Trimester 1

19 Mei 2021

6 Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil yang Alami dan Aman

Mengetahui obat panas dalam untuk ibu hamil yang alami dan aman.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Minum obat panas dalam untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan. Tak bisa dipungkiri, bila ibu hamil sedang tidak dalam kondisi prima memang menyebalkan.

Panas dalam adalah sebuah kondisi yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tak terkecuali ibu hamil. Lalu apa obat panas dalam untuk ibu hamil yang tepat?

Sebelum mengetahui obat panas dalam untuk ibu hamil, Moms perlu tahu obat panas dalam terlebih dahulu, ya!

Jadi, apa sih penyebab panas dalam?

Penyebab Panas Dalam

obat panas dalam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Panas dalam adalah sebuah kondisi yang sering dialami orang kebanyakan. Namun, tahukah Moms bahwa panas dalam tidak termasuk dalam istilah medis?

Ketika mengalami panas dalam biasanya seseorang akan merasa tidak nyaman pada tenggorokannya. Dalam kasus tertentu, si penderita bahkan kesulitan makan dan mungkin merasakan sakit ketika menelan ludah.

Penyebab dari panas dalam sendiri biasanya berkaitan dengan virus, bakteri atau penyakit lain yang menyerang tenggorokan. Hal tersebutlah yang membuat tenggorokan terasa panas.

Sebuah jurnal yang berjudul Acute Sore Throat sendiri mengungkapkan bahwa 90% dari radang tenggorokan atau panas dalam sendiri disebabkan oleh virus.

Lalu, apa obat panas dalam untuk ibu hamil yang aman? Ini dia!

Baca Juga: 11 Obat Panas Dalam untuk Bayi dan Penyebabnya

Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil

obat panas dalam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi banyak obat demi keselamatan diri dan janin. Karenanya, obat-obatan alami lebih disarankan.

Jangan sampai nggak tahu, ini obat panas dalam untuk ibu hamil alami yang bisa Moms coba di rumah!

1. Minum Air Putih

Obat panas dalam untuk ibu hamil ini mudah dilakukan namun sering diabaikan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang memilih minum obat untuk meredakan panas dalam.

Namun perlu diketahui bahwa air putih bisa menjadi obat panas dalam untuk ibu hamil yang tepat. Moms hanya perlu memastikan asupan air putih ke tubuh tetap terjaga dan cukup setiap harinya.

Panas dalam biasnaya membuat kerongkongan menjadi kering. Nah, dengan meminum air putih, tubuh jadi kembali terhidrasi. Jadi, jangan remehkan air putih ya, Moms!

2. Kumur dengan Air Garam

obat panas dalam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Selain minum air putih, kumur dengan air garam juga bisa dijadikan obat panas dalam untuk ibu hamil. Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat, Moms bisa mencoba metode kumur air garam.

Air garam sendiri sudah diketahui bisa membunuh bakteri yang menyerang tenggorokan. Dengan mencampurkan air hangat dengan garam, diharapkan ini bisa membunuh bakteri yang bersarang di tenggorokan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu hal yang menjadi penyebab panas dalam adalah bakteri atau virus yang menyerang tenggorokan.

Cara membuat air garamnya pun mudah, Moms. Moms hanya perlu segelas air hangat dan setengah sendok teh garam untuk dilarutkan. Jika sudah jadi, cobalah berkumur dan lakukan setiap 3 jam sekali agar hasilnya bisa didapatkan dengan optimal.

Baca Juga: Antibiotik untuk Radang Tenggorokan dan Batuk, Cari Tahu Di Sini!

3. Minum Air Jahe

obat panas dalam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Air jahe memang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Jahe sudah dikenal dengan sifat antibakteri dan antijamur yang bisa menjadi obat panas dalam untuk ibu hamil.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul BMC Complementary Medicine and Therapies mengungkapkan bahwa mengonsumsi jahe untuk ibu hamil tidak diperbolehkan jika kondisi kehamilan tak memungkinkan.

Terlebih ketika Moms memiliki riwayat keguguran. Jika Moms memiliki riwayat ini, mengonsumsi jahe sangat tidak disarankan.

Ibu hamil tentu saja memiliki kondisi tertentu yang patut diberikan perhatian lebih. Berikut kondisi ibu hamil yang pantang untuk mengonsumsi jahe;

  • Perempuan hamil yang sedang mengalami pendarahan vagina
  • perempuan hamil yang ada riwayat keguguran
  • Wanita hamil yang menderita diabetes
  • Wanita hamil dengan kondisi jantung bermasalah

Khasiat jahe memang bisa menjadi tak baik dalam kondisi tertentu. Perempuan hamil sendiri disarankan hanya mengonsumsi 5ml jahe selama trimester pertama.

4. Soda Kue

Jika tadi Moms sudah mencoba kumur dengan air garam, berkumur dengan larutan soda kue juga bisa dijadikan obat panas dalam untuk ibu hamil lho, Moms!

Selain air garam, larutan soda kue juga bisa meredakan gatal dan sakit tenggorokan yang dikarenakan bakteri dan menyebabkan panas dalam.

Larutan dari soda kue diketahui sangat ampuh untuk membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur yang berada di tenggorokan.

The National Cancer Institute bahkan merekomendasikan berkumur dengan mengoleskan kombinasi soda kue dengan satu cangkir air hangat sebagai obat panas dalam untuk ibu hamil.

Caranya, Moms bisa memasukan 1/4 sendok teh soda kue, 1/8 sendok teh garam dan dicampurkan dengan secangkir air hangat. Jika sudah jadi, Moms disarankan untuk melakukan kumur-kumur setiap 3 jam sekali atau sesuai kebutuhan.

5. Minum Teh Campur Madu

obat panas dalam untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Obat panas dalam untuk ibu hamil lainnya adalah dengan minum teh yang dicampur dengan madu. U.S National Library of Medicine sendiri mengatakan bahwa madu sangat efektif untuk meredakan batuk.

Bahkan dengan mengonsumsi madu Moms bisa lebih efektif meredakan batuk jika dibandingkan dengan obat batuk biasa pada malam hari. Hal inilah yang membuat madu menjadi obat panas dalam untuk ibu hamil yang efektif.

Jadi, cobalah untuk mengonsumsi teh madu di malam hari untuk meredakan panas ya, Moms!

Baca Juga: 6 Jenis Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Trimester Pertama

6. Buat Udara Lembap

Nah, usai mengetahui obat panas dalam untuk ibu hamil yang alami, sebaiknya Moms juga perlu mengistirahatkan tubuh.

Selain mengonsumsi obat panas dalam untuk ibu hamil yang alami, beristirahat dan membuat ruangan lebih lembap bisa membantu untuk meredakan radang tenggorokan, Moms! Cobalah untuk pasang pelembap udara dan pastikan ruangan tetap bersih ya!

Nah jika obat panas dalam untuk ibu hamil yang alami tidak berhasil meredakan keluhan yang Moms miliki, cobalah untuk tidak minum obat secara buru-buru. Terlebih jika Moms masih hamil muda.

Mengonsumsi obat pada trimester pertama dikhawatirkan bisa memengaruhi pembentukan dan perkembangan organ yang dimiliki janin.

Hal yang sama pun berlaku meski Moms sudah mengandung lebih dari 3 bulan. Tetaplah berhati-hati saat mengonsumsi obat. Jika memang merasa perlu meminumnya, tanyakan dan konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apapun termasuk obat herbal.

Seperti yang sudah diketahui, mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Daripada Moms kesulitan mencari obat pans dalam untuk ibu hamil, Moms sebaiknya menjaga kesehatan dengan baik.

Cobalah untuk terus minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan sempurna. Konsumsi makanan bergizi serta rajinlah mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3135445/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5385053/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait