Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nyeri Punggung Saat Hamil, Bagaimana Cara Alami Mengatasinya?

Bagikan


Moms sering merasakan nyeri punggung saat hamil? Hal itu wajar kok Moms. Nyeri punggung ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan yang mengendurkan ligamen atau jaringan-jaringan keras yang menghubungkan sendi-sendi tubuh. Nah, berat badan Moms yang terus bertambah dan janin yang makin membesar, bisa menambah nyeri yang dirasakan.

Alhasil, Moms merasa tidak nyaman karena nyeri di punggung bagian atas. Selain itu, sakit juga terasa di bahu, di antara payudara dan bahkan tulang rusuk. Ketika Moms berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, rasa nyeri ini makin bertambah.

Bagaimana cara meredakan nyeri punggung saat hamil?

Berikut ini beberapa upaya alami yang bisa Moms lakukan, yaitu:

1. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meringankan rasa nyeri punggung. Olahraga ringan, seperti berjalan dan peregangan, dapat meringankan kekakuan dan rasa sakit. Tetapi jangan memaksakan diri jika Moms merasa sakit, karena bisa menekan ligamen lebih lanjut.

Moms tak usah berhenti berolahraga, cukup kurangi bebannya. Misalnya, berjalan lebih lambat dan hindari memaksakan diri untuk melakukan peregangan yang menimbulkan nyeri. Selain itu, Moms bisa juga coba berenang. Namun, hindari gaya dada karena dapat menyebabkan tekanan pada punggung dan leher.

Kelas yoga, tai chi, atau relaksasi juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung. Carilah kelas khusus untuk wanita hamil. Jika bergabung dengan kelas olahraga tertentu, pastikan untuk memberi tahu instruktur mengenai kehamilan Moms.

2. Pijat

Pijatan lembut bisa meredakan sakit punggung. Tetapi hilangnya nyeri ini hanya sementara. Jika Moms meminta pasangan untuk memijat pastikan ia tidak memijat dengan kuat dan di punggung bagian tengah karena dapat merangsang kontraksi.

3. Akupunktur

Akupunktur adalah terapi dengan menggunakan jarum halus untuk menstimulasi titik-titik tertentu dalam tubuh. Terapi ini membantu meningkatkan kesehatan dan meringankan gejala dengan melepaskan "jalur energi". Ada berbagai bukti bahwa akupunktur dapat memperbaiki nyeri punggung bawah, serta nyeri pelvis pada kehamilan.

Baca Juga: Nyeri Bahu dan Cara Tepat Mengatasinya Menurut Ahli Ortopedi

4. Aromaterapi

Bersantai dalam air hangat dengan tidak lebih dari dua tetes atau tiga tetes minyak aromaterapi lavender atau ylang ylang, dapat membantu meringankan nyeri otot yang Moms rasakan.

Kompres dengan botol berisi air hangat (pastikan tidak panas) dapat juga membantu mengatasi nyeri. Cara lainnya, rendam kain dalam air hangat yang mengandung dua atau tiga tetes minyak esensial dan letakkan di bagian punggung Moms.

5. Obat Herbal

Obat herbal untuk sakit punggung harus digunakan dengan sangat hati-hati dalam kehamilan. Kenapa? Karena tidak ada cukup bukti bahwa obat ini aman. Jika Moms ingin mencoba obat herbal, konsultasikan dengan ahli herbal medis yang berkualitas dan terpercaya.

Baca Juga: Cara Menggendong Anak yang Benar Agar Tak Nyeri Bahu

Selain itu, ada beberapa hal lain yang penting Moms perhatikan:

- Perhatikan gerakan tubuh Moms, pastikan berdiri dengan tegak dan posisi tubuh tidak miring.

- Hindari berdiri terlalu lama dalam satu posisi. Jika pekerjaan Moms menuntut banyak berdiri dalam waktu lama, cobalah untuk mengubah posisi kaki, duduklah atau berjalan sesekali.

- Pastinya pimpinan harus memerhatikan kondisi kehamilan karyawan. Bila ada tugas yang membebani punggung Moms, mintalah agar dialihkan kepada rekan kerja lain.

- Saat duduk, hindari untuk menyilangkan kaki. Periksa apakah posisi layar monitor dan kursi Moms dalam posisi yang nyaman.

- Berpindahkan sesekali dari meja kerja Moms dan carilah udara segar saat jam makan siang.

- Saat berbelanja, pastikan Moms tidak membawa barang belanjaan yang berat. Mintalah seseorang yang mendampingi untuk membawakan belanjaan.

- Hindari menggendong Si Kecil yang masih balita pada salah satu sisi tubuh atau pinggul karena bisa membuat punggung Moms tegang.

- Kenakan bra untuk bersalin dengan ukuran yang tepat. Pastikan talinya cukup lebar dengan katup bra yang cukup besar untuk menghindari ketegangan ekstra di bahu dan tulang rusuk

- Pastikan saat hendak bangun tidur tidak tergesa-gesa. Ambil posisi menyamping dan perlahan dorong tubuh ke posisi duduk. Ayunkan kaki ke sisi tempat tidur, lalu perlahan-lahan berdiri.

Jika nyeri punggung masih terasa meski sudah melakukan hal-hal di atas, ada baiknya Moms segera hubungi dokter untuk penanganan lanjut.

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.