Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Ngorok Saat Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Bagikan


Selain stretch mark dan kaki bengkak, mendengkur alias ngorok juga ternyata hal yang lazim terjadi pada ibu hamil. Mungkin Moms termasuk salah satu yang mengalaminya.

Berbeda dengan stretch mark dan kaki bengkak yang hanya dirasa mengganggu oleh ibu hamil, ngorok justru tidak mengganggu ibu hamil tetapi malah mengganggu orang lain, khususnya pasangan. Sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi ngorok pada ibu hamil?

Penyebab Ngorok Saat Hamil

Berdasarkan American Journal of Obstetrics and Gynecology, penyebab ngorok saat hamil adalah ibu hamil menderita darah tinggi atau preeklamsia.

Preeklamsia sendiri merupakan kondisi yang cukup berbahaya untuk ibu dan bayi jika tidak segera diobati.

Peneliti utama dalam riset tersebut, Louis O’Brien mengatakan bahwa ibu hamil dengan tekanan darah tinggi yang ngorok begitu keras selama 3 hari dalam seminggu atau lebih harus harus diperiksa lebih lanjut.

“Mereka harus diperiksa apakah menderita obstructive sleep apnea atau diabetes gestasional. Dua penyakit itu penyebab serius ngorok saat hamil,” katanya.

Ia menyarankan ibu hamil untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan jika ngorok yang dialaminya dirasa menjadi masalah.

Baca Juga: 7 Tips Tidur untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Nyaman

Mengatasi Ngorok Saat Hamil

Ibu hamil memang dilarang untuk minum obat sembarangan. Tapi, bukan berarti tidak ada pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan ngorok saat hamil.

Dikutip dari Newparent.com, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menyembuhkan ngorok saat hamil. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Gunakan nasal strip

Ibu hamil disarankan untuk menggunakan nasal strip sebelum tidur. Nasal strip membantu membuka saluran hidung dan membuat ngorok jadi berkurang.

2. Nyalakan humidifier

Moms juga bisa menyalakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara dalam ruangan.

Humidifier membantu tenggorokan dan mulut agar tidak kering. Kondisi kering ini yang menjadi penyebab ngorok saat hamil.

Baca Juga: Lihat Manfaatnya, Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Sisi Kiri

3. Posisi kepala yang lebih tinggi

Moms bisa menggunakan bantal tambahan untuk meninggikan kepala. Posisi kepala yang tinggi akan mencegah ngorok.

4. Jaga berat badan

Hal lain yang penting untuk Moms perhatikan adalah berat badan selama hamil. Peningkatan berat badan yang terlalu banyak bisa jadi penyebab ngorok saat hamil.

Itulah hal-hal yang perlu Moms ketahui seputar ngorok saat hamil. Jika mengalami hal tersebut, Moms bisa mencoba cara di atas untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.