nama ini akan cocok untuk SI Kecil yang berkarakter tegas namun juga penyayang.

13. Laakia

16 Nama Bayi Perempuan Islam yang Jarang Dipakai -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika ada nama Lucky yang merujuk kepada arti keberuntungan, nama Laakia dari bahasa Arab pun memiliki arti serupa yakni ‘seseorang yang tidak kalah berharga dari harta karun’. Ini termasuk dalam nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai yang bisa diberikan untuk gadis kecil Moms.

14. Nausheen

Anak perempuan terkenal karena terlihat sangat manis. Agar seseuai, Moms bisa memberikan nama Nausheen yang memiliki arti ‘gadis muda yang manis’. Ini juga memiliki banyak nama panggilan yang unik karena termasuk dalam nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai.

15. Salima

Mendidik seorang anak sejatinya adalah membentuknya agar bisa menghadapi masa depannya. Memberinya nama Salima yang berarti ‘seorang perempuan yang benar-benar sempurna dalam segala hal’ tentunya akan menjadi doa agar kelak Si Kecil bisa tumbuh dengan baik sesuai namanya.

16. Taleeha

Si Kecil nantinya akan tumbuh dengan rasa ingin tahu yang besar. Nama Taleeha akan cocok diberikan pada anak Moms yang senang bereksplorasi. Memiliki arti ‘pencari segala ilmu’, nama bayi perempuan islam yang jarang dipakai ini akan menjadi inspirasi agar Si Kecil menjadi orang yang haus akan ilmu.

Baca Juga: 18 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa India, Cantik dan Unik!

Tips Memilih Nama Bayi Islami

Nama akan memiliki arti penting bagi seorang anak, yang juga sangat dihargai dalam Islam. Sebab dalam Islam, saat hari penghakiman orang-orang akan dipanggil dengan namanya. Oleh karena itu, memilih nama yang bermakna adalah prioritas.

Sebab tak jarang ada juga yang mengganti nama dengan berbagai alasan. Social Psychology Quarterly mencatat, salah satu alasan seseorang mengganti namanya adalah karena adanya tekanan dari lingkungan. Ada yang mengganti nama keseluruhan, ada juga beberapa nama saja.

Oleh karena itu, Moms perlu memilih nama secara bijak. Sebab, nama apa pun yang akan Moms pilih akan digunakan oleh gadis kecil Moms di kemudian hari. Ada beberapa tips yang bisa bermanfaat sebelum memberikan nama untuk anak, seperti:

  • Hindari mengambil nama yang terlalu rumit untuk diucapkan atau memiliki suku kata yang terlalu banyak.
  • Jika melakukannya, pastikan ada nama panggilan yang dapat dibentuk dari nama tersebut untuk memudahkan saat memanggil.
  • Anak gadis lebih suka memiliki nama yang memiliki kualitas indah yang diasosiasikan dengannya, dan terdengar bagus ketika seseorang memanggilnya. Cari tahu dan lakukan riset untuk mendapatkannya..
  • Saat merangkain nama anak dari beberapa bahasa, pastikan artinya selaras dengan apa yang diharapkan dari Si Kecil dan tidak memiliki makna yang negatif.

Menemukan nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai sebenarnya tidak terlalu sulit. Mengingat fakta bahwa sumbernya beragam dan bisa dari berbagai negara dan tradisi. Sudah menemukan nama yang cocok untuk Si Kecil?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait