3-5 tahun

3-5 TAHUN
3 November 2020

10+ Nutrisi Otak Anak yang Paling Penting, Moms Perlu Tahu!

Simak apa saja jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil agar otaknya bisa berkembang dengan baik.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, buah hati yang sedang berada di masa golden age, perlu mendapatkan nutrisi terbaik untuk otaknya. Apa yang diasup Si Kecil jadi salah satu faktor utama perkembangan otak. Maka, Moms perlu lebih selektif memilih kandungan nutrisinya.

Dikutip dari Harvard Health, saraf yang tumbuh dan terhubung ditutupi dengan myelin. Hal ini menciptakan sistem yang memutuskan bagaimana seorang anak berpikir dan merasakan. Nutrisi yang baik memengaruhi sistem sensorik, pembelajaran, memori, perhatian, kecepatan pemrosesan, kemampuan untuk mengontrol impuls dan suasana hati, dan bahkan kemampuan untuk melakukan banyak tugas atau rencana.

Nutrisi Otak yang Dibutuhkan Anak

Yuk, simak apa saja jenis nutrisi otak yang dibutuhkan oleh Si Kecil agar otaknya bisa berkembang dengan baik.

1. Protein

Nutrisi Otak Anak - Protein

Foto: Orami Photo Stock

Otak anak-anak membutuhkan protein agar berfungsi dengan baik. Pola makan dengan protein tinggi meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil. Selain untuk berpikir, otak memberi tahu tubuh kita apa yang harus dilakukan, seperti menggerakkan otot, bernapas, dan bahkan memerintahkan jantung untuk berdetak. Semua tindakan ini membutuhkan protein.

Protein dapat ditemukan dalam daging, unggas, makanan laut, kacang-kacangan dan kacang polong, telur, produk kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta produk susu.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi

2. Seng

Nutrisi Otak Anak - Seng

Foto: Orami Photo Stock

Seng adalah elemen penting untuk fungsi otak dan mampu memediasi efek anti-inflamasi melalui sitokin. Seng merupakan nutrisi memiliki efek pelindung saraf umum,

Menariknya, makanan yang memiliki seng paling banyak adalah tiram - tetapi juga ditemukan pada banyak daging, ikan, produk susu, dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi

Nutrisi Otak Anak - Zat Besi

Foto: Orami Photo Stock

Zat besi merupakan elemen penting dengan fungsi penting seperti transportasi oksigen, sintesis DNA, dan metabolisme otot.

Daging, kacang-kacangan dan lentil, sereal dan roti yang diperkaya, sayuran berdaun gelap, dan kentang panggang merupakan beberapa sumber zat besi terbaik.

Baca Juga: Ini Pentingnya Memberikan Zat Besi Tambahan untuk Bayi, Catat!

4. Kolin

Nutrisi Otak Anak - Kolin

Foto: Orami Photo Stock

Kolin memainkan peran penting dalam memori dan fungsi otak. Zat ini mempengaruhi perkembangan fisik otak melalui peningkatan produksi sel induk otak.

Daging, produk susu, dan telur mengandung banyak kolin, begitu pula banyak sayuran dan makanan lainnya.

5. Folat

Nutrisi Otak Anak - Folat

Foto: Orami Photo Stock

Folat memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah dan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang anak. Maka, zat ini juga menjadi zat terpenting untuk dikonsumsi ibu hamil demi perkembangan janin.

Nutrisi ini dapat ditemukan di hati, bayam, sereal dan roti yang diperkaya, serta makanan lainnya.

Baca Juga: Kelebihan Asam Folat saat Hamil, Ini Efeknya

6. Yodium

garam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Yodium diperlukan untuk sintesis hormon tiroid. Hormon ini penting untuk perkembangan otak anak.

Rumput laut adalah sumber yodium yang bagus, tetapi Moms juga mendapatkannya dari garam beryodium, makanan laut, produk susu, dan biji-bijian yang diperkaya.

7. Vitamin A

Nutrisi Otak Anak - Vitamin A

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin A meningkatkan kemampuan pembelajaran anak. Vitamin ini memengaruhi aktivitas sel otak di wilayah yang terkait dengan pembelajaran dan memori.

Hati, wortel, ubi jalar, dan bayam adalah sumber vitamin ini.

Baca Juga: Moms, Waspadai 5 Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Balita Ini

8. Vitamin D

Nutrisi Otak Anak - Vitamin D

Foto: Orami Photo Stock

Para ilmuwan telah menemukan bukti yang menunjukkan peran penting vitamin D dalam perkembangan dan fungsi otak sehingga diperlukan oleh anak-anak.

Selain dari sinar matahari, daging ikan berlemak seperti salmon, minyak hati ikan, dan susu yang diperkaya vitamin D bisa jadi sumber nutrisi terbaik.

9. Vitamin B6

Nutrisi Otak Anak - Vitamin B6

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B6 juga dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak yang baik. Selain itu, zat ini membantu tubuh membuat hormon serotonin yang mengatur suasana hati dan norepinefrin yang membantu tubuh Anda mengatasi stres.

Sumber terbaik vitamin B6 adalah hati, ikan, kentang dan sayuran bertepung lainnya, dan buah-buahan.

Baca Juga: Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat, Dosis, dan Sumber Alaminya

10. Vitamin B12

Nutrisi Otak Anak - Vitamin B12

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B12 sangat penting untuk perkembangan otak, mielinisasi saraf, dan fungsi kognitif. Penting bagi anak untuk mengonsumsi vitamin B12 demi perkembangan kognitifnya.

Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, ikan, telur, dan susu.

11. Asam Lemak Tak Jenuh

Nutrisi Otak Anak - Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Contohnya adalah asam lemak omega-3. Zat ini penting untuk meningkatkan fungsi dan perkembangan otak anak. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan memori anak.

Zat ini paling mudah ditemukan pada ikan berlemak dan minyak ikan, tetapi dapat ditemukan di beberapa minyak lain, dan susu yang diperkaya.

Baca Juga: Makanan Sehat Kaya Omega 3

Bagaimana Cara Mendapatkan Nutrisi Otak Anak dengan Lengkap?

Foto: doc/orami

SGM Eksplor 3+ Complinutri merupakan susu yang tepat untuk memenuhi nutrisi otak buah hati Moms. Ia mengandung minyak ikan, omega 3, omega 6, dan zat besi untuk mendukung daya pikir Si Kecil.

Untuk mendukung pertumbuhan & perkembangan Si Kecil, SGM Eksplor 3+ Complinutri juga dilengkapi kandungan protein yang tinggi, serta kalsium dan vitamin D untuk mendukung pembentukan & mempertahankan kepadatan tulang & gigi Si Kecil.

Vitamin C dan Zinc ada pada susu ini untuk mendukung daya tahan tubuh Si Kecil, serta serat pangan inulin untuk mempertahankan kesehatan saluran cerna Si Kecil. Tak lupa, ada 11 vitamin dan 8 mineral lainnya untuk dukung tumbuh kembang optimal buah hati Moms.

Yuk, Moms. Penuhi nutrisi anak dan dukung stimulasinya untuk memastikan nutrisi hariannya terpenuhi dengan SGM Eksplor 3+ Complinutri.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait