Parenting Islami

19 Februari 2021

10 Nama-nama Malaikat dan Tugasnya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Selain Jibril, ini nama-nama malaikat lain yang bisa dikenalkan kepada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mungkin bagi anak, mendengar kata malaikat yang muncul adalah sosok yang indah dan bercahaya. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun dalam Islam, malaikat merupakan makhluk Allah yang tidak memiliki gambaran khusus.

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang tidak perah membantah dan menuruti segala perintah Allah SWT. Karena termasuk ke dalam rukun Islam, Moms juga harus mengenalkan dan mengajarkan nama-nama malaikat kepada Si Kecil.

Moms bisa mengajarkan nama-nama malaikat ini sambil menyanyi lho. Ini dimaksudkan agar Si Kecil bisa menghafal nama-nama malaikat secara menyenangkan.

Sebab menurut sebuah studi di University of Southern California’s Brain and Creativity Institute, menemukan bahwa pengalaman musik di masa kanak-kanak dapat mempercepat perkembangan otak, khususnya di bidang penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.

Bahkan saat menghafal nama-nama malaikat sambil bernyanyi dan memainkan alat musik, ini akan meningkatkan kemampuan lainnya. Dilansir National Association of Music Merchants Foundation (NAMM Foundation) , belajar memainkan alat musik dapat meningkatkan pembelajaran matematika dan bahkan meningkatkan nilai SAT.

Baca Juga: Haruskah Anak Diberi Hadiah Supaya Mau Belajar?

Nama-Nama Malaikat yang Wajib Diketahui Beserta Tugasnya

10 Nama-nama Malaikat -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, ada beberapa nama-nama malaikat. Namun, yang harus diimani adalah 10 nama yang sudah tertera dalam Alquran, Moms. Berikut ini adalah nama-nama malaikat beserta tugasnya yang bisa dikenalkan kepada anak:

1. Malaikat Jibril

Jibril termasuk kepada nama-nama malaikat yang wajib untuk diimani. Malaikat jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para rasul. Selain itu, malaikat jibril juga memiliki tugas lain yang salah satunya adalah meniupkan roh pada setiap janin dalam kandungan.

Nama malaikat jibril disebut dua kali dalam Alquran, yaitu pada Surat Al-Baqarah ayat 97-98 dan Surah At-Tahrim ayat 4. Dalam surat Al-Baqarah, Allah SWT menjelaskan beberapa tugas yang dimiliki oleh malaikat jibril, yakni:

“Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman,. (QS Al-Baqarah: 97).

2. Malaikat Mikail

Nama-nama malaikat selanjutnya adalah malaikat mikail yang memiliki tugas untuk memberi rezeki kepada seluruh makhluk hidup di dunia. Rezeki tersebut tak hanya untuk manusia saja, karena bentuk rezeki bermacam-macam, seperti hujan, mengatur kesuburan tanah dan tumbuh-tumbuhan serta hewan yang ada di muka bumi.

Rasulullah SAW menyebutkan nama malaikat Mikail sebagai salah satu pembantu Rasulullah SAW dari langit. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah menguatkanku dengan empat pembantu: dua dari penduduk langit yaitu Jibril dan Mikail. Dan dua dari penduduk bumi yaitu Abu Bakar dan Umar.” (HR Ibnu Abbas).

3. Malaikat Israfil

Malaikat israfil mempunyai tugas utama untuk meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti. Sangkakala adalah sejenis terompet sebagai tanda datangnya hari kiamat. Terompet sangkakala terus menerus menempel di mulutnya sampai datang perintah Allah SWT untuk meniupnya pada hari kiamat.

Saat Allah SWT menyuruh Malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama, saat itu hari kiamat tiba dan seluruh makhluk hidup bernyawa di dunia akan mati. Lalu pada tiupan kedua, semua roh makhluk hidup yang nyawanya sudah tercabut akan kembali ke jasad masing-masing dan hidup kembali.

Ini dinamakan dengan hari kebangkitan. Malaikat Israfil sendiri menjadi malaikat pertama yang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti. Israfil adalah salah satu dari empat Malaikat utama, bersama Jibril, Mikail, dan Izrail.

Baca Juga: Ayo Dilatih! Ini 4 Dampak Positif Jika Si Kecil Senang Belajar Nyanyi

4. Malaikat Izrail/Maut

Seperti namanya, tugas utama malaikat Izrail adalah mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Tak ada satu makhluk pun yang akan terlewat dari takdirnya jika memang sudah waktunya mati. Allah SWT pun berfirman bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.

Disebutkan juga, setelah semua makhluk hidup sudah dicabut nyawanya pada hari kiamat dan hanya tersisalah malaikat Izrail, Allah SWT kemudian memerintahkan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya sendiri.

Demi melihat dahsyatnya sakaratul maut yang sedang terjadi terhadap dirinya, malaikat izrail berkata: “Ya Allah seandainya saya tahu ternyata pedih sekali sakaratul maut ini, tidak akan tega saya mencabut nyawa seorang mukmin.”

5. Malaikat Munkar

Ketika manusia meninggal dan ruh meninggalkan jasad, ruh akan pergi menuju ke alam barzakh (alam kubur). Ruh akan ditanya oleh malaikat Munkar yang akan menanyai perihal keimanan. Pertanyaan dimulai ketika proses penguburan telah selesai, dan 70 langkah orang terakhir dari tempat dikuburnya mayat telah pergi.

Malaikat Munkar akan bertanya: “Siapa Tuhan mu?”, “Siapa Nabi mu?”, “Apa agama mu?”. Orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan diberikan kelapangan di alam kubur sambil menanti datangnya hari kiamat. Sedangkan orang yang tidak bisa menjawabnya akan disiksa di dalam kubur.

6. Malaikat Nakir

Sama seperti malaikat Munkar, malaikat Nakir pun juga bertugas menanyakan amal perbuatan manusia saat di alam kubur. Keduanya akan datang dengan wajah yang seram dan menakutkan bagi orang-orang yang mati membawa dosa dan hati yang tidak selamat.

Sebaliknya, wajah yang akan ditampilkan sangat indah dan menyejukkan pada mereka yang wafatnya husnul khatimah. Tugas keduanya adalah menanyakan amal perbuatan manusia ketika di alam barzakh.

7. Malaikat Raqib

Termasuk dari nama-nama malaikat yang wajib diimani, malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat amalan kebaikan manusia selama masa hidupnya. Sebab, semua perbuatan hidup di dunia akan dicatat oleh malaikat dan mendapatkan pembalasannya di hari akhir.

Sebagai orang yang beriman, diharuskan untuk selalu berbuat baik agar mendapatkan pahala yang banyak dan terhindar dari siksa neraka. Sebab, malaikan Raqib akan setia berada di sisi manusia sambil menunggu untuk mencatat amal baik yang dilakukan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Mengaji dan Kisah Nabi untuk Anak

8. Malaikat ‘Atid

Kebalikan dengan malaikat Raqib, malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk manusia. Malaikat Raqib dan Atid sentiasa mengiringi manusia di mana saja dan kemana saja manusia pergi. Jumlah Malaikat ini sebanding dengan jumlah manusia sepanjang zaman.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga pintu neraka. Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang dalam hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT. Keterangan akan hal ini terdapat dalam Alquran, yakni:

  • “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan,” (QS At-Tahrim: 6).
  • “Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin,” (QS Shad: 57).
  • “Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan ghossaq, sebagai pembalasan yang setimpal,” (QS An-Naba’: 24-26).

10. Malaikat Ridwan

Jika malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka, malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Memiliki tampilan yang indah dan menyenangkan bagi para penghuni surga, malaikat Ridwan telah disesuaikan dengan kondisi di dalam surga.

Allah berfirman: “Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah seperti taman mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka,” (Ar-Ra’d: 35).

Semoga dengan mengajarkan nama-nama malaikat bisa menjadi amal jaryah untuk Moms dan berpahala saat Si Kecil bisa mengenalnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait