Newborn

28 Juni 2021

9 Obat Sakit Perut Bayi Alami yang Perlu Moms Tahu!

Ketahui waktu tepat kapan perlu mengunjungi dokter saat bayi mengalami sakit perut.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Obat sakit perut bayi memang perlu untuk diketahui Moms. Terlebih ketika Si Kecil masih belum diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jadi, menemukan obat sakit perut bayi yang alami adalah solusi yang sempurna.

Ketika Si Kecil sakit perut, Moms ingin segera meredakan sakit perut pada bayi. Namun, sebelum diobati, Moms perlu tahu apa penyebab sakit perut tersebut.

Mengutip WebMD, ada beberapa kemungkinan penyebab anak sakit perut, termasuk:

  • Kolik
  • Masalah gas dalam perut bayi
  • Sembelit
  • Perut mulas

Baca Juga: Buah Hati Sakit Perut? Simak 3 Penyebab Perut Bergas Pada Bayi ASI Eksklusif

Ragam Obat Sakit Perut Bayi yang Alami

Mengutip studi dari American Academy of Family Physicians, kondisi sakit perut yang paling umum dialami pada bayi adalah gastroesophageal reflux (gumoh) dan kolik.

Sebagai cara untuk meredakan sakit perut pada bayi, Moms dapat melakukan langkah-langkah yang mudah dilakukan berikut ini. Yuk ketahui obat sakit perut bayi berikut ini!

1. Melakukan Pijat Bayi

meredakan sakit perut pada bayi-1

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit perut bayi yang pertama adalah dengan cara pijat. Sistem pencernaan bayi masih belum matang, tetapi Moms dapat membantu untuk menggerakkannya. Salah satu caranya dengan memijat perut bayi.

"Pijat bayi adalah cara yang luar biasa dan alami untuk mengatasi ketidaknyamanan perut," kata Anthony M. Loizides, M.D., ahli gastroenterologi anak di Rumah Sakit Anak Montefiore, New York City, mengutip Parents.

"Lakukan 15 menit pijatan bertekanan sedang, beberapa kali pijat wajah, perut, dan anggota badan lainnya," lanjutnya.

Baca Juga: Perut Kembung Pertanda Tubuh Intoleransi Karbohidrat? Begini Penjelasannya

2. Pilih Susu Formula yang Tepat

meredakan sakit perut pada bayi-susu formula

Foto: Orami Photo Stock

Pilih susu formula untuk bayi dengan kandungan yang mudah dicerna dan pastikan tidak akan mengganggu perut sehingga dapat meredakan sakit perut pada bayi.

"Untuk bayi dengan perut mengandung gas, tinja keras atau pucat, atau gangguan pencernaan dengan susu formula, coba formula yang sudah memecah protein susu, sehingga lebih mudah dicerna," saran Amy Lynn Stockhausen, MD, profesor asosiasi pediatri umum dan kedokteran remaja di Universitas Wisconsin.

Ia menambahkan, untuk beberapa bayi, mungkin bisa mencari formula yang mengandung probiotik, karena probiotik dapat membantu menyehatkan pencernaan bayi.

Tetapi sebelum mengganti susu formula tertentu, penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak.

Baca Juga: Sakit Perut Pada Anak: Penyebab, Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

3. Cek Porsi Asupan ASI Si Kecil

meredakan sakit perut pada bayi-menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit perut bayi selanjutnya adalah dengan mengecek porsi asupan ASI. Moms mungkin ingin Si Kecil memiliki berat badan yang sehat. Tetapi, ada baiknya agar tidak memberikan asupan ASI terlalu banyak, yang dapat menjadi penyebab anak sakit perut.

"Suplai berlebih dapat menyebabkan bayi terlalu banyak menelan karena banyaknya udara masuk, menyebabkan perut buncit," kata Janice Montague, M.D., direktur pediatri di Good Samaritan Hospital.

"Perut bayi hanya sebesar kepalan tangannya, jadi hanya berikan sedikit saja," kata Dr. Montague.

Lebih lanjut, ia menyarankan bayi minum ASI setiap dua jam dengan porsi sedikit, ketimbang setiap empat jam dengan jumlah besar. Hal ini menjadi cara lain untuk meredakan sakit perut pada bayi.

Baca Juga: Perut Kembung saat Hamil, Ini 7+ Cara Efektif untuk Mengatasinya!

4. Perhatikan Posisi Bayi Saat Bersendawa

meredakan sakit perut pada bayi-posisi sendawa

Foto: Orami Photo Stock

Memerhatikan posisi Si Kecil saat sendawa bisa jadi obat sakit perut bayi, lho!Jika saat menyusui, bayi tidak bersendawa dalam satu posisi, cobalah posisi yang lainnya. Sering bersendawa saat makan dapat membantu pencernaan Si Kecil.

Sehingga, membuat Si Kecil bersendawa dapat meredakan sakit perut pada bayi. Hal sama juga dilakukan pada bayi yang menggunakan botol.

"Buat bayi bersendawa saat disusui dengan botol setidaknya setiap 3-5 menit. Ini akan memperlambat bayi menelan dan mengurangi jumlah udara yang dihirup," kata Dr. Loizides.

Ia menambahkan, bila Si Kecil menyusui langsung dari payudara, buat ia bersendawa saat mengganti payudara.

Baca Juga: Jangan Panik, Berikut 5 Obat Alami untuk Atasi Sakit Perut Anak

5. Sendawa di Tengah Pemberian ASI

obat sakit perut bayi

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit perut bayi selanjutnya adalah membiarkan Si Kecil sendawa di ketika sedang mengonsumsi ASI. Dengan membiarkannya sendawa, hal tersebut bisa membantu pencernaannya nih, Moms!

Coba saja untuk berhenti menyusui Si Kecil setiap 3-5 menit. Setelah itu Moms bisa membiarkannya untuk sendawa.

Dengan membiarkan Si Kecil sendawa hal tersebut membuat udara yang ia konsumsi jadi semakin kecil. Udara yang hadir di lambung bisa menyebabkan perut tidak nyaman dan sakit, Moms!

6. Jangan Ganggu Si Kecil Ketika Menyusu

obat sakit perut bayi

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk memberikannya waktu sendawa, Moms sebaiknya tidak mengganggu Si Kecil ketika ia sedang menyusu.

Dengan membiarkan Si Kecil fokus dengan aktivitasnya bisa mencegah hadirnya masalah perut.

Cobalah untuk menghindari interupsi, membuat suara yang mengagetkan, membuat cahaya yang terang atau berbagai hal yang membuat perhatiannya teralihkan.

Jadi, obat sakit perut alami yang ini mengharuskan Moms untuk menyusui tanpa adanya distraksi dan keributan, ya.

7. Gunakan Handuk Hangat untuk Mengompres

meredakan sakit perut pada bayi-mandi air hangat

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit perut bayi selanjutnya adalah kompres dengan handuk hangat. Dilansir dari Parents, rasa hangat bisa membantu untuk meringankan rasa sakit pada bayi.

Jika ragu untuk memandikan Si Kecil dengan air hangat, ada baiknya dengan memberikan kompres air hangat dan diletakan di area perut Si Kecil.

Sementara itu, memandikan Si Kecil dengan menggunakan air hangat bisa membantu ia untuk tetap rileks dan menggerakan perutnya.

Namun Moms perlu memerhatikan suhu airnya, ya! Jangan sampai memberikan air dengan suhu yang terlalu panas untuk Si Kecil.

Moms juga bisa menghindari pemakaian popok yang terlalu kencang untuk sementara waktu.

8. Pastikan Asupan Makanan yang Moms Konsumsi

obat sakit perut bayi

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa menjadi penyebab sakit perut pada bayi? Jadi, obat sakit perut bayi selanjutnya adalah dengan memerhatikan asupan yang Moms konsumsi.

Ketika Moms menyusui, Si Kecil akan mendapatkan nutrisi yang Moms konsumsi. Nah, makanan diary adalah penyebab umum yang bisa membuat perut Si Kecil jadi sakit, Moms!

Selain makanan olahan susu, berbagai jenis buah, sayuran hijau terutama brokoli dan tauge, serta bawang putih pun bisa membuat perut Si Kecil menjadi tidak nyaman.

Jadi, dengan kita memilih asupan yang baik bisa menjadi obat sakit perut bayi yang optimal.

9. Tahu Waktu Tepat Mengunjungi Dokter

meredakan sakit perut pada bayi-konsultasi ke dokter

Foto: Orami Photo Stock

Jika tips-tips sederhana ini tidak berhasil dalam meredakan sakit perut pada bayi, Moms dapat menghubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Dr. Loizides mengatakan untuk berhati-hati terhadap gejala-gejala tertentu. Seperti rasa sakit selama atau setelah menyusui, Si Kecil menolak makanan terus-menerus, muntah bentuk darah atau cairan hijau atau kuning, masalah pernapasan atau tersedak.

Nah itu dia berbagai macam obat sakit perut bayi yang bisa Moms terapkan nih. Jangan lupa untuk tidak menyepelekan apapun ya, Moms! Jika sakit perut yang terjadi pada Si Kecil membuatnya terus-terusan rewel, segera periksakan langsung ke dokter!

  • https://www.aafp.org/afp/1999/0401/p1823.html
  • https://www.webmd.com/children/guide/help-child-tummyache#1
  • https://www.parents.com/baby/health/ways-to-stop-babys-fussy-tummy-troubles/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait