Kesehatan

17 Juni 2021

9+ Obat Sakit Pinggang Alami untuk Moms, Salah Satunya Rajin Stretching!

Sebelum memeriksakan ke dokter, mungkin Moms dapat mencoba cara-cara berikut di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sakit pinggang merupakan penyakit yang sangat umum terjadi, khususnya bagi para pekerja kantoran. Nah Moms, kini bisa lho menggunakan obat sakit pinggang yang alami.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), nyeri pinggang merupakan penyebab paling umum dari kecacatan terkait pekerjaan.

Sakit pinggang biasa terjadi pada seseorang yang berumur 30 - 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada tubuh karena penuaan.

Saat kita bertambah tua, ada pengurangan dalam isi cairan antara tulang belakang di tulang belakang.

Namun, sebagian besar juga terjadi karena hasil cedera, seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba atau mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.

Nah, apa saja obat sakit pinggang yang bisa dilakukan sendiri di rumah dan mudah didapatkan? Simak informasi di bawah ini yuk, Moms!

Baca Juga: Mengenal Displasia Pinggul Pada Bayi

Obat Sakit Pinggang yang Murah dan Mudah

Nah, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk menjadi obat sakit pinggang yang mengganggu. Bisa Moms terapkan untuk diri sendiri maupun keluarga dengan keluhan pinggang yang nyeri.

1. Kompres Dingin

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

“Kompres dingin adalah langkah pertama yang bisa dilakukan ketika ada pembengkakan atau peradangan pada area pinggang. Cara ini dapat mengurangi bengkak,” kata E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, profesor terapi fisik di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

Lakukan kompres dingin selama 2-3 hari bisa jadi obat sakit pinggang yang murah dan mudah.

Namun, jangan aplikasikan es langsung pada kulit, Moms bisa bungkus es dengan handuk atau kantong es supaya kulit tidak terluka atau iritasi.

Setelah 2-3 hari melakukan kompres dingin secara rutin, Moms dapat mengganti dengan kompres hangat.

Kompres hangat berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melemaskan otot. Jika rasa sakit tidak berkurang dan terus berlanjut, langsung periksakan pada dokter.

2. Rutin Berolahraga

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

“Tulang belakang kita seperti bagian tubuh kita yang lain, mereka diciptakan untuk bergerak," kata Anne. Meski kadang pinggang terasa nyeri, Moms tetap dianjurkan untuk terus melakukan aktivitas harian.

Olah raga dapat menjadi obat sakit pinggang yang bisa Moms lakukan dimana saja dan kapan saja.

Jangan langsung bergerak aktif atau melakukan aktivitas berat. Moms bisa memualainya dengan jalan perlahan, berenang, maupun jogging.

Setelah rasa nyeri terasa lebih baik, coba lakukan latihan aerobik rutin seperti berenang, bersepeda, atau berjalan santai. Dengan olahraga ringan dan teratur, rasa sakit pinggang dapat diminimalisir untuk mencegah kekakuan terjadi kembali.

Namun penting diingat, jangan berlebihan dalam berolahraga. Tidak perlu lari maraton saat pinggang sedang sakit. Bukannya menjadi obat sakit pinggang, tetapi malah memperparahnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

3. Jaga Berat Badan

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Cara lain untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan menjaga berat badan. Semakin badan berat maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menyokong berat badan tersebut.

Menjaga berat badan tidak hanya dapat menjaga kesehatan, tetapi juga obat sakit pinggang yang ampuh.

Karena kelebihan berat badan dapat membuat tekanan pada area pinggang, dan menjadi penyebab sakit pinggang.

Moms perlu menjaga berat badan supaya lebih ideal, untuk mencegah sakit pinggang menjadi lebih buruk.

4. Lakukan Stretching

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Jangan hanya duduk dan tidur seharian yuk, Moms! Bangun dan lakukan stretching 20 menit sehari untuk melenturkan otot serta tulang-tulang.

Stretching bisa jadi obat sakit pinggang jika sering dilakukan di sela-sela waktu, terutama setelah terlalu lama duduk dan tidur.

“Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu hanya duduk di depan komputer untuk bekerja. Mereka cenderung membungkuk dan menitikberatkan beban pada area pinggang. Padahal penting untuk berdiri dan meregang ke belakang sesekali," kata Anne.

Beberapa orang diketahui terbebas dari nyeri punggung dan pinggang dengan melakukan yoga secara teratur. Moms dapat mencobanya nih!

5. Perhatikan Postur Tubuh

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Duduk dengan postur bungkuk, atau berdiri tidak tegap bisa membuat pinggang lebih sulit menopang berat badan kita. Coba untuk berdiri atau berjalan dengan postur tegap, dan duduk dengan posisi lurus tanpa membungkuk, bisa jadi obat sakit pinggang lho, Moms.

Jika kebiasaan jelek ini terus dilakukan, Moms pasti akan merasa sakit pinggang di kemudian hari.

Hati-hati juga dengan postur saat mengangkat benda berat. Jangan pernah membungkuk dari pinggang!

Cobalah untuk berjongkok jika ingin mengambil sesuatu. Hal ini bertujuan supaya tidak ada cedera pinggang.

Baca Juga: Bumil Harus Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

6. Kenakan Sepatu Hak Rendah

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

High heels, dapat membuat postur tubuh menjadi lebih tidak stabil, dan menitikberatkan tekanan pada tulang belakang bagian bawah.

Tukarkan sepatu high heels dengan flat atau heels rendah (kurang dari 2,5 cm) untuk menjadi obat sakit pinggang yang ampuh.

Mungkin saja penyebab utama dari sakit pinggang yang tak kunjung reda adalah sepatu hak tinggi yang dikenakan sehari-hari.

7. Ubah Gaya Hidup

Mengatasi Sakit Pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Perubahan gaya hidup penting lainnya untuk dicoba adalah berhenti merokok. Nikotin secara ilmiah dikenal memperburuk rasa sakit dan memperlambat penyembuhan.

Jika Moms sudah melakukan pengobatan tapi masih tetap memiliki gaya hidup yang buruk, jangan heran jika rasa sakit kerap muncul kembali atau tidak sembuh-sembuh.

Baca Juga: Bahayanya Sering Membawa Tas di Satu Sisi Bahu

8. Terapi Fisik

fisioterapi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak perlu ke dokter dan memerlukan obat-obatan berbahan kimia, obat sakit pinggang satu ini hanya perlu latihan fisik untuk memperbaiki postur pinggang.

Terapis fisik dapat mengajari Moms cara duduk, berdiri, dan bergerak dengan cara yang membuat tulang belakang sejajar dengan benar dan mengurangi ketegangan pada punggung dan pinggang.

Studi menunjukkan bahwa ketika Moms meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan, sakit pinggang akan dapat berkurang, walau membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Jika Moms suka pijat, terapi satu ini termasuk dalam obat sakit punggung yang mudah. Tapi perlu diingat, tetap menggunakan bantuan profesional ya.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa satu pijatan mingguan selama periode 10 minggu, berfungsi untuk mengatasi orang dengan sakit pinggang kronis.

Dilakukan oleh spesialis berlisensi, perawatan ini juga dapat membantu meringankan masalah struktural tulang belakang dan mengembalikan mobilitas yang hilang.

9. Menggunakan Krim Pereda Nyeri

Sakit pinggang sebelah kanan

Foto: Orami Photo Stock

Krim atau salep pereda nyeri dapat membantu saat pinggang terasa kaku, sakit, dan tegang. Tidak perlu ke dokter, obat sakit pinggang ini dijual bebas dan Moms dapat menemukannya dengan mudah di apotek maupun minimarket.

Banyak dari produk ini mengandung bahan-bahan seperti mentol, kapur barus, atau lidokain yang dapat mendinginkan, memanaskan, atau mematikan rasa di daerah yang terasa nyeri.

Oleskan krim tepat di tempat pada pinggang yang sakit. Mintalah bantuan seseorang untuk menggunakannya jika Moms kesulitan mencapai tempat itu.

10. Gunakan Gulungan Handuk

hotel-towel-shampoo-soap-bath-bottle-set-white-bed-with-plumeria-flower-decorated-relax-vacation-hotel-resort-concept.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Handuk yang digulung bisa menjadi obat sakit punggung yang mudah dan tentu saja murah serta aman.

Moms hanya perlu meletakkannya di bawah pinggang saat sedang dalam posisi berbaring. Biarkan pinggang menjadi rileks di atas handuk dan bantu meregangkan ketegangan di punggung bawah.

Jika beberapa cara mengatasi sakit pinggang sudah Moms lakukan, tapi tidak kunjung membaik setelah 2-3 minggu, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter.

Penjepit punggung terkadang dapat membantu, terutama setelah cedera atau operasi. Tapi alat tersebut tidak dimaksudkan untuk dipakai terlalu sering atau terlalu lama.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Sakit Punggung Sebelah Kiri, Ini Penyebabnya!

Bisa jadi sakit pinggang yang Moms rasakan merupakan penyakit lain yang lebih serius. Terutama jika sakit pinggang yang dirasakan hanya terasa pada satu sisi saja, antara pinggang kiri atau pinggang kanan.

Moms juga bisa mengatasi sakit pinggang dengan mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan. Tetapi tanyakan kepada dokter Moms dahulu, apakah suplemen dapat membantu.

Karena banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan berbagai sakit tulang, salah satunya pada pinggang.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait