3-5 tahun

3-5 TAHUN
21 Januari 2021

Nutrisi Tepat Pangkal Daya Tahan Tubuh Kuat!

Yuk, bangun imunitas anak untuk menyambut beragam aktivitas baru di awal tahun!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di awal tahun baru, Si Kecil disambut oleh banyak kegiatan baru. Ada yang mulai beraktivitas lagi, seperti mulai masuk preschool atau mulai aktif ikut kegiatan tambahan, walau dari rumah saja.

Setelah banyak berlibur dan bersantai di akhir tahun, tentu tubuh Si Kecil akan kaget jika diajak kembali beraktivitas padat. Jika imunitas anak tidak dijaga, maka dia bisa mudah sakit karena daya tahan tubuhnya rendah.

Yuk, Moms bantu persiapkan imunitas anak dengan melakukan banyak aktivitas fisik yang bisa memaksimalkan tubuhnya beraktivitas di tahun baru ini.

Salah satunya dengan mengajak dia aktif bergerak supaya imunitas tubuhnya terbiasa. Jadi, Si Kecil bisa menikmati kegiatan barunya dengan nyaman dan maksimal tanpa perlu takut sakit.

Pentingnya Persiapan Fisik Untuk Bangun Imunitas Anak

imunitas anak

Foto: Orami Stock Photos

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, sebuah penelitian ungkap kalau aktivitas fisik pada anak memiliki manfaat baik untuk kesehatannya.

Mulai dari penurunan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, peningkatan fungsi paru-paru, meningkatkan keterampilan motorik, membangun komposisi tubuh yang lebih sehat, dan juga meningkatkan imunitas anak terhadap aneka penyakit.

Jadi, ketika Moms ingin mempersiapkan tubuh Si Kecil supaya sehat dan kuat, maka Moms harus mulai membiasakannya melakukan banyak aktivitas fisik atau berolahraga.

Dilansir dari Kids Health, balita dan anak prasekolah harus aktif bergerak rutin beberapa kali sehari. Balita setidaknya melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit perhari, sementara anak prasekolah minimal 120 menit per hari.

Menurut Rae Pica, spesialis pendidikan gerakan dan penulis buku A Running Start: How Play, Physical Activity and Free Time Create a Successful Child, aktivitas fisik sedang hingga berat memberi makan otak dengan air, glukosa, dan oksigen yang dibutuhkan semua orang untuk performa tubuh yang optimal.

Baca Juga: Cara Membuat Imunitas Anak Lebih Baik Tanpa Membuat Mereka Sakit

Mempersiapkan Tubuh Si Kecil Kuat Untuk Kembali Beraktivitas

imunitas anak

Foto: Orami Stock Photos

Namun dalam mempersiapkan imunitas anak, ada hal-hal yang perlu Moms lakukan dan juga hindari. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan stimulasi yang diberikan. Ini beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

1. Memilih Kegiatan yang Sesuai Usia

Lihat usia dan kemampuan Si Kecil dan pilih aktivitas yang tepat untuknya. Dikutip dari anjuran Department of Health and Human Services, anak usia 3-5 tahun bermain olahraga seperti kejar bola, melempar, atau berenang. Kegiatan anak di usia ini harus dianggap sebagai permainan, bukan lomba supaya Si Kecil tidak stres.

2. Buat Jadwal Rutin

Atur kapan waktu Si Kecil untuk bergerak atau olahraga. Bisa di pagi hari atau sore hari sebelum dia mandi sore. Jadwal ini akan membantunya untuk membiasakan diri dan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat.

3. Melakukan Aktivitas Bersama

Anak-anak ada peniru yang ulung. Mereka akan melakukan apa yang diperbuat oleh orang tuanya. Kalau Moms juga aktif bergerak dan berolahraga, maka bukan hal yang sulit membuatnya terbiasa melakukan kegiatan sehat tersebut.

4. Ubah Pekerjaan Rumah Menjadi Aktivitas Seru

Kegiatan membersihkan rumah sebenarnya adalah aktivitas yang bagus untuk meningkatkan imunitas anak. Moms hanya perlu pintar mengemasnya jadi sebuah kegiatan yang menyenangkan sehingga Si Kecil betah melakukan itu dan tidak merasa seperti beban.

5. Memberi Asupan Bergizi untuk Pencernaan Maksimal

Untuk bisa aktif bergerak, Si Kecil butuh tenaga dari berbagai asupan yang masuk ke tubuhnya. Moms bisa mencukupi kebutuhan tersebut dengan memberikan mereka makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Asupan makanan tepat akan membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna anak yang bertugas mengalirkan nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Penuh Nutrisi Super

Selain tips di atas, ada juga beberapa hal yang harus Moms hindari ketika ingin mengajaknya aktif bergerak untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

imunitas anak

Foto: Orami Stock Photos

1. Melakukan Kegiatan Berlebihan

Sesuai anjuran, anak-anak perlu aktif bergerak atau melakukan kegiatan olahraga sekitar 1-2 jam, yang tersebar di sepanjang hari. Hindari membuatnya bergerak berlebihan karena itu justu bisa membuatnya kelelahan dan jatuh sakit.

2. Melarangnya Melakukan Kegiatan Lain

Namanya anak-anak, apalagi di zaman sekarang yang sangat dekat dengan teknologi, mereka pasti sudah mengenal game konsol. Menghentikan Si Kecil bermain game konsol demi main berlarian di luar rumah justru akan membuatnya membenci kegiatan tersebut. Atur waktunya untuk bergerak dan bermain game dengan adil dan tepat.

3. Memberikan Makanan yang Tidak Bergizi

Untuk meningkatkan imunitas anak, Moms bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dari luar dan dalam. Dari luar bisa dengan rajin beraktivitas dan olahraga, sedangkan dari dalam dengan asupan makanan bergizi. Hindari memberikan anak makanan cepat saji yang tidak baik untuk tubuhnya.

Samer Blackmon, M.D., seorang spesialis penyakit dalam di Piedmont Healhcare, mengungkapkan bahwa makan junk food tidak hanya memengaruhi berat badan anak, tetapi juga bisa menurunkan imunitas tubuh Si Kecil terhadap bakteri, virus, dan parasit.

Baca Juga: Ingin Anak Tumbuh Pesat? Berikan Makanan Bergizi

Asupan Nutrisi Penting Untuk Imunitas Anak

Samer juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni. "Itu akan memberi tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk melawan penyakit," ungkapnya dikutip dari Piedmont Healthcare.

Tidak hanya mendukung imunitas anak, asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi juga membantu menjaga saluran pencernaan Si Kecil jadi lebih sehat. Sebab saluran cerna merupakan pintu utama masuknya segala macam virus dan bakteri jahat ke dalam tubuh.

Dengan konsumsi makanan sehat, Moms juga memberikan makan bakteri baik di usus Si Kecil untuk bisa melawan patogen jahat dan menjaga imunitas anak. Salah satu asupan nutrisi penting untuk meningkatkan imunitas anak adalah prebiotik.

Moms bisa mendapatkan dari makanan berserat dan juga susu pertumbuhan yang diperkaya dengan prebiotik, seperti Nutrilon Royal ActiDuoBio+.
Nutrilon Royal ActiDuoBio+ disempurnakan dengan kandungan prebiotik, seperti FOS : GOS 1:9 yang tinggi untuk dukung daya tahan tubuh Si Kecil.

Dilengkapi dengan nutrisi penting untuk jaga imunitas anak, seperti Vitamin C & E, Omega 3, Omega 6, dan Zat Besi, Nutrilon Royal ActiDuoBio+ tidak memakai gula tambahan sehingga aman membantu menjaga berat badan Si Kecil.

Dengan asupan nutrisi yang tepat, imunitas anak terjaga dan mereka siap untuk melakukan berbagai kegiatan baru di awal tahun tanpa takut sakit.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait