Kesehatan

17 Agustus 2021

7 Obat Penurun Panas Alami untuk Si Kecil yang Demam

Pilih cara rumahan yang aman untuk menurunkan panas Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Jika Si Kecil panas, biasanya Moms akan mencari obat penurun panas. Moms tak perlu panik jika kehabisan stok obat di rumah, karena ada berbagai macam cara rumahan dan jenis obat penurun panas alami untuk Si Kecil yang sedang demam.

Padahal, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemberian obat dan antibiotik yang salah pada anak-anak serta mengkonsumsinya dalam waktu yang cukup lama tidak menyelesaikan pengobatan.

"Orang tua adalah dokter garis depan. Sementara keluarga seharusnya tidak memercayai semua yang mereka baca di Internet, saya mencoba mengajari orang tua cara menilai kesehatan dan penyakit," kata Richard P. Walls, MD, seorang dokter anak dalam praktik pribadi di La Jolla, California.

Ricahard mengatakan, dia percaya pada ‘Aturan Tiga Hari Hingga Lima Hari’. Jika anak terserang virus, biasanya dia akan membaik dalam tiga hari dan hampir membaik dalam lima hari. "Demam dalam 24 jam pertama adalah normal. Namun, jika demam mulai terjadi setelah beberapa hari, infeksi sekunder mungkin akan muncul," jelasnya.

Obat Penurun Panas Alami

Jika bayi Moms masih bertingkah normal, masih bermain dan tidak lemas atau rewel, bisa jadi panasnya masih ringan. Moms juga jangan terlalu khawatir ketika dia tidak memiliki nafsu makan.

Selama anak minum dan buang air kecil dengan normal, nafsu makan berkurang adalah hal biasa terjadi saat sedang infeksi. Suhu yang tinggi bisa mengindikasikan tubuh anak sedang melawan infeksi.

Tetapi, jika anak mulai merasa tidak nyaman, rewel, dan merasa seperti sedang kesakitan, berikut ini beberapa obat penurun panas alami dapat membantu Moms untuk menurunkan panas bayi.

Selain mengompres menggunakan air dingin, memandikan dengan air hangat, tetap memberi asupan cairan, dan memakaikan pakaian yang nyaman sebagai penanganan pertama, Moms juga bisa menggunakan obat penurun panas alami sebagai cara rumahan lainnya untuk menurunkan panas bayi.

Bahan-bahan apa saja itu?

1. Bawang

Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -1.jpg

Foto: Bbcgoodfood.com

Bawang merupakan bahan umum digunakan sebagai penambah cita rasa masakan. Namun, bawang juga dipercaya sebagai obat penurun panas alami untuk menurunkan panas bayi.

Ini membantu menurunkan suhu tubuh dan mengurangi sakit tubuh yang disebabkan oleh demam.

Caranya, cukup potong bawang menjadi irisan dan gosok 2 - 3 iris pada kaki bayi masing-masing selama 2 menit. Lakukan ini hingga 2 kali sehari.

2. Jahe untuk Mandi

Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -2.png

Foto: Visvaka.com

Kathi J. Kemper, MD, profesor pediatri di Wake Forest University di Winston-Salem, N.C., mengatakan panas adalah pertahanan yang disiapkan oleh tubuh. "Tubuh sedang mencoba mengatur ulang suhu untuk membunuh bakteri dan virus. Itu adalah gejala, bukan sesuatu yang perlu disembuhkan," jelasnya.

Moms bisa membantu Si Kecil untuk membuat tubuhnya merasa lebih baik dengan obat penurun panas alami yaitu mencampurkan sekitar dua sendok makan bubuk jahe dalam air hangat yang akan digunakan oleh bayi untuk mandi.

Biarkan bayi berendam di dalamnya sekitar 10 menit. Jahe akan membantu mengeluarkan keringat yang akan menghilangkan kotoran. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk demam virus pada bayi.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Demam, Kapan Wajib Dibawa ke Dokter?

3. Minyak Mustard

Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -3.jpg

Foto: Food.ndtv.com

Mirip dengan jahe, minyak mustard yang dicampur dengan bawang putih bila dikombinasikan menjadi bahan yang efektif sebagai obat penurun panas alami.

Campuran keduanya bisa meningkatkan keringat dan membantu membersihkan racun. Kombinasi tersebut bisa diaplikasikan sebagai olesan saat memijat bayi.

Moms bisa menggunakan 2 sendok makan minyak mustard dan panaskan dalam microwave selama tiga puluh detik.

Tambahkan satu sendok teh bawang putih ke dalamnya dan aduk rata. Panas pada dasarnya membantu mencampur pasta ke dalam minyak. Biarkan campuran selama sekitar 2 menit.

Moms bisa menijat bayi dengan campuran ini dengan lebih lama memijat pada daerah dada, punggung, leher, telapak tangan dan kaki. Karena pijatan juga memiliki efek relaksasi, perawatan ini menjadi cara rumahan untuk menurunkan panas bayi dan membuat Si Kecil terlelap.

4. Putih Telur

Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -4.jpg

Foto: Healthline.com

Putih telur adalah protein dalam telur yang menyehatkan dan bisa jadi obat penurun panas alami.

Ini karena sifatnya yang unik dan kental membuatnya menjadi penyerap panas yang efektif, karena dapat menyerap sejumlah besar energi panas dari sekitarnya saat mengering.

Moms bisa memisahkan kuning telur dari putih telur kemudian kocok putih telur sampai mengembang.

Selanjutnya, celupkan dua waslap kecil ke dalam putih telur kocok selama satu menit agar basah. Bungkus kain lap basah dengan lembut di sekitar kaki bayi dan tutupi dengan kaus kaki longgar untuk menahannya. Biarkan sekitar satu jam.

Baca Juga: Anak Panas Karena Demam? Jangan Panik Dulu

5. Daun Pegagan

obat penurun panas alami.jpg

Foto: freepik.com

Pegagan (Centella asiatica) ini banyak digunakan sebagai bahan utama skincare untuk mengatasi beberapa gangguan pada kulit, seperti eksim dan psoriasis, membantu penyembuhan luka, serta menyamarkan bekas luka.

Selain itu, ternyata ada pula manfaatnya untuk Si Kecil yang sedang demam lho Moms.

Karena kandungan antiradang dan antibakterinyanya, daun pegagan juga dianggap baik digunakan sebagai obat penurun panas alami. Akan tetapi efektivitas tanaman ini sebagai obat demam tradisional masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Sambiloto

obat penurun panas alami_sambiloto.jpg

Foto: freepik.com

Meski rasanya sangat pahit, kandungan antiradang yang terdapat pada sambiloto dinilai bermanfaat untuk mengatasi demam. Selain itu, tanaman herbal ini juga secara tradisional dikenal sebagai obat penurun panas alami untuk menangani batuk, pilek, gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, dan sinusitis.

Setelah menggunakan obat penurun panas alami untuk bayi namun kondisi Si Kecil belum berubah, segera hubungi dokter. Bisa jadi, Si Kecil bukan mengalami demam biasa.

Baca Juga: Moms, Ketahui 4 Jenis Obat Herbal Yang Berbahaya Bagi Balita

7. Chamomile

obat penurun panas alami

Foto: pinterest.com

Teh chamomile merupakan obat penurun panas alami yang baik digunakan saat demam. Moms bisa membeli chamomile di toko obat herbal. Untuk cara penggunaannya, rebus air dan rendam daun teh chamomile selama 1 menit. Lalu, tambahkan madu ke dalamnya.

Setelah jadi, secangkir teh tersebut dapat diberikan untuk Si Kecil sebanyak dua kali sehari. Biasanya tidak ada perubahan rasa yang terjadi pada teh chamomile sehingga anak dapat menikmatinya. Teh herbal ini mampu mengurangi demam anak sehingga bisa cepat pulih.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Itu dia Moms ragam obat penurun panas alami yang bisa diberikan pada Si Kecil. Semoga lekas sembuh, ya!

Untuk memastikan Si Kecil tumbuh dan berkembang sesuai usianya, Moms bisa pantau tinggi dan berat badannya dengan fitur Growth Tracker di Orami App! Pada fitur Growth Tracker ini, Moms dapat mengetahui apakah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Si Kecil tetap berada dalam batas yang normal, atau justru berisiko dan perlu berkonsultasi ke dokter.

Yuk, coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

  • https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-natural-cold-remedies
  • https://www.webmd.com/cold-and-flu/cough-home-remedies-babies-toddlers
  • https://raisedgood.com/babys-first-cold-8-tips-to-ease-colds-naturally/
  • https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/chest-lungs/Pages/Coughs-and-Colds-Medicines-or-Home-Remedies.aspx
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/diagnosis-treatment/drc-20351657
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait