Kehamilan

KEHAMILAN
31 Mei 2020

5 Obat Alami Hidung Mampet saat Hamil, Ampuh!

Uap air panas ampuh untuk meredakan hidung mampet saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selama kehamilan, Moms mungkin terbiasa mengalami mulas dan pergelangan kaki bengkak. Tapi, hidung mampet juga menjadi salah satu gejala tidak nyaman yang akan ikut menghampiri, lho.

Hidung mampet biasanya berlangsung selama enam minggu atau lebih selama kehamilan dan mempengaruhi 18 dan 42 persen wanita hamil. Bahkan, terjadi sejak trimester pertama dan akan muncul kembali pada akhir kehamilan.

Salah satu penyebabnya, dilansir dari Healthline, tingkat estrogen yang lebih tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan selaput hidung membengkak, menghasilkan lebih banyak lendir.

Sehingga, Moms pun memiliki lebih banyak darah yang bersirkulasi selama kehamilan, yang membuat pembuluh darah kecil di dalam hidung membengkak dan menyebabkan hidung mampet.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rhinitis Kehamilan yang Jadi Penyebab Hidung Tersumbat saat Hamil

Obat Alami Hidung Mampet saat Hamil

Walaupun, menurut Nationwidechildren, keluhan hidung mampet untuk ibu hamil akan hilang segera setelah Si Kecil lahir. Seringkali hilang dalam waktu dua minggu setelah melahirkan.

Namun, karena adanya ketidaknyamanan Moms bisa mencoba obat alami hidung mampet untuk ibu hamil berikut ini:

1. Uap Air Panas

Hidung tersumbat ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms, tidak ada salahnya mandi air panas atau letakkan kain panas di hidung untuk membantu meringankan gejala serta mengurangi pembengkakan. Ini hanya solusi sementara tapi tidak ada salahnya mencoba karena Moms akan merasa lebih baik saat melakukannya.

2. Obat Semprot Hidung

Berdasarkan artikel American Family Physician, obat semprot hidung merupakan cara yang aman dan efektif membersihkan hidung mampet untuk ibu hamil karena tidak ada efek sampingnya.

Bagaimana cara kerjanya? Moms masukkan obat semprot ke satu lubang hidung dan membiarkannya mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Ini diyakini membantu membersihkan saluran hidung mampet untuk ibu hamil.

3. Investasi Humidifier

humidifier-benefits-home (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Investasikan pundi-pundi rupiah ke humidifier yang diyakini mampu mengatasi hidung mampet untuk ibu hamil karena mampu melembabkan ruangan serta membantu mengurangi pembengkakan saluran hidung dan membantu meringankan tekanan di hidung.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Terkadang cara meredakan hidung mampet untuk ibu hamil adalah melakukan olahraga ringan. Jangan berolahraga di luar rumah karena banyak polusi udara serta dapat mengganggu saluran hidung serta memperburuk hidung mampet.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Humidifier untuk Bayi yang Penting Diketahui

5. Minum Teh Jahe

ilustrasi teh jahe

Foto: Orami Photo Stock

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami sehingga mulailah dengan secangkir teh jahe. Caranya, buat jahe parut dan berikan sedikit madu. Selain menambah asupan cairan, nilai tambahnya adalah membuat hidung mampet akan lebih lega.

Beberapa tips lainnya mengatasi hidung mampet untuk ibu hamil menurut USPharmasict, yaitu :

  • Minum banyak air
  • Gunakan bantal yang sedikit lebih tinggi saat Moms tidur di kasur
  • Menghindari pemicu seperti asap rokok, polusi udara bahkan bahan kimia.

Baca Juga: 6 Obat Alami Hidung Tersumbat Ini Bisa Jadi Pilihan

Jika hidung mampet disebabkan oleh alergi, maka hal ini akan diperlakukan berbeda. Dokter kandungan pasti akan merekomendasikan perawatan yang aman bagi kehamilan. Hidung mampet saat hamil biasanya tidak berbahaya.

Namun perlu digarisbawahi jika Moms mengalami gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Termasuk tidur di malam hari.

Tak lupa, bicarakan dengan dokter kandungan atau bidan sebelum melakukan perawatan rumahan hidung mampet untuk ibu hamil. Mereka pun perlu memastikan bahwa obat atau perawatan itu aman bagi kehamilan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait