Kesehatan

KESEHATAN
8 Maret 2021

Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh

Daripada ke dokter, ini tips murah meriah menyembuhkan sakit gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Obat sakit gigi alami cepat sembuh sangat dibutuhkan untuk mengatasi sakit gigi yang datang tiba-tiba. Terlebih di saat pandemi seperti ini menemui dokter gigi harus membuat janji agar protokol kesehatan tetap terpenuhi.

Sakit gigi bisa terjadi karena pulpa atau bagian gigi paling dalam yang terhubung dengan syaraf dan pembuluh darah mengalami peradangan.

Penyebab Sakit Gigi

Obat sakit gigi alami

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab dari peradangannya pun bermacam-macam. Bisa karena gigi berlubang, gigi sensitif, atau karena pertumbuhan gigi yang tidak normal pada tempatnya seperti tumbuhnya gigi bungsu.

Cara mengobati sakit gigi pun tergantung pada penyebab rasa sakitnya. Jadi dalam beberapa kasus, dokter gigi pun perlu melakukan rontgen usai memeriksa mulut agar masalah yang menyebabkan sakit gigi bisa diidentifikasi dengan jelas.

Jika sakit gigi disebabkan oleh gigi yang mulai membusuk, dokter gigi pastinya akan menghapus dan memperbaikin area yang membusuk dan menggantinya dengan tambalan.

Lalu, bagaimana jika tambalan yang justru membuat sakit gigi? Nah, apabila hari ini terjadi, dokter biasanya akan menghilangkan tambalan yang lama atau yang menempel dan menggantinya dengan tambalan yang baru.

Nah ketika sakit gigi disebabkan oleh pulpa gigi yang terinfeksi, biasnaya dokter akan melakukan perawatan saluran akar.

Prosedur ini akan mengeluarkan pulp yang terinfeksi dan kemudian memasukkan jenis pengisian khusus untuk menutup gigi dan mencegah infeksi ulang.

Lalu, apabila sakit gigi tidak dapat diobati, dokter biasanya akan mencabut gigi tersebut.

Apakah Moms pernah merasakan sakit gigi? Bagaimana rasanya? Pasti rasanya sakit bukan main ya Moms, dan ingin segera cepat pergi ke dokter gigi agar cepat sembuh?

Obat Sakit Gigi Alami

Jangan buru-buru ke dokter, Moms. Ternyata ada lho obat sakit gigi alami yang bahannya bisa Moms temukan di dapur.

Tak perlu panik, yuk ketahui beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai obat sakit gigi alami cepat sembuh.

Berikut beberapa di antaranya.

1. Garam sebagai Obat Sakit Gigi Alami

sakit gigi 1

Foto: news.yale.edu

Obat sakit gigi alami yang bisa membuat cepat sembuh pertama adalah garam. Bisa dipastikan, semua dapur memiliki persediaan garam.

Garam mengandung banyak kandungan mineral dan beberapa komponen utama seperti natrium dan klorida yang bisa membantu tubuh untuk menjaga sistem otot dan syaraf.

Bahan ini juga mengandung sulfur yang bisa mengeluarkan bakteri dan racun dalam tubuh.

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeluarkan bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Memang efek menghilangkan rasa sakit dengan berkumurnya tidak terlalu lama. Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa jam sekali. Nah, jadi garam bisa dijadikan obat sakit gigi alami cepat sembuh ya, Moms!

Baca Juga: Tak Perlu Disulam, Coba 7 Bahan Alami Ini untuk Mendapatkan Alis Tebal

2. Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi Alami

sakit gigi 2

Foto: parenting.firstcry.com

Obat sakit gigi alami yang bisa membantu cepat sembuh selanjutnya adalah bawang putih. Selama ini mungkin Moms mengira bawang putih hanya untuk bumbu masakan saja.

Joe Leech, MS, RD, pakar gizi dan nutrisi dari Australia, berkata bahwa bawang putih ternyata memiliki kandungan antiseptik yang ampuh membunuh bakteri termasuk kuman-kuman yang bersarang di lubang gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi.

Caranya, tumbuk bawang putih sampai halus dan membentuk pasta lalu letakan pasta bawang putih tersebut di bagian gigi yang sakit.

3. Biji Asam Jawa sebagai Obat Sakit Gigi Alami

sakit gigi 3

Foto: indigenousbartender.com

Apakah Moms suka masak sayur asem?

Jika ya, berarti Moms pasti punya persediaan asam jawa di dapur.

Ternyata asam jawa terutama bijinya dapat meredakan sakit gigi lho Moms.

Walaupun belum ada penelitian ilmiahnya, biji asam jawa sudah banyak digunakan untuk berbagai obat termasuk obat sakit gigi.

Caranya, sangrai biji asam jawa sampai kering setelah itu tumbuk sampai berbentuk tepung. Kemudian, larutkan sedikit dengan air sampai mengental dan letakan di gigi yang sakit.

Wah, siapa sangka kalau asem bisa dijadikan obat sakit gigi alami cepat sembuh ya, Moms!

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

4. Kunyit sebagai Obat Sakit Gigi Alami

sakit gigi 4

Foto: superlife.com

Untuk Moms yang suka sekali masak masakan Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan kunyit.

Kunyit pun mudah ditemukan di mana saja, seperti di pasar tradisional atau supermarket. Nah, tahukah Moms kalau kunyit bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi alami cepat sembuh?

Menurut Kris Gunnars, Bsc, pakar nutrisi dari Amerika Serikat, senyawa curcumin pada kunyit ternyata berkhasiat sebagai antioksidan, antibakteri, juga antiradang Moms.

Dengan begitu, kunyit juga bisa digunakan sebagai alternatif obat alami untuk sakit gigi.

Caranya mudah kok Moms, cukup parut kunyit secukupnya kemudian letakkan parutan kunyit tersebut di area gigi yang sakit.

5. Daun Mint sebagai Obat Sakit Gigi Alami

sakit gigi 5

Foto: thegreengrocery.com

Obat sakit gigi alami cepat sembuh yang terakhir adalah daun mint. Jika Moms sangat suka memberi hiasan pada masakan, pasti Moms menyediakan daun mint di dapur.

Daun mint memiliki sensasi menyejukan sehingga bisa memberikan efek menenangkan pada bagian gigi yang sakit.

Caranya, tumbuk beberapa helai daun mint, kemudian letakkan di bagian gigi yang sakit.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Perut

Nah itu dia beberapa bahan yang bisa dijadikan obat sakit gigi alami. Karena semua bahan alami, jadi bisa dipastikan efek dari bahan-bahan tersebut tidak lama Moms. Maka dari itu, perlu kesabaran untuk merasakan efek yang lebih maksimal.

Nah, untuk Moms yang memiliki sakit gigi dan menyebabkan peradangan gusi serta pembengkakan, Moms bisa menggunakan es batu dan mengompresnya di bagian yang bengkak.

Es batu sendiri sudah terkenal ampuh untuk mengempiskan peradangan.

Caranya pun mudah, Moms hanya cukup membungkus beberapa bongkah es batu ke dalam kain yang bersih dan kemudian tempelkan di pipi yang menjadi tempat sakit gigi selama 15 hingga 20 menit.

Bila Moms tak memiliki es batu, mengganinya dengan botol berisikan air dingin atau plastik yang berisi makanan beku yang sudah dibersihkan pun bisa dimanfaatkan.

Cobalah untuk mengulangi pengompresan setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang optimal.

Obat Apotek yang Ampuh Redakan Nyeri Sakit Gigi

Obat sakit gigi alami

Foto: Orami Photo Stock

Jika obat sakit gigi alami tak mempan untuk meredakan rasa nyeri, cobalah untuk pergi ke apotek untuk membeli obat pereda rasa nyeri.

Obat untuk meredakan rasa nyeri memang mudah diakses dengan membelinya di apotek. Dan jika dibandingkan dengan obat sakit gigi alami, obat dari apotek akan lebih ampuh meredakan sakit gigi.

Tanpa perlu resep dokter, berikut beberapa jenis obat sakit gigi yang bisa Moms beli di Apotek.

1. Paracetamol

Paracetamol memang ampuh dan bisa menjadi alternatif obat sakit gigi alternatif sebelum pergi ke dokter.

Obat yang pula dikenal dengan nama acetaminophe ini pun disebut aman jika digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak.

Kini, untuk mengobati sakit gigi pada anak, telah tersedia paracetamol yang dikhususkan untuk anak-anak. Jadi, jenis itu lah yang bisa Moms berikan untuk Si Kecil.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa Moms sudah memberikan dosis yang tepat seperti yang disarankan oleh dokter atau aturan yang ada dalam kemasan, ya!

2. Ibupofen

Dilansir dari Cleaveland Clinic setelah paracetamol, obat lain yang ampuh untuk meredakan sakit gigi adalah ibuprofen. Ibuprofen pun bisa membantu untuk menghilangkan atau meredakan rasa sakit, termasuk sakit gigi.

Ibuprofen sendiri pun termasuk obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS.

Cara kerja ibuprofen adalah menghalami produksi zat-zat alami pada tubuh yang menyebabkan peradangan serta memicu rasa sakit.

Perlu diperhatikan lebih lanjut, sama seperti obat lainnya, ibuprofen pun bisa menimbulkan beberapa efek samping yang ringan sampai berat.

Beberapa efek samping ringan yang biasanya dirasakan adalah sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, hingga sembelit.

Tidak sampai sama, efek samping ibuprofen yang berat bisa berupa sesak napas, nyeri dada, urin berwarna gelap, bagian putih mata berubah menjadi kekuningan hingga kulit yang juga berubah menjadi kekuningan.

Ketika Moms mengalami efek samping berat ataupun ringan, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat, ya!

3. Naproxen

Seperti ibuprofn, obat ini pun termasuk dalam golongan OAINS.

Naproxen sendiri bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa prostaglandin untuk menghentikan rasa sakit yang dirasakan oleh penggunanya.

Meski begitu, Moms perlu waspada terhadap efek sampung yang bisa dihadirkan oleh pengonsumsian obat yang satu ini.

Beberapa efek samping umum yang mungkin muncul dan dirasakan oleh penggunany adalah sakit kepala, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, kulit gatal dan memerah, hingga penglihatan kabur.

Faktor Penyebab Sakit Gigi

Obat sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Agar dapat menghindari sakit gigi, Moms perlu mengetahui apa penyebab sakit gigi dan apa saja faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena sakit gigi. Ini dia!

Penyebab atau faktor yang menyebabkan sakit gigi tentu saja sangatlah beragam. Ini adalah penyebabnya;

Bukan hanya hal di atas, sakit gigi pun juga bisa disebabkan adanya trauma rahang yang dikarenakan cidera pada persendian tempromandibular atau yang biasa dikenal dengan sendi penyambung rahang dan tengkorak kepala.

Sinusitis pun bisa menyebabkan rasa sakit karena gigi belakang di rahang atas bagian atas berbagi syaraf yang sama dengan rongga untuk sinusitis

Lalu apa saja faktor yang bisa meningkatkan risiko sakit gigi?

Sama seperti penyebabnya, faktor yang bisa menyebabkan peningkatan risiko terkena sakit gigi pun bisa sangat beragam. Di antaranya adalah;

  • Gangguan makan seperti anorexia dan/atau bulimia
  • Pola makan yang mengandung banyak gula
  • Mulut kering
  • Kebiasaan membersihkan gigi yang buruk
  • Jarang gosok gigi dan flossing
  • Punya riwayat GERD karena kadar asam lambung yang tinggi bisa merusak enamel gigi
  • Merokok atau kebiasaan mengunyah tembakau
  • Obat-obatan tertentu
  • Menjalani perawatan kemoterapi

Nah, bagaimana saran mengenai obat sakit gigi alami cepat sembuh?

National Health Service menyarankan, jika 2 hari sakit tidak juga reda meski sudah diberi obat sakit gigi alami atau obat apotek, segera hubungi dokter gigi untuk diberikan penanganan yang tepat, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait