Program Hamil

22 Juni 2021

6 Tips Memilih Obgyn yang Tepat, Nomor 6 Sering Dilupakan!

Mengetahui cara efektif untuk mendapatkan obgyn yang cocok dan terbaik.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Memilih obgyn yang tepat bisa membuat Moms merasa aman dan nyaman selama masa kehamilan. Obgyn sendiri memiliki tugas untuk melakukan pemeriksaan yang bersifat preventif, memberikan saran untuk KB, membantu Moms melewati pemeriksaan saat masa kehamilan, atau memberikan bantuan ketika mengalami permasalahan selama menopause.

Jasa obgyn sendiri sangat diperlukan untuk merasa aman terlebih di masa kehamilan. Namun mendapatkan obgyn yang cocok bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, Moms!

Menemukan obgyn yang dekat dengan rumah dan juga cocok bukanlah sebuah hal yang mudah. Terlebih melahirkan adalah proses yang bisa menjadi pertaruhan nyawa.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang-orang dengan kulit hitam, native American dan perempuan Alaskan sendiri memiliki risiko meninggal karena masalah yang terjadi saat kehamilan 2-3 kali lipat lebih banyak ketimbang perempuan kulit putih.

Sebuah studi yang berjudul Vital Signs: Pregnancy-Related Deaths, United States, 2011–2015, and Strategies for Prevention, 13 States, 2013–2017 menunjukkan bahwa masalah terbesar yang dihadapi oleh perempuan yang memiliki ras di atas adalah sulitnya akses untuk mendapatkan akses kesehatan dengan kualitas yang baik ketika hamil.

Berikut tips memilih obgyn yang baik agar Moms tidak merasa kecewa nantinya!

Baca Juga: 9 Jenis Olahraga Persiapan Persalinan Normal Agar Lebih Lancar, Catat!

Tips Memilih Obgyn yang Tepat Agar Cocok hingga Melahirkan

obgyn

Foto: Orami Photo Stock

Memilih obgyn yang cocok bukanlah hal yang mudah. Terkadang, meski obgyn tersebut memiliki pengetahuan yang luas, namun mungkin Moms kurang berkenan dengan caranya berkomunikasi. Ya, ketidakcocokan memang bisa dilihat dari berbagai macam aspek.

Karenanya, cobalah utnuk memilih obgyn yang tepat demi mendapatkan akses kesehatan yang terbaik dan Moms pun bisa nyaman berdiskusi dan melakukan pemeriksaan dari mulai masalah seksualitas, awal kehamilan hingga melahirkan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih obgyn yang tepat!

1. Cari Rekomendasi

Untuk memulai, cobalah untuk mencari rekomendasi dari dokter yang sering Moms kunjungi. Mencari di internet atau bertanya pada keluarga dan juga teman mengenai obgyn yang baik pun bisa dilakukan.

Janganlah terburu-buru, Moms. Mencari obgyn yang cocok memerlukan riset yang mendalam. Untuk meyakinkan diri sebelum memilih, Moms bisa membuat janji pemeriksaan untuk mengetahui kecocokan Moms dengan obgyn tersebut.

Dilansir dari studi yang berjudul Racism, African American Women, and Their Sexual and Reproductive Health: A Review of Historical and Contemporary Evidence and Implications for Health Equity, ketika pereouan tidak bisa mendapatkan akses kesehatan mengenai reproduksi dan kesehatan seksualnya, hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, pastikan obgyn yang Moms pilih berkualitas dan cocok untuk berdiskusi, ya!

Baca Juga: 9 Jenis Olahraga Persiapan Persalinan Normal Agar Lebih Lancar, Catat!

2. Kenyamanan Adalah Nomor 1

Ketika melakukan pencarian obgyn atau dokter kandungan yang cocok, Moms perlu memiliki pilihan. Nah, seperti yang sudah disebutkan di awal, cobalah untuk membuat janji agar Moms bisa menilai tingkat kecocokannya.

Jangan terburu-buru, pikirkalnlah mana dokter kandungan yang bisa membuat Moms nyaman ketika Moms mengajukan pertanyaan. Apakah obgyn tersebut bisa menjawab pertanyaan dengan sabar dan juga lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah kejelasan dokter kandungan tersebut ketika memberikan informasi. Memiliki pemahaman dan tujuan yang sama juga bisa berpengaruh pada kepuasan Moms.

3. Jenis Kelamin Obgyn

obgyn

Foto: Orami Photo Stock

Tadi sudah dijelaskan, bahwa sebenarnya obgyn laki-laki atau perempuan bukanlah sebuah masalah. Meski demikian, Moms pun memiliki hak untuk mempertimbangkannya kembali.

Ya, lagi-lagi masalah kenyamanan, Moms. Ketika Moms sudah memilih dokter kandungan, Moms diwajibkan untuk berdiskusi secara terbuka mengenai informasi yang bersifat personal.

Jika Moms merasa ragu, malu, atau canggung untuk membicarakan masalah ini dengan dokter kehamilan berjenis kelamin tertentu, maka carilah obgyn yang sekiranya membuat Moms nyaman.

Namun di waktu yang sama, Moms juga perlu memikirkan diri sendiri karena saat hamil Moms memerlukan penanganan terbaik.

Baca Juga: 9 Keadaan yang Membuat Ibu Harus Konsultasi Kehamilan ke Dokter

4. Memilih Rumah Sakit Berkualitas

Tak hanya memilih obgyn yang terbaik, Moms juga perlu untuk mempertimbangkan rumah sakit yang berkualitas. Hal ini sangatlah diperlukan agar kebutuhan Moms selama masa kehamilan hingga persalinan bisa terpenuhu dengan baik.

Moms perlu memilih rumah sakit serta dokter kandungan dengan berbagai macam pertimbangan. Pertimbangan yang perlu untuk dilakukan adalah, jarak lokasi pemeriksaan, apakah asuransi yang Moms punya bisa ter-cover, waktu praktik dokter, dan lain sebagainya.

Jangan sampai Moms memilih rumah sakit yang jauh dan membutuhkan waktu lama untuk menjangkaunya hanya karena mengincar dokternya, ya! Karena hal tersebut bisa menyulitkan ketika menjelang masa persalinan.

5. Membaca Review Pasien

obgyn

Foto: Orami Photo Stock

Nah membaca review dari pasien mengenai obgyn tertentu bisa menjadi salah satu cara agar Moms bisa mendapatkan dokter kandungan terbaik.

Review dari pasien sendiri biasanya refleksi dari pengalaman orang-orang terkait penjadwalan pertemuan, waktu menunggu, lingkungan rumah sakit, dan juga keramahan atau ketersediaan alat yang diperlukan.

Moms bisa mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan pasien terhadap seorang dokter, berapa lama dokter menyediakan waktu dengan pasiennya, dan bagaimana gaya dokter kandungan menjawab pertanyaan dari pasien.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

6. Memilih Dokter Peduli Kondisi Mental

Kondisi mental atau kesehatan mental adalah salah satu hal yang paling penting untuk diberikan perhatian terlebih ketika seseorang sedang hamil atau melakukan program kehamilan.

Sebuah studi yang berjudul The Obstetrician–Gynecologist's Role in Detecting, Preventing, and Treating Depression menunjukkan bahwa perempuan lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah terkait kesehatan mental dari pada perempuan.

Apalagi ketika perempuan tersebut tengah mengalami transisi dalam kehidupannya seperti menstruasi ketika pubertas, masa kehamilan, masa nifas setelah kehamilan dan juga menopause.

Jadi, sangatlah penting untuk menemukan obgyn yang sadar akan pentingnya kesehatan mental. Terlebih, tidak sedikit para ibu yang mengalami baby blues padahal mereka sudah merasa siap untuk menjalani kehidupan yang baru.

Baca Juga: 6 Hal Yang Perlu Diketahui tentang Seks Menjelang Menopause

Perlu disadarai bahwa akan sangat membantu untuk menemukan seorang dokter kandungan yang bisa memeriksa Moms dan menyadari adanya tanda depresi atau kecemasan sehingga kondisi tersebut bisa dicegah, terdeteksi lebih cepat, dan ditangani dengan segera jika dibutuhkan.

Moms akan sangat memerlukan dokter kandungan yang peduli dan tanggap terhadap masalah kesehatan mental di setiap fase kehidupan yang Moms alami.

Nah, itu dia Moms hal yang perlu Moms lakukan sebelum memutuskan memilih obgyn yang untuk membantu Moms melewati masa awal kehamilan hingga persalinan. Jangan sampai salah dan memaksakan kenyamanan, ya!

  • https://www.cdc.gov/mmwr/volumes/68/wr/mm6818e1.htm?s_cid=mm6818e1_w
  • https://www.cdc.gov/media/releases/2019/p0905-racial-ethnic-disparities-pregnancy-deaths.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6167003/pdf/heq.2017.0045.pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5177526/pdf/nihms824340.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait