Jalan-jalan

24 September 2021

17+ Objek Wisata Trawas Mojokerto, Serunya Berpetualang Sambil Belajar Sejarah!

Memanjakan mata sekaligus liburan, Moms dan Dads bisa mencoba wisata Trawas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tak mau kalah dengan kawasan lainnya, Moms dan Dads juga mendatangi wisata Trawas, Mojokerto, sebagai alternatif liburan. Tak hanya wisata alam tetapi juga digadang-gadang bisa belajar lingkungan hidup serta sejarah secara bersamaan.

Terletak sekitar 60 km dari Surabaya atau sekitar 45 km dari Malang, wisata Trawas ini cocok untuk Moms dan Dads yang lebih memanjakan Si Kecil dengan pemandangan alam. Bisa dibilang wilayah ini alamnya asri, udaranya sejuk dan bersih menurut Perhutani.

Penyebab wisata Trawas pilihan liburan ke alam karena wilayahnya berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang, dan Penanggungan dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 18-20 derajat celcius. Daerah Trawas terkenal sebagai daerah wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisata Trawas

Wisata Trawas

Foto: getlost.id

Trawas sendiri adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, dan terbagi menjadi 13 desa. Lalu, ada apa saja yang ada di wisata Trawas?

1. Goa Putih

Wisata Trawas pertama adalah Goa Putih atau disebut juga Goa Anoman. Terletak di Dusun Tengkep, Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas. Menurut cerita rakyat sejarah Goa Putih ini merupakan tempat bertapanya Hanuman dan tempat ditangkapnya Marsusura oleh Sugriwa, biasanya Dads tahu nih soal dunia perwayangan.

2. Air Terjun Dlundung

Air terjun Dlundung yang terletak di Desa Ketapanrame ini juga terpilih sebagai salah satu destinasi wisata Trawas, Mojokerto. Objek utamanya berupa air terjun di lereng Gunung Welirang. Kawasan air terjun Dlundung ini cocok untuk keluarga karena dilengkapi bumi perkemahanan dan beberapa tempat makan.

Nuansa alam pegunungan nan sejuk dan berpanorama indah merupakan daya tarik tersendiri. Oleh-oleh khas wisata pegunungan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan segar bisa didapat tidak jauh dari lokasi. Puluhan hotel dan villa tersebar di lokasi dengan harga yang terjangkau.

3. Candi Lurah

Lokasi Candi Lurah ini tidak jauh dari Candi Carik atau dari Candi Pura kea rah kanan. Diperkirakan fungsi candi lurah ini adalah tempat pemujaan di Gunung Suci Penanggungan seperti yang dilansir dari Disparpora Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta untuk Wisata Edukasi

4. Goa Sengon

Goa Sengon ini merupakan salah satu goa tempat pertapaan pada masa kerajaan Majapahit dan tempat melakukan ritual-ritual suci lainnya. Rasanya Moms dan Dads benar-benar berwisata sekaligus menilik sejarah ya di wisata Trawas ini.

5. Goa Botol

Wisata pendidikan selanjutnya yaitu Moms dan Dads bisa mencoba datangi Goa Botol terletak di lereng Gunung Penanggungan tepatnya di Desa Kedung Udi, diperkirakan goa ini merupakan tempat bertapa serta melakukan ritual suci.

6. Widodaren

Kalau untuk wisata Trawas ini terletak di Lereng Gunung Penanggungan, diperkirakan goa ini merupakan tempat bertapa dan melakukan ritual pada masa Kerajaan Majapahit.

7. Makam Joko Sambang

Moms dan Dads, Joko Sambang merupakan seorang pejuang sakti pada masa penjajahan Kolonial Belanda. Beliau di kisahkan dalam cerita rakyat merupakan putra tunggal dari Lurah Bintoro, dari Gunung Gangsir. Satu satunya lurah yang menolak mengirimkan rakyatnya untuk Kerja Rodi, yang kemudian ditangkap oleh Belanda.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi!

8. Goa Maling

Goa Maling diperkirakan peninggalan dari maling cluring, yang merupakan lorong yang berfungsi sebagai tempat melarikan diri dari kejaran prajurit dari Kerajaan Majapahit.

9. Candi Guru

Candi Guru terletak di lereng Gunung Penanggungan, merupakan bangunan berteras lima, diperkirakan candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan, di bagian teras V terdapat bangunan altar pemujaan yang kondisinya sudah rusak.

10. Candi Wisnu

Candi Wisnu terletak di lereng Gunung Penanggungan, dengan struktur bangunan yang menempel pada dinding gunung, diperkirakan candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan.

11. Situs Reco Lanang

Terletak di Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, kurang lebih 40 km arah tenggara pusat kota Mojokerto. Reco (arca) Lanang merupakan gambaran dari perwujudan Dhani Bhuda yang berada dalam posisi yang disebut Bhuda Aksobya. Tidak jauh dari lokasi ditemukannya Reco Lanang (+50m) terdapat Reco Wadhon dalam posisi tengkurap yang diprediksi menggelinding akibat bencana longsor. Reco Wadhon ini diperkirakan merupakan arca Dwarapala (dari Agama Hindu).

Ada yang mengatakan bahwa kawasan Desa Kemloko dan sekitarnya dimana situs Reco Lanang berada merupakan bengkel pembuatan arca batu pada masa Majapahit. Inisiatif idari LMDH Kemloko membuat bumi perkemahan disekitar kompleks Reco Lanang dan jalar wisata lintas alam menuju Air terjun Dlundung melalui lereng Gunung Butak Gunung Welirang.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Magelang yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Menyenangkan

12. Candi Naga I

Candi Naga I merupakan bangunan berteras empat di I lereng Gunung Penanggungan. Bangunan candi ini berdenah persegi, tangga masuk ke halaman candi I menempel pada lereng yang curam. Diperkirakan candi ini dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit abad XIV-XV Masehi.

13. Candi Naga II

Candi Naga II terletak di lereng Gunung Penanggungan, berdenah persegi panjang berteras tiga dan tepat di tengah candi terdapat tumpukan batu. Di atas teras lantai 2 terdapat sisa-sisa bangunan pemujaan.

14. Candi Shinta

Merupakan bangunan berteras empat, terletak di lereng sebelah barat Gunung Penannggungan di sebelah utara candi gentong. Keadaan teras I dan teras II telah rusak, sedangkan teras III dan IV masih ada walaupun tidak utuh. Pada teras ke IV yang merupakan teras paling belakang terdapat Candi Shinta sebuah bangunan altar. Candi Shinta dibangun pada masa akhir kerajaan Majapahit abad 14-15.

Baca Juga: Wisata Kaliangkrik alias Nepal van Java, Pemandangan Indah dengan Udara Bersih!

15. Candi Gentong

Berada di lereng sebelah barat Gunung Penanggungan atau di sebelah selatan Candi Shinta, di tempat ini terdapat sebuah gentong batu dan bangunan pemujaan.

16. Candi Bayi

Candi Bayi terletak di lereng Gunung Penanggungan. Sebenarnya yang dinamakan candi bayi adalah tumpukan dua buah batu candi yang sudah tidak beraturan susunannya. Belum diketahui secara pasti asal-usul dan sejarah candi ini.

17. Agro Wisata Trawas

Bisa dibilang wisata Trawas terbaru yaitu Agro Wisata Trawas atau petik sayur organic yang baru saja diluncurkan pada 27 Agustus 2020 lalu. Agro Wisata Trawas ini menambah destinasi yang eksotis dan menarik bernuansa alam pegunungan kekayaan alam yang ada di Trawas menjadi modal kreativitas bagi masyarakat setempat dan pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian mandiri.

Dengan demikian, wisata ini akan menjadi satu kesatuan dengan wisata lain yang ada di kawasan Trawas. Tidak hanya untuk sport olah raga. Dengan konsep agro dan petik sayur oragnik, destinasi wisata ini akan menjadi wisata sehat dan memanjakan wisatawan.

Baca Juga: 11 Wisata Pacet yang Cocok untuk Liburan Seru

18. Paralayang Wisata Trawas

Bersamaan dengan Agro wisata, Pemerintah Provinsi Jatim juga meluncurkan paralayang Wisata Trawas, loh. Harapannya wisata paralayang Trawas sangat berpotensi menjadi destinasi wisata aero sport (olahraga dirgantara) yang akan difavoritkan masyarakat Jadi, paralayang Trawas ini adalah wahana paralayang ke-15 yang ada di Jawa Timur.

Dari letak geografi, panorama wisata desa ini tidak kalah indah dari Batu. Lokasinya pun strategis dan panoramanya bagus, memang sangat pas untuk aero sport paralayang.

Apalagi digabung dengan paket wisata petik sayur, itu jadi nilai tambah karena opsinya banyak. Ini bisa dibuat masterplan agar lebih terukur, sehingga bisa disenergikan. Sebagai pelengkap, di lokasi, pengelola juga menyediakan konsep agro dan petik sayur.

Dengan gambaran di atas, Moms dan Dads sudah pasti penasaran bukan dengan ragam wisata Trawas yang juga bisa dinikmati dengan Si Kecil? Kalau begitu yuk segera masukkan dalam agenda liburan kalian.

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Trawas,_Mojokerto
  • http://disparpora.mojokertokab.go.id/daftar_halaman_wisata_kecamatan_trawas_16
  • https://www.instagram.com/wisatatrawas/?hl=id
  • http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17/article/view/1705
  • http://dpmd.jatimprov.go.id/component/content/article/90-berita/1442-launching-paralayang-dan-agro-wisata-trawas
  • https://www.perhutani.co.id/liburan-3-in-1-ala-wisata-alam-trawas/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait