Kesehatan

KESEHATAN
5 April 2020

6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Tidak memerlukan waktu lama lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Akibat seluruh dunia tengah menghadapi pandemi virus corona (COVID-19), seluruh masyarakat dianjurkan untuk melakukan sosial distancing, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, pemerintah meminta masyarakatnya untuk #DiRumahSaja demi mencegah penyebaran virus corona lebih luas lagi.

Para pekerja kantoran pun mulai menerapkan work from home (WFH) sejak dua minggu yang lalu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Akhir Pekan #diRumahAja, Si Kecil Akan Jadi Lebih Semangat!

Bagi Moms dan keluarga yang sudah berdiam diri di rumah selama dua pekan, mungkin mulai merasa bosan dan pegal karena tidak banyak bergerak.

Nah, membantu mengatasi rasa bosan dan pegal-pegal selama #DiRumahAja, Moms bisa mencoba olahraga ringan.

Mengutip International Journal of Physical Education, olahraga bermanfaat dalam mencegah atau mengobati penyakit jantung koroner, osteoporosis, kelemahan, diabetes, obesitas, dan depresi.

Olahraga Ringan untuk Menghilangkan Pegal

Yuk Moms coba lakukan gerakan-gerakan ini di waktu luang biar tidak pegal.

1. Stretching di Rumah

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: Orami Photo Stock

Cara yang paling mudah untuk melakukan olahraga ringan di rumah adalah dengan melakukan stretching.

Terlebih lagi stretching tidak akan memakan waktu lama dan penting sebelum kita memulai olahraga lanjutan.

Stretching ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih fleksibel dan tidak terkejut saat menerima gerakan olahraga yang sedikit susah.

Bahkan stretching bisa meningkatkan sirkulasi dan menenangkan pikiran.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Cocok Untuk Menenangkan Pikiran dan Relaksasi Saraf

2. Push Up

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: femaleradio.co.id

Push up merupakan olahraga ringan selama #DiRumahAja yang paling berguna untuk meningkatkan kekuatan badan bagian atas.

Untuk pemula, bisa mulai dengan melakukan wall push up sehingga tidak akan memberi tekanan berlebihan ke sendi-sendi.

Berdirilah di depan tembok dengan jarak satu lengan. Biarkan kaki terbuka selebar pundak.

Letakkan telapak tangan di tembok dan dorong lengan seperti melakukan plank, tapi sambil berdiri.

Ingat untuk selalu mengencangkan otot perut dan lakukan gerakan ini selama 1 menit.

3. Squat

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: womenshealthmag.com

Untuk olahraga ringan di rumah selanjutnya, bisa mulai dengan melakukan squat.

Mulai dengan gerakan berdiri sambil membuka kakimu selebar pinggul dan biarkan jari-jari kaki agak serong ke samping. Selanjutnya tahan perut sembari melakukan squat.

Jika sudah memasang posisi, tekuk lutut ke depan dan dorong pinggang ke belakang.

Usahakan agar posisi lutut berada di belakang jari-jari kaki. Turunkan bagian pantat serendah yang bisa dicapai.

Untuk kembali dalam posisi berdiri, dorong badan dari bagian tumit. Moms bisa lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini 5 Tips Agar Anak Suka Olahraga

4. Reverse Lunges dengan Hip Twist

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: mensjournal.com

Jenis olahraga ringan ini akan memperkuat otot bagian bawah.

Berdirilah dengan kaki sejajar dan coba genggam sebotol air mineral 1,5 liter yang terisi penuh.

Coba langkahkan kaki jauh ke belakang dengan kaki kananmu, sembari tekuk lutut kiri, hingga lutut kaki kanan hampir menyentuh lantai. Usahakan kaki kiri membentuk sudut 90 derajat.

Ketika sudah berada dalam posisi berlutut, putar pinggang ke kiri, intinya berlawanan dari kaki yang bergerak ke belakang.

Kembali lagi ke posisi berdiri dengan menarik kaki yang dibelakang. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

5. Gerakan Happy Baby

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: verywellfit.com

Gerakan happy baby juga bisa dilakukan sebagai olahraga ringan.

Gerakan ini biasa kita temukan dalam yoga, untuk meredakan nyeri punggung bawah, kelelahan, stres, dan kecemasan, dan menenangkan pikiran. Cocok untuk Moms yang sedang di rumah selama pandemi corona.

Berbaringlah dengan posisi pantat dan bagian kaki menghadap ke atas, lalu pegang kedua ujung telapak kaki dan tahan selama 20-30 detik.

Baca Juga: 4 Gerakan Yoga untuk Mengencangkan Paha

6. Child Pose

olahraga ringan #dirumahaja

Foto: verywellfit.com

Child pose juga bisa kita temukan dalam yoga. Child pose biasa digunakan sebagai gerakan relaksasi, untuk menenangkan badan dan pikiran.

Mulailah pada posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar, lalu merangkaklah ke depan dengan tangan, lengan lurus dan di posisi depan.

Pertahankan posisi tubuh pada paha dan kening untuk beristirahat di lantai. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang.

Mudah bukan Moms gerakan olahraga ringan di atas? Coba lakukan agar tubuh bisa tetap bugar selama #DiRumahAja ya!

Artikel Terkait