Bayi

BAYI
10 Juni 2020

8 Obat Diare Alami untuk Bayi, Aman!

Pisang hingga air kelapa bisa bantu atasi diare pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bayi baru lahir biasanya sering buang air besar. Kadang-kadang setiap kali menyusu Si Kecil bisa buang air besar. Karena alasan ini, Moms mungkin mengalami kesulitan mengetahui kapan bayi mengalami diare.

Nah, bayi mungkin mengalami diare jika Moms melihat ada perubahan pada tinja, seperti jumlahnya yang tiba-tiba menjadi lebih banyak. Kemudian bentuknya benar-benar encer, sehingga tidak sekadar lunak seperti tinja bayi pada umumnya.

Diare pada bayi biasanya tidak berlangsung lama. Penyebabnya paling sering adalah virus dan akan hilang dengan sendirinya. Bisa juga akibat infeksi bakteri dan parasit.

Obat Diare Alami untuk Bayi

Namun, Si Kecil bisa saja mengalami dehidrasi jika diare dibiarkan. Sebelum Moms memutuskan memberikan Si Kecil obat-obatan, tidak ada salahnya Moms mencoba beberapa obat alami yang bisa mengatasi diare pada bayi.

Baca Juga: Moms, Kenali Tanda Diare Bayi dari Pup Si Kecil

1. Solusi Rehidrasi Oral (ORS)

Ini adalah pengobatan rumah kuno untuk mengobati diare. Paket ORS dapat diperoleh dari apotek atau Moms dapat menyiapkan sendiri di rumah. Rebus satu liter air yang disaring dan biarkan hingga dingin. Tambahkan enam sendok teh gula dan setengah sendok teh garam ke dalam air dan campur sampai larut sepenuhnya.

Menurut penelitian yang diterbit Jurnal Pediatrics & Child Health, campuran air, gula, dan garam ini bisa diserap oleh tubuh dengan baik meskipun Si Kecil diare disertai dengan muntah-muntah.

Air beras juga merupakan cara yang bagus untuk mengisi kembali cairan dan garam yang hilang.

2. Pisang

Mpasi-Pisang-Hero.jpg

Obat alami untuk diare bayi yang berikutnya adalah pisang. Selama diare, bayi kehilangan banyak potasium, dan perlu untuk mengisi kembali.

Pisang mengandung kalium, seng, zat besi, kalsium, magnesium, dan Vitamin A dan B6. Diare bisa menguras energi bayi, jadi pisang ini akan membantu memulihkan kekuatannya.

3. Jahe

Jahe baik untuk sistem pencernaan dan juga merupakan obat alami diare pada bayi yang efektif. Coba campurkan satu sendok teh jahe parut, sedikit bubuk kayu manis, sedikit bubuk jintan, dan satu sendok teh madu.

Berikan campuran ini pada si kecil tiga kali sehari. Moms juga dapat menambahkan pala sebelum memberikannya kepada bayi.

4. Air Kelapa

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 06.jpg

Terlepas dari manfaat kesehatan yang diberikannya, air kelapa adalah cairan yang luar biasa yang bisa menjadi obat alami untuk diare bayi. Air kelapa membantu pemulihan Si Kecil dari serangan diare.

Menurut Columbia University Medical Center, air kelapa dan santan merupakan sumber zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan mangan yang sangat baik dan memiliki keseimbangan elektrolit yang sama dengan darah. Karena alasan inilah kelapa sering disebut sebagai "obat darah".

Air kelapa kaya akan kalium dan natrium, sedangkan santan merupakan sumber kalium yang baik tetapi jauh lebih rendah natrium. Minum air kelapa atau santan dalam satu jam setelah diare dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Tidak hanya rasanya enak, tetapi juga membantu tubuh mendapatkan kembali cairan yang hilang. Dianjurkan untuk memberikan air kelapa kepada Si Kecil setidaknya 2-3 kali sehari.

Baca Juga: Apa Penyebab Diare Kronis pada Bayi? Simak di Sini

5. Jus Wortel

Saat mengalaminya diare, bayi perlu mengisi kembali energinya yang hilang. Wortel adalah sumber energi yang besar. Untuk itu, Moms bisa menjadikan jus wortel atau puree wortel sebagai obat alami diare pada bayi, yang bisa diberikan beberapa kali di siang hari.

Jika Si Kecil, berusia di atas satu tahun, jus wortel seharusnya cocok untuknya.

6. Produk Kaya Pati

Mpasi-Kentang-Hero.jpg

Jika Si Kecil telah memulai mengonsumsi makanan semi-padat atau padat, Moms dapat memilih makanan bertepung seperti kentang dan sereal beras. Kentang memiliki banyak pati yang membantu bayi pulih dari diare.

Rebus kentang, tumbuk sampai halus dan halus, dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Biji jintan panggang dalam bentuk bubuk juga dapat ditambahkan untuk mencegah pembentukan gas. Kentang tumbuk ini bisa diberikan sekali sehari.

7. Lemon

Lemon ditemukan di sebagian besar rumah tangga dan merupakan obat rumahan yang bagus untuk menyembuhkan gerakan longgar pada anak-anak. Lemon penuh dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membuatnya menjadi obat yang dapat diandalkan dan mudah tersedia.

Satu sendok jus lemon 4 hingga 5 kali sehari dapat meredakan diare dan masalah perut lainnya. Perut bayi Moms yang sakit akan lega, dan keseimbangan pH dalam tubuhnya juga akan pulih.

8. ASI

sembelit pada ibu menyusui.jpg

Bagi Moms yang menyusui, ASI bisa menjadi obat diare alami untuk bayi. Karena itu, ketika Si Kecil diare, jangan hentikan kegiatan menyusui ya Moms. Karena ASI justru membantu mempercepat pemulihan bayi karena kandungan antibodinya yang tinggi. ASI juga dapat mencegah perlunya Si Kecil menjalani rawat inap.

Jika bayi mengonsumsi ASI dan susu formula, akan lebih baik untuk menambah jumlah ASI yang dikonsumsi, karena susu formula bisa sedikit lebih sulit bagi bayi untuk dicerna.

Namun, apabila Si Kecil hanya mengonsumsi susu formula, maka jumlah asupannya pun harus ditambah untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi diare pada bayi. Selamat mencoba!

(SERA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait