Kesehatan

KESEHATAN
25 Maret 2021

8 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh, Pake Bahan Alami Moms!

Bahan-bahan masak yang ada di dapur bisa membantu sembuhkan radang tenggorokan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Obat radang tenggorokan paling ampuh patut untuk diketahui. Terlebih jika Moms menyukai bahan herbal untuk menjadi obat radang tenggorokan paling ampuh.

Tenggorokan gatal, sakit, dan terasa ada yang mengganjal, biasanya merupakan tanda dari radang tenggorokan.

Meski bukan penyakit yang serius, kondisi ini bisa mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Jika si buah hati yang mengalaminya, ia bisa jadi rewel sepanjang hari. Tak perlu cemas, Moms. Ada banyak obat alami radang tenggorokan yang bahannya bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga: 4 Minuman untuk Meredakan Tenggorokan Sakit, Konsumsi Saat Perih

Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh yang Alami

Jangan dulu memilih untuk mengonsumsi obat-obatan yang berbahan kimiawi. Moms bisa memilih untuk mengonsumsi obat radang tenggorokan paling ampuh dan juga alami!

Ternyata ada banyak sekali bahan dapur yang bisa dijadikan obat radang tenggorokan paling ampuh, Moms! Coba dulu yuk sebelum memutuskan untuk ke dokter!

1. Madu

madu

Foto: Orami Photo Stock

Obat radang tenggorokan paling ampuh yang pertama adalah madu. Jika Moms atau anggota keluarga lain terkena radang tenggorokan, coba minum madu secara rutin. Madu telah terbukti sebagai salah satu obat alami yang ampuh mengatasi radang di tenggorokan.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics tahun 2014 membuktikan hal tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa radang tenggorokan lebih cepat sembuh jika minum madu setiap hari.

Para ahli menyimpulkan bahwa madu mampu menurunkan produksi lendir di tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi kuman penyebab radang.

Tak hanya rasa manisnya yang sudah pasti disukai Si Kecil, obat alami radang tenggorokan ini juga tergolong aman. Akan tetapi, madu sebaiknya diberikan pada anak yang sudah lebih dari 1 tahun ya, Moms.

Agar radang tenggorokan cepat hilang, Moms bisa minum dua sendok madu dan segelas air hangat sebelum tidur.

Baca Juga: 15 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Hindari Ya Moms!

2. Air Garam

Air garam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nah, air garam juga bisa menjadi obat radang tenggorokan paling ampuh nih, Moms! Air garam bisa jadi obat alami radang tenggorokan karena dapat mengurangi pembengkakan pada dinding tenggorokan.

Caranya tentu sangat mudah, yang Moms perlu hanya satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam air hangat.

Selanjutnya, larutan tersebut dikumur-kumur sambil menengadahkan kepala sedikit. Lakukan cara ini setidaknya sekali sehari, supaya radang tenggorokan cepat sembuh.

Bila sang buah hati yang terkena radang, Moms harus perhatikan dengan betul saat memberikannya air garam.

Pastikan bahwa Si Kecil sudah cukup besar dan cukup mampu kumur-kumur tanpa menelan airnya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan

3. Ramuan Kayu Manis

kayu manis.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Obat radang tenggorokan paling ampuh selanjutnya adalah minuman dari kayu manis. Harumnya aroma kayu manis tak hanya bisa membuat tubuh jadi rileks, tapi juga bisa berguna sebagai obat alami radang tenggorokan.

Kayu manis mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Hal ini tentu dapat meredakan gejala radang dan membunuh bakteri yang ada di dalam tenggorokan.

Moms bisa menambahkan beberapa potong kayu manis ke dalam air hangat atau teh hangat. Waah, selain rasanya yang nikmat, minuman dengan kayu manis ternyata bisa jadi obat radang tenggorokan paling ampuh ya, Moms!

4. Air Lemon

air lemon.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bila ingin rasa yang lebih segar, Moms bisa mengandalkan air lemon sebagai obat alami pereda radang tenggorokan. Air lemon memang dianggap menjadi obat radang tenggorokan paling ampuh lho!

Perasan air lemon mengandung kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh mampu melawan bakteri dengan mudah.

Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan vitamin C yang tinggi ini dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, seperti flu atau batuk.

Cara ini juga cukup gampang dilakukan, Moms hanya tinggal peras satu buah lemon ukuran sedang. Lalu campurkan air perasannya ke dalam air putih.

Kalau ingin lebih nikmat, Moms juga bisa pakai sesendok madu. Bukan hanya rasanya lebih enak, kombinasi madu dan lemon dapat mempercepat pemulihan tubuh.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

5. Minyak Kelapa

minyak kelapa.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minyak kelapa punya banyak khasiat, salah satunya mengatasi radang tenggorokan. Dalam beberapa penelitian, minyak kelapa disebut-sebut mampu meredakan radang tenggorokan dan melawan infeksi.

Minyak ini juga mampu mengencerkan lendir di saluran tenggorokan, sehingga napas pun menjadi lebih lega.

Moms dapat menambahkan minyak kelapa ke dalam beragam masakan untuk keluarga, misalnya dalam sup hangat. Moms juga bisa minum minyak kelapanya langsung sebanyak satu atau dua sendok makan.

Meski banyak khasiatnya, Moms juga sebaiknya tidak mengonsumsi minyak kelapa terlalu banyak. Cukup batasi konsumsinya sebanyak 2 sendok makan per hari atau setara dengan 30 mililiter.

Bila minyak ikan digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan sang buah hati, baiknya Moms konsultasikan dulu ke dokter sebelum memberikannya.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

6. Teh

teh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada beragam pilihan teh yang bisa Moms coba. Namun, teh yang cocok sebagai obat alami radang tenggorokan adalah teh chamomile dan teh kunyit. Agar lebih dalam mengetahui tentang teh yang bisa jadi obat radang tenggorokan paling ampuh, yuk kita bahas satu per satu mengenai teh ini!

  • Teh Chamomile

Disebutkan dalam laporan jurnal Molecul Medicine Reports, bunga chamomile mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini membuat teh chamomile dapat membantu mengurangi radang, pembengkakan, dan rasa gatal di tenggorokan.

Hampir sama dengan teh chamomile, selain antioksidan yang tinggi, teh hijau juga bersifat antiradang.

Sebuah penelitian dalam jurnal Anesthesiology and Pain Medicine mengungkapkan bahwa kebiasaan kumur-kumur dengan teh hijau mempercepat pemulihan pasien yang radang tenggorokan.

Uap hangat dan aroma khas dari teh jenis ini akan membuat kondisi tubuh jadi lebih baik.

Kombinasikan teh dengan sedikit perasan lemon dan sesendok madu. Dijamin, tubuh Moms terasa lebih rileks, saluran napas lebih lega, dan nyeri di tenggorokan hilang.

  • Teh Kunyit

Teh kunyit bisa menjadi obat radang tenggorokan paling ampuh. Kunyit adalah anggota keluarga jahe. Nah, salah satu bumbu dapur ini sering dijual sebagai rempah-rempah.

Kunyit yang dicampurkan pada madu pun ternyata dapat dijadikan obat radang tenggorokan paling ampuh.

Cara membuatnya adalah, tambahkan kunyit bubuk ke dalam air yang sudah mendidihkan. Setelah itu, didihkan selama beberapa menit. Setelah itu, saringlah air kunyit ke dalam cangkit.

Agar masih terasa manis, Moms bisa menambahkan madu agar lebih nikmat ketika dikonsumsi. Madu sangatlah berguna karena sama-sama memiliki kemampuan menjadi obat radang tenggorokan paling ampuh.

Kunyit sendiri diakui memiliki sifat antioksida, antiinflamasi, serta antiseptik yang kuat. Jadi, tidaklah heran ketka kunyit bisa dijadikan obat radang tenggorokan paling ampuh dan juga obat iritasi.

Baca Juga: Redakan Sakit Tenggorokan Anak dengan Cara Sederhana Ini

7. Kunyit

kunyit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit yang biasanya Moms gunakan untuk memperkuat rasa dan aroma masakan, kini bisa dipakai sebagai bahan alami mengurangi radang tenggorokan.

Larutkan setengah bubuk kunyit dan setengah sendok teh dalam air hangat. Lalu, larutan itu segera digunakan untuk berkumur.

Ingat, supaya bisa sampai menyentuh dinding tenggorokan, Moms harus mendongakkan kepala saat berkumur. Berkumur hingga 1 menit kemudian keluarkan larutan itu. Ulangi hal ini jika kondisi tubuh tidak semakin membaik.

Baca Juga: Radang Tenggorokan Pada Busui, Apakah Berpengaruh Pada Bayi?

8. Air Jahe

air jahe.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jahe lebih dikenal dengan khasiatnya yang bisa menghangatkan tubuh. Nyatanya tak sampai di situ manfaat rimpang yang satu ini.

Sebuah riset yang dijabarkan dalam jurnalEast Africa Medicine, ekstrak jahe ampuh membunuh bakteri-bakteri di saluran pernapasan. Hal ini karena ginseng punya sifat antibakteri.

Ditambah lagi, jahe mampu kurangi kemerahan dan peradangan di area tenggorokan.

Jadi, Moms yang sedang radang tenggorokan bisa coba minum teh jahe, wedang jahe, atau minuman lain yang ditambahkan ekstrak jahe.

Itu dia beberapa obat alami yang bisa mengatasi radang tenggorokan. Bila radang tenggorokan tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait