Kesehatan

27 April 2021

Tak Usah Bingung, Ini Obat Tetes Mata untuk Mata Kering dan Mata Merah

Obat tetes mata juga dapat mengobati berbagai masalah mata.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah familiar dengan obat tetes mata?

Ya, jenis obat luar ini sering digunakan untuk mengatasi mata merah, iritasi, menghilangkan debu dan kotoran, hingga meredakan mata kering.

Selain itu, obat tetes mata juga dapat mengobati berbagai masalah mata. Misalnya, untuk mengobati infeksi, cedera mata ringan, hingga kondisi yang lebih serius seperti glukoma.

Bagi sebagian orang, obat tetes mata adalah obat wajib yang harus dibawa kemana pun dan kapan pun. Bentuknya yang kecil dan ringan menjadikan obat tetes mata jadi salah satu hal penting saat bepergian.

Namun, meskipun obat mata secara umum tidak memiliki efek samping yang membahayakan, tapi penting bagi Moms untuk mengetahui fungsi obat mata ketika mengalami permasalahan mata merah dan mata kering.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan obat tetes mata yang baik dan benar agar manfaat yang diharapkan bisa dirasakan secara maksimal.

Baca Juga: Mata Perih dan Merah, Bisa Jadi Terkena Dry Eyes!

Penyebab dan Obat Tetes Mata Merah

obat tetes mata

Foto: Orami Photo Stock

Mata merah terjadi ketika pembuluh darah di area mata membengkak atau teriritasi. Mata merah juga sebagai indikasi adanya beberapa masalah kesehatan pada mata. Meski begitu, biasanya mata merah tidak disebabkan oleh permasalahan serius atau darurat.

Tapi, Moms harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata apabila merasakan mata kemerahan disertai nyeri, rasa terbakar, hingga penglihatan kabur. Hal ini dilakukan agar segera memperoleh perawatan yang tepat.

Penyebab Mata Merah

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami mata merah. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini sejumlah hal yang menyebabkan mata merah.

Iritasi

Sejumlah iritasi dapat menyebabkan pembuluh pada bagian mata meradang, beberapa penyebab mata merah karena iritasi ialah:

  • Udara kering
  • Paparan sinar matahari
  • Debu
  • Reaksi alergi
  • Masuk angin
  • Infeksi bakteri atau virus
  • Batuk
  • Mata lelah
  • Perdarahan subkonjungtiva yakni kondisi yang memungkinkan timbulnya bercak darah di salah satu area mata dan akan hilang dalam waktu 7-10 hari.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Mata Merah pada Anak

Infeksi Mata

Selain iritasi, menurut jurnal berjudul Diagnosis and Management of Red Eye in Primary Care, penyebab mata merah juga bisa dikarenakan infeksi.

Infeksi dapat terjadi pada struktur mata yang berbeda dan biasanya menghasilkan gejala tambahan seperti nyeri, keluarnya cairan, atau perubahan pada penglihatan. Infeksi yang dapat menyebabkan mata merah meliputi:

  • Radang folikel bulu mata atau blepharitis
  • Radang selaput yang melapisi bulu mata atau konjungtivitis atau mata merah muda
  • Bisul yang menutupi mata atau ulkus kornea
  • Radang uvea atau uveitis
  • Trauma atau cedera mata
  • Peningkatan tekanan mata yang menyebabkan nyeri atau glukoma akut
  • Goresan pada kornea yang disebabkan oleh iritan atau penggunaan lensa kontak berlebihan
  • Peradangan pada bagian putih mata atau skleritis
  • Bintit kelopak mata
  • Masalah pendarahan
  • Rheumatoid Arthritis (RA)
  • Penggunaan ganja

Obat Tetes Mata untuk Mata Merah

Jika mata kemerahan yang dialami tidak menyebabkan pandangan kabur atau diikuti dengan gejala serius, bisa menggunakan pengobatan berupa obat tetes mata tanpa resep dokter untuk gejala ringan dan sedang.

Melansir dari Medical News Today, beberapa jenis kandungan obat tetes mata untuk mata kemerahan ialah:

Naphazoline

Basanya ditemukan dalam obat tetes mata sejenis Clear Eyes Itchy Eye Relief. Naphazoline adalah dekongestan yang dapat mengobati kemerahan yang disebabkan oleh reaksi alergi dan iritasi ringan.

Produk yang mengandung naphazoline tersedia secara luas dan dapat dibeli di apotek terdekat.

Tetrahydrozoline

Biasanya ditemukan dalam obat tetes Visine. Tetrahydrozoline adalah dekongestan yang, seperti naphazoline, membersihkan kemerahan yang disebabkan oleh alergi, kelelahan, dan iritasi.

Obat Tetes Pelumas Mata

Sebagian obat tetes mata mengandung lipid untuk meniru air mata asli sebagai cara melembabkan dan meredakan mata merah.

Namun, penggunaan obat tetes pelumas mata masih menimbulkan perdebatan di antara tenaga medis karena mengandung pengawet yang tidak aman untuk mata.

Tetapi, ada juga obat tetes pelumas mata yang tidak mengandung pengawet dan dapat dibeli di apotek terdekat.

Baca Juga: Ini Dia Cara Alami Untuk Mengurangi Mata Kering!

Penyebab dan Obat Tetes Mata Kering

Mata-Kering

Foto: Orami Photo Stock

Mata kering merupakan salah satu penyakit mata yang sering dialami seseorang. Kondisi tersebut terjadi karena banyak faktor, salah satunya karena proses penuaan atau gejala penyakit yang lebih serius.

Selain itu, efek samping dari obat-obatan seperti antihistamin juga bisa menyebabkan mata kering.

Penyebab Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan oleh banyak hal, beberapa di antaranya ialah masalah lingkungan, masalah medis yang mendasari, atau akibat pengobatan. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut mengenai penyebab mata kering!

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan mata kering antara lain udara kering, debu, menatap layar dalam waktu lama, dan terkena bahan iritan lainnya.

Jika faktor lingkungan secara langsung bertanggung jawab atas terjadinya mata kering, maka mengobati mata kering bisa menggunakan obat tetes mata atau resep dokter.

Faktor Penyakit

Bagi sebagian orang, mata kering diakibatkan oleh permasalahan infeksi atau medis yang lebih serius.

Dalam hal ini, mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu dan mengakibatkan mata kering maka harus menjalani pengobatan untuk penyakit yang mendasari. Tapi, penggunaan obat tetes mata akan mengurangi salah satu gejalanya.

Efek Samping Obat-obatan

Penyebab lain dari mata kering adalah efek samping dari pengobatan yang diminum. Penggunaan obat tetes mata dapat digunakan untuk membantu mengurangi terjadinya mata kering.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Mata Kering Anak

Obat Tetes Mata untuk Mata Kering

Obat tetes mata menjadi metode paling disukai untuk mengobati mata kering. Ada berbagai jenis obat tetes mata yang dijual di pasaran dan direkomendasikan oleh para dokter untuk mengobati mata kering.

Nah, berikut ini jenis-jenis obat tetes mata khusus untuk mengoabati mata kering yang bisa Moms jadikan referensi melansir dari The U.S. Food and Drug Administration.

Siklosporin

Siklosporin adalah obat tetes mata resep yang dirancang untuk membantu mengobati infeksi tertentu yang menyebabkan mata kering. Obat ini membantu mata menghasilkan lebih banyak air mata. Siklosporin dapat diteteskan sebanyak dua kali sehari.

Lifitegrast

Lifitegrast adalah jenis obat tetes mata yang mengandung antagonis integrin molekul kecil dan berfungsi untuk mengurangi inflamasi yang dimediasi oleh sel T. Obat tetes ini hanya tersedia melalui resep dokter.

Obat Tetes Serum Darah Autologus

Tetes serum darah autologus adalah obat tetes mata yang dibuat dari darah pasien. Obat tetes mata jenis ini digunakan dalam kasus yang parah di mana mata kering pasien tidak merespons obat tetes atau pengobatan lain.

obat tetes ini dibuat dengan mengambil sampel darah orang tersebut, membuang sel darah merahnya, dan menambahkan larutan garam.

Meskipun demikian, dalam beberapa kasus, obat tetes mata saja tidak cukup untuk mengobati mata kering. Pengobatan alternatif dan sesuai resep dokter dianjurkan untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Biarkan Mata Kering, Ini Akibat yang Bisa Diderita

Itulah serba serbi obat tetes mata, jenis, dan penggunaannya. Obat tetes mata apa yang biasanya Moms lakukan untuk meredakan mata merah dan mata kering?

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/315681#types
  • https://www.healthline.com/health/eye-redness#seeing-a-doctor
  • https://www.healthline.com/health/eye-health/how-to-get-rid-of-red-eyes#_noHeaderPrefixedContent
  • https://www.healthline.com/health/general-use/how-to-use-eye-drops
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/313606#what-is-red-eye
  • https://www.fda.gov/medical-devices/contact-lenses/contact-lens-solutions-and-products
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait