Kesehatan Umum

18 Agustus 2021

Dari Resep Dokter Hingga yang Alami, Ini Daftar Obat Susah BAB

Mulai dari obat resep dokter hingga obat alami, semuanya kemungkinan efektif untuk atasi BAB
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Sembelit adalah salah masalah pencernaan yang sering terjadi bisa memengaruhi orang-orang dari segala usia. Tidak heran Moms mungkin juga membutuhkan obat susah BAB.

Sebelum menggunakan obat susah BAB, biasanya saat anggota keluarga ada yang mengalami konstipasi, Moms akan mengobatinya di rumah dengan perubahan sederhana pada pola makan dan gaya hidup.

Namun, jika sembelit yang terjadi gejalanya cukup mengganggu, maka Moms perlu menemui dokter untuk mendapatkan obat susah BAB.

Mengutip National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, seseorang dikatakan mengalami sembelit jika memiliki beberapa gejala seperti:

  • Buang air besar kurang dari tiga kali per minggu.
  • Feses keras, kering, atau menggumpal.
  • Kesulitan atau nyeri saat buang air besar.
  • Merasa buang air besar belum tuntas.

Namun, orang dapat memiliki pola buang air besar yang berbeda, dan hanya Moms yang tahu apa yang normal. Sembelit bukanlah penyakit, tetapi mungkin merupakan gejala dari masalah medis lainnya.

Dan kondisi ini bisa berlangsung dalam waktu singkat atau lama.

Ingat Moms, sembelit dapat berdampak negatif dan cukup serius pada kualitas hidup,. Kondisi ini tak hanya mengganggu kesejahteraan fisik, tetapi juga bisa memengaruhi kesehatan mental.

Untungnya ada banyak cara untuk membantu meredakan sembelit, mulai dari pengobatan mengikuti resep dokter hingga pengobatan alami yang sudah didukung oleh sains.

Yuk simak berbagai cara mengatasi sulit buang air dan juga obat susah BAB melalui ulasan berikut ini!

Baca Juga: Bayi Susah Buang Air Besar? Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Beberapa Obat Susah BAB Sesuai Resep Dokter

Beberapa Obat Susah BAB Sesuai Resep Dokter

Foto: verywellhealth.com

Ada beberapa obat susah BAB yang mungkin akan diresepkan dokter, dan kebanyakan obat ini masuk dalam obat pencahar. Beberapa obat ini juga akan bekerja dengan cara yang berbeda.

Mengutip Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa obat yang mungkin tersedia tanpa atau dengan resep dokter:

1. Suplemen Serat

Suplemen serat akan membuat feses yang besar menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan. Suplemen serat termasuk psyllium, kalsium polycarbophil, dan methylcellulose.

2. Stimulan Usus

Stimulan usus bisa termasuk bisacodyl dan sennosides yang dapat menjadi obat susah BAB. Obat ini akan bekerja dengan cara membuat usus berkontraksi.

Baca Juga: 13 Bahan yang Bisa Moms Jadikan Obat Sakit Perut Alami

3. Osmotik

Obat susah BAB ini adalah jenis obat pencahar yang bekerja dengan cara membantu kotoran bergerak melalui usus besar dengan meningkatkan sekresi cairan dari usus dan membantu merangsang pergerakan usus.

Contoh jenis obat ini adalah magnesium hidroksida oral, magnesium sitrat, laktulosa, dan polietilen glikol.

4. Pelumas Usus

Pelumas usus seperti minyak mineral akan memungkinkan feses bergerak melalui usus besar dengan lebih mudah. Beberapa jenis obat susah BAB ini juga biasanya akan disuntikan ke anus melalui tabung khusus.

5. Pelunak Feses

Pelunak feses seperti docusate sodium dan docusate calcium melembapkan feses dengan menarik air dari usus. Ini juga dapat menjadi obat susah BAB.

Baca Juga: Cara Mengatasi Buang Air Besar Keras Pada Anak

6. Enema dan Suppositoria

Enema air keran dengan atau tanpa busa sabun dapat berguna untuk melunakkan tinja dan menyebabkan buang air besar. Supositoria gliserin atau bisacodyl juga membantu mengeluarkan feses dari tubuh dengan memberikan pelumasan dan stimulasi.

Jika obat susah BAB yang dijual bebas di atas tidak membantu sembelit kronis yang Moms alami, maka dokter mungkin merekomendasikan obat resep, terutama jika Moms memiliki sindrom iritasi usus besar. Obat tersebut antara lain:

7. Obat yang Menarik Air ke dalam Usus

Ada sejumlah obat susah BAB dengan resep yang tersedia untuk mengobati sembelit kronis seperti misalnya Lubiprostone, linaclotide dan plecanatide, yang akan bekerja dengan menarik air ke dalam usus dan mempercepat pergerakan tinja.

Baca Juga: Sembelit pada Bayi, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya!

8. Reseptor Serotonin 5-Hydroxytryptamine 4

Salah satu jenis obat susah BAB jenis ini adalah prucalopride, yang akan bekerja dengan cara membantu memindahkan tinja melalui usus besar.

9. Antagonis Reseptor Mu-Opioid yang Bekerja secara Perifer (PAMORA)

Jika sembelit disebabkan oleh obat nyeri opioid, PAMORA seperti naloxegol dan methylnaltrexone akan membalikkan efek opioid pada usus bisa menjaga usus tetap bergerak.

Dalam kasus yang sangat parah dan tidak merespon akan obat susah BAB yang sudah diresepkan dokter, pembedahan dapat menjadi pilihan. Biasanya tindakan ini dilakukan untuk kasus sembelit yang disebabkan oleh penyumbatan, rektokel, atau penyempitan.

Sementara bagi mereka yang telah mencoba pengobatan lain tanpa hasil dan yang memiliki pergerakan tinja yang lambat secara tidak normal melalui usus besar, operasi pengangkatan sebagian dari usus besar dapat menjadi pilihan.

Meski pembedahan untuk mengangkat seluruh usus besar sangat jarang dilakukan.

Baca Juga: 4 Gejala Konstipasi Balita yang Sering Diremehkan Orang Tua

Obat Susah BAB Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pengobatan Alami Atasi Susah BAB yang Bisa Dilakukan di Rumah

Foto: livehappy.com

Sementara itu, beberapa obat susah BAB alami yang bisa Moms lakukan antara lain:

1. Minum Air Putih

Dehidrasi secara teratur bisa membuat seseorang mengalami sembelit. Untuk mencegah hal ini, penting untuk minum cukup air dan tetap terhidrasi sebagai obat susah BAB alami.

Ketika seseorang mengalami sembelit, mereka mungkin merasa lega dengan meminum air berkarbonasi (bersoda). Ini dapat membantu mereka mengembalikan cairan tubuh dan membuat sistem pencernaan kembali bergerak.

Mengutip European Journal of Gastroenterology and Hepatology juga menemukan bahwa air soda lebih efektif daripada air putih dalam meredakan sembelit. Ini termasuk pada orang dengan gangguan pencernaan, atau dispepsia, dan orang dengan sembelit idiopatik kronis.

Namun, minum minuman berkarbonasi seperti soda manis juga bukanlah ide yang baik bagi beberapa orang, karena minuman ini dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya dan dapat memperburuk sembelit.

Apa yang terpenting adalah mencegah dehidrasi dan memastikan untuk minum cukup air setiap hari.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Buang Air Besar yang Perlu Moms Ketahui

2. Makan Serat Lebih Banyak Serat

Untuk mengatasi sembelit, dokter sering meminta orang untuk meningkatkan asupan serat makanannya sebagai obat susah BAB alami.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ini karena meningkatkan asupan serat meningkatkan massa dan konsistensi gerakan usus, sehingga membuat kotoran lebih mudah untuk dikeluarkan. Ini juga membantu mereka melewati sistem pencernaan lebih cepat .

Selain itu, ada fakta juga yang menemukan bahwa 77 persen orang dengan sembelit kronis mendapat manfaat dari suplemen serat. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan serat sebenarnya dapat memperburuk masalah.

Sementara, yang lain melaporkan bahwa serat makanan meningkatkan frekuensi tinja tetapi mungkin tidak membantu gejala sembelit lainnya, seperti konsistensi tinja, nyeri, kembung, dan gas.

Ini karena jenis serat makanan yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada pencernaan.

Ada banyak serat makanan yang berbeda, tetapi secara umum, semuanya terbagi dalam dua kategori: serat tidak larut dan serat larut.

  • Serat Tidak Larut. Serat jenis ini hadir dalam gandum, sayuran, dan biji-bijian. mereka akan menambah massa pada tinja dan dapat membantunya keluar lebih cepat dan mudah melalui sistem pencernaan.
  • Serat Larut. Serat jenis ini hadir dalam gandum, jelai, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, dan kacang polong, serta beberapa buah dan sayuran. Ia akan menyerap air dan membentuk pasta seperti gel, yang melembutkan kotoran dan meningkatkan konsistensinya.

Mengutip Journal of American Association of Nurse Practitioners, menyebutkan bahwa serat larut yang tidak dapat difermentasi, seperti psyllium, adalah pilihan terbaik untuk mengobati sembelit.

Serat jenis ini bahkan dinilai 3,4 kali lebih efektif daripada gandum yang tidak larut untuk mengatasi susah BAB.

Namun untuk mencegah sembelit, orang harus mengonsumsi campuran serat larut dan tidak larut. Total asupan serat yang direkomendasikan per hari adalah 25 gram (g) untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

3. Berolahraga Lebih Banyak

berjalan kaki dengan cepat mengatasi sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Berbagai penelitian seperti Scandinavian Journal of Gastroenterology telah melaporkan bahwa olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit dan bisa menjadi obat susah BAB alami.

Penelitian ini telah mengaitkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dengan peningkatan risiko sembelit. Karena itu, beberapa ahli kesehatan merekomendasikan untuk meningkatkan olahraga agar feses di dalam usus juga bisa ikut bergerak.

Meskipun demikian, tidak semua penelitian setuju bahwa olahraga dapat mengatasi sembelit. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

Penelitian lain telah melaporkan bahwa meskipun olahraga tidak selalu meningkatkan frekuensi orang BAB, namun hal ini mengurangi beberapa gejala dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Pada pengidap infeksi usus, olahraga sedang seperti jalan cepat dapat memperbaiki gejala pencernaan dan tingkat kualitas hidup.

Namun, olahraga berat seperti jogging dapat memperburuk gejala bagi beberapa orang. Jadi, cobalah melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan biasa, berenang, bersepeda, atau jogging untuk mengetahui apakah itu membantu melancarkan susah BAB yang kamu alami.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak, Gampang Kok!

4. Minum Kopi

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi dapat menjadi obat susah BAB yang ampuh. Mengutip World Journal of Gastroenterology, ini karena kopi merangsang otot di sistem pencernaan.

Faktanya, satu penelitian tahun 1998 menemukan bahwa kopi berkafein dapat merangsang usus dengan cara yang sama seperti saat makan. Efek ini 60 persen lebih kuat dari air minum dan 23 persen lebih kuat dari minum kopi tanpa kafein.

Kopi juga mungkin mengandung sedikit serat larut yang membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri usus. Konon, kualitas kafein yang merangsang usus mungkin lebih kuat pada orang dengan gangguan infeksi usus.

5. Makanan dengan Probiotik sebagai Obat Susah BAB Alami

Probiotik dapat membantu mencegah sembelit kronis dan menjadi obat susah BAB alami. Probiotik adalah bakteri hidup menguntungkan yang secara alami ada di usus. Mereka termasuk Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Beberapa orang yang mengalami sembelit kronis memiliki ketidakseimbangan bakteri di ususnya. Mengkonsumsi lebih banyak makanan probiotik dapat membantu meningkatkan keseimbangan ini dan mencegah sembelit.

Mengutip jurnal yang dipublikasikan Frontiers in Medicine pada yang diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama 2 minggu dapat membantu mengobati sembelit, meningkatkan frekuensi tinja, dan konsistensi tinja.

Makanan probiotik juga dapat membantu mengobati sembelit dengan cara memproduksi asam lemak rantai pendek. Ini dapat meningkatkan gerakan usus, membuatnya lebih mudah untuk buang air besar.

Sebagai alternatif, cobalah suplemen probiotik atau mengonsumsi makanan seperti yogurt atau kimchi.

6. Konsumsi Mi Shirataki

mie shirataki untuk mengatasi sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Mi shirataki juga dikenal sebagai makanan yang baik untuk jadi obat susah BAB alami. Ini karena mi shirataki mengandung glukomanan yang merupakan salah satu jenis serat larut dari akar tanaman konjak.

Mengutip Journal of Family Medicine and Primary Care, disebutkan bahwa mi shirataki sangat efektif melawan sembelit.

Selain meningkatkan pergerakan usus, glukomanan dapat bertindak sebagai prebiotik untuk meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Moms bisa mendapatkan glukomanan dari suplemen atau dengan makan mi atau beras shirataki.

Baca Juga: Gejalanya Terlihat Sama, Ini Perbedaan Flu Perut dan Keracunan Makanan, Jangan Terbalik!

7. Makan Buah Plum

Buah plum adalah pencahar alami sehingga dapat menjadi salah satu obat susah BAB yang bisa Moms pilih.

Selain serat, plum mengandung sorbitol, yakni gula alkohol yang memiliki efek pencahar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa buah plum mungkin lebih efektif dalam mengatasi sembelit daripada serat seperti psyllium.

Dosis efektif mungkin sekitar 50 gram atau tujuh buah plum sedang, yang bisa Moms olah menjadi jus dan dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.

8. Minum Jus Lemon

Obat susah BAB lainnya ialah jus lemon. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu merangsang sistem pencernaan dan juga dapat membuang racun dari tubuh. Minuman ini bertindak sebagai pereda sembelit alami.

Moms dapat mengambil segelas air dan memeras jus lemon segar ke dalamnya setiap pagi atau menambahkan lemon ke teh. Ini adalah obat rumahan yang ideal untuk mengatasi sembelit dan bahkan dapat meningkatkan pencernaan dalam jangka panjang.

9. Minyak Zaitun

minyak zaitun untuk sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Mengkonsumsi satu sendok teh minyak zaitun di pagi hari dengan perut kosong dapat mendorong tinja keluar melalui usus.

Melansir Bladder & Bowel Community, minyak zaitun bertindak sebagai pelumas dalam sistem pencernaan yang berarti lebih mudah bagi makanan padat untuk melewatinya. Minyak zaitun juga melunakkan tinja yang membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Sembelit!

10. Jahe

Jahe dikenal sebagai ramuan yang menyebabkan bagian dalam tubuh menghasilkan lebih banyak panas. Jahe yang dicampur dengan air panas akan membantu merangsang pencernaan dan juga dapat meredakan sembelit secara instan. Moms mungkin bisa mencobanya ketika mengalami sulit buang air besar.

11. Akupresur

Akupresur adalah praktik penyembuhan tradisional yang melibatkan penerapan tekanan jari ke titik-titik akupunktur tertentu pada tubuh.

Poin yang sering direkomendasikan oleh ahli akupunktur untuk sembelit adalah "Usus Besar 4". Meskipun belum dipelajari untuk sembelit, ini adalah pengobatan rumahan sederhana yang mungkin berhasil bagi sebagian orang.

Moms bisa melakukan akupresur sebagai obat susah BAB dengan menggunakan ibu jari atau jari tengah pada sudut 90 derajat ke kulit dan berikan tekanan yang meningkat secara bertahap. Tahan selama tiga menit.

Itulah beberapa obat susah BAB yang bisa Moms pilih, mulai dari obat tanpa resep, dengan resep dokter, hingga pengobatan alami.

Apa yang paling penting adalah selalu mendiskusikan dengan dokter saat Moms atau anggota keluarga lain mengalami susah BAB, karena dokter yang paling paham bagaimana cara mengatasi susah BAB dengan lebih aman.

  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation/definition-facts
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/diagnosis-treatment/drc-20354259
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12352219/
  • https://jandonline.org/article/S2212-2672(15)01386-6/fulltext
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31764399
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30843436/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6379309/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6259526/
  • https://www.verywellhealth.com/constipation-remedies-89088
  • https://www.seniority.in/blog/15-natural-home-remedies-for-constipation/
  • https://www.bladderandbowel.org/bowel/bowel-treatments/8-methods-encourage-bowel-movement/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1365-2036.2011.04594.x
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait