Resep

20 Juli 2021

5 Manfaat Penting Ubi Ungu dan Olahannya untuk MPASI Bayi

Butuh inspirasi varian MPASI berbahan ubi ungu untuk si kecil? Cek di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Di pasaran, Moms dapat menemukan beberapa warna ubi jalar, mulai dari ubi putih, ubi kuning, sampai ubi ungu atau ubi merah.

Ubi jalar merupakan salah satu sumber karbohidrat kaya vitamin A dan betakaroten, khususnya ubi berwarna ungu (ubi jalar merah).

Semakin gelap warna ubi yang Moms pilih, semakin tinggi kandungan betakaroten serta antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Ada banyak manfaat ubi ungu untuk kesehatan, termasuk Si Kecil. Berikut manfaat dan inspirasi olahan ubi ungu untuk MPASI.

Manfaat Ubi Ungu

Ubi ungu atau kita kenal istilah sweet purple potatoes ini, kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan pertumbuhan.

Menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), terdapat 963 mikrogram vitamin A di dalam 86 gram ubi jalar.

BerdasarkanUS Recommended Daily Allowance (RDA), bayi usia 6-12 bulan memiliki kebutuhan vitamin A 350 mikrogram per hari, sedangkan anak-anak 1-3 tahun hanya membutuhkan 300 mikrogram vitamin A per hari (1.000 IU).

Bukan hanya itu, ubi jalar ungu juga mengandung kalsium, vitamin E, potasium, vitamin C, zat besi dan serat yang sangat baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan yang Membuat Gemuk Ini Bisa Mengecoh

Yuk, simak manfaat lainnya ubi ungu untuk tubuh!

1. Mencegah Risiko Diabetes

resep roti ubi ungu ala korea

Foto: Orami Photo Stocks

Ubi jalar ungu memiliki kadar gula rendah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes.

Dalam National Library of Medicine, gula dalam ubi ungu dilepaskan secara perlahan, tidak seperti makanan bertepung lainnya.

Pelepasan gula yang stabil inilah yang membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga tidak turun atau naik terlalu tinggi.

Dengan manfaat ini, ubi ungu dapat dikonsumsi dalam menstabilkan kadar gula darah terutama pada penderita diabetes.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat-Ubi-Ungu-untuk-Tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dengan kandungan antiradang dan serat dalam ubi ungu, salah satu manfaatnya yaitu bisa melancarkan pencernaan.

Kandungan serat yang melimpah dapat menjaga usus tetap sehat proses pencernaan makanan pun lancar.

Serat juga diyakini dapat menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan glukosa.

MelansirFat Secret, dengan sekitar 6 gram serat dalam satu cangkir ubi ungu yang diolah, sayuran ini menyumbang 25 persen takaran dari yang direkomendasikan, lho.

Umbi-umbian ini juga merupakan sumber prebiotik yang baik serta dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri usus dan kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca Juga: Brokoli Bantu Tingkatkan Kesuburan? Simak Penjelasannya di Sini

3. Membasmi Radikal Bebas

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 5.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti buah-buahan dan sayuran berwarna lainnya, warna cerah pada ubi ungu adalah tanda bahwa mereka kaya akan antioksidan.

Faktanya, dalam Plant Soil Environ, tingginya antioksidan dalam ubi ungu 2-3 kali lebih banyak daripada kentang, lho.

Manfaat antioksidan yakni dapat melindungi sel-sel dari stres oksidatif.

Salah satunya mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Antioksidan yang ada dalam ubi ini juga sama yang ditemukan dalam blueberry dan blackberry.

4. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

manfaat ubi ungu untuk rambut

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti kita ketahui, ubi ungu kaya akan vitamin A, C dan juga E.

Karenanya, Tropical Life Science Research menyebutkan, manfaat ubi ungu ini berpotensi meningkatkan jumlah rambut secara signifikan pada seseorang yang menderita kerontokan rambut.

Ini karena vitamin E mengandung sifat antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif, penyebab utama rambut rontok.

Tak ingin mengonsumsinya? Moms bisa membuat olahan ubi ini ke dalam bentuk masker rambut.

Cara membuatnya antara lain sebagai berikut,

  1. Haluskan ubi jalar.
  2. Tambahkan madu dan minyak zaitun ke dalam mangkuk.
  3. Oleskan campuran ke rambut basah.
  4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Baca Juga: 7 Variasi Resep Bola-bola Ubi, Cocok untuk Camilan Sederhana

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebum dan jerawat dari ubi ungu

Foto: Orami Photo Stocks

Indian Dermatology Online Journal menyebutkan vitamin C berperan dalam pengobatan kulit yang cukup efektif.

Vitamin C dapat digunakan dalam perawatan photoaging dan hiperpigmentasi kulit.

Ubi ungu mengandung vitamin C yang efektif untuk mengurangi risiko kanker kulit pada seseorang.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C mengandung sifat anti-inflamasi.

Artinya, vitamin tersebut dapat membantu mengatasi peradangan kulit seperti jerawat, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Olahan MPASI Ubi Jalar Ungu

Resep Roti Ubi Ungu Ala Korea, Manis dan Lembut!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, ubi ungu ternyata bisa dikenalkan pada Si Kecil sejak usianya 6-7 bulan, lho.

"Uubi merah atau ungu sangat baik dijadikan MPASI karena tidak hanya mengandung gizi yang sangat lengkap dan seimbang. Namun juga mengandung antioksidan alami berupa betakaroten dan antosianin," ungkap dr. Julistio Djais, SpA(K), Kes.

Ada begitu banyak pilihan pengolahan ubi ungu yang bisa Moms berikan kepada si kecil dalam bentuk MPASI. Beberapa sajian MPASI berbahan ubi antara lain:

1. Jus Ubi Ungu

XX Resep MPASI Ubi Ungu Untuk Bayi 2

Foto: Orami Photo Stocks

Si Kecil belum bisa mengolah makanan padat? Yuk, kita ubah ke tekstur lembut!

Moms bisa dengan mudah membuat jus ubi ungu dari ubi jalar menggunakan blender.

Hal yang penting untuk Moms ingat pada proses ini adalah pastikan ubi jalar sudah dikukus hingga teksturnya benar-benar lembut.

Baca Juga: 18 Manfaat Masker Alpukat dan Variasinya, untuk Kulit Sehat Bersinar

2. Puree Ubi Jalar Ungu

Selain jus, Moms juga bisa memberikan ubi jalar ungu kepada si kecil dalam bentuk puree. Caranya yaitu kukus ubi, haluskan, kemudian saring.

Moms juga bisa menambahkan topping seperti buah ataupun sayur mayur, ya.

3. Bubur Ayam, Ubi, Apel

Resep-dan-Cara-Membuat-Puree-dari-Buah-buahan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selain olahan di atas, Moms juga bisa membuat bubur ayam dengan campuran apel dan ubi jalar ungu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sama dengan membuat bubur ayam biasa, hanya saja Moms perlu menambah ¼ buah apel dan satu buah ubi jalar ungu berukuran kecil ke dalamnya.

4. Camilan Ubi Jalar

Ubi jalar ungu yang sudah dikukus juga bisa menjadi olahan camilan lezat seiring usia Si Kecil yang kian bertambah.

Dengan begitu, Si Kecil bisa melatih giginya yang sedang tumbuh dan perlahan-lahan belajar mengenal tekstur yang bervariasi sesuai usianya.

Baca Juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

5. Muffin Ubi

Muffin Ubi Ungu.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selain menu MPASI di atas, Moms juga bisa membuat olahan ubi ungu dalam bentuk kue.

Salah satu kue yang disukai anak-anak selain donat, yakni muffin.

Bentuknya yang mini serta warna cerah dari ubi dapat menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa memberikan tambahan meses di atasnya agar buah hati makin menyukainya.

Itu dia Moms berbagai manfaat ubi ungu serta bentuk olahan dalam alternatif menu MPASI. Semoga Si Kecil suka, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait