Program Hamil

PROGRAM HAMIL
20 Juli 2020

5 Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria

Olahraga sedang terbukti lebih bermanfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Kurangnya aktivitas fisik memiliki efek yang merugikan bagi tubuh, termasuk berpengaruh terhadap kesuburan pria.

Jadi, ketika Moms menjalani program hamil, penting untuk memastikan bahwa Dads sudah melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang cukup. Tetapi, olahraga apa yang sebaiknya dipilih?

5 Jenis Olahraga untuk Kesuburan Pria

Berikut merupakan beberapa olahraga untuk kesuburan pria yang disarankan oleh banyak ahli:

1. Olahraga Ringan

XX Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria 1

Foto: freepik.com

Jika Dads tidak terbiasa berolahraga, Northern California Fertility Medical Center menyarankan untuk memulai dengan aktivitas fisik yang cukup ringan seperti berenang.

Idealnya, aktivitas fisik tersebut perlu dilakukan setidaknya 30 menit per hari selama lima hari seminggu. Dads juga cukup melakukan beberapa putaran per sesi untuk mendapatkan manfaatnya.

Meskipun cenderung cukup ringan, aktivitas fisik seperti berenang diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan kualitas sperma dibandingkan jika Dads tidak melakukan olahraga apa pun.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

2. Jogging

XX Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria 2

Foto: pixabay.com

Latihan kardio seperti jogging dapat membantu meningkatkan kecepatan, bentuk, dan volume sperma, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reproduction.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr. Serena H. Chen, direktur kedokteran reproduksi di IRMS Saint Barnabas Medical Center di Livingston, New Jersey, melalui AskMen.

“Aktivitas fisik sedang yang melibatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan seperti jogging dapat meningkatkan kadar antioksidan yang bersifat melindungi sperma. Selain itu, menurunkan lemak tubuh, khususnya lemak perut, akan membuat perbedaan besar dalam kadar testosteron Anda. Itu karena olahraga merupakan penguat testosteron,” kata Dr. Serena.

Namun, Dr. Serena menyarankan agar olahraga untuk kesuburan pria yang satu ini tidak dilakukan terlalu ekstrem. Menurutnya, jogging setidaknya 30 menit per hari sudah sangat cukup untuk meningkatkan produksi sperma dan kesehatan resproduksi secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pria untuk Meningkatkan Kesuburan

3. Angkat Beban

XX Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria 3

Foto: pexels.com

Dads senang melakukan olahraga angkat beban di gym? Ternyata angkat beban yang dilakukan setidaknya 2 jam atau lebih dalam seminggu dapat membantu meningkatkan jumlah sperma hingga 25%, sebagaimana disebutkan dalam sebuah studi di Journal of Human Reproduction.

Studi tersebut juga menemukan bahwa angkat beban telah terbukti meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan sensitivitas insulin. Di mana keduanya sangat berkaitan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi pada pria.

Tetapi, peneliti menemukan bahwa efek yang diterima akan jauh lebih baik jika olahraga angkat beban dilakukan di luar ruangan dibandingkan dilakukan di gym atau di dalam ruangan.

4. Olahraga Treadmill

XX Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria 4

Foto: freepik.com

Olahraga untuk kesuburan pria lainnya yang dapat Dads coba adalah treadmill.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan di PubMed menemukan bahwa melakukan olahraga menggunakan treadmill setidaknya 3 sesi per 50 menit per minggu dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma pada 45 pria dengan obesitas dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Hal tersebut dapat terjadi karena olahraga menggunakan treadmill, meskipun hanya sebatas jalan cepat, secara perlahan meningkatkan kadar hormon reproduksi dengan meningkatkan testosteron serum.

Selain itu, peneliti menemukan bahwa obesitas perut sangat berpengaruh terhadap mani yang dihasilkan oleh tubuh pria.

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Suplemen Testosteron Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria?

5. Yoga atau Pilates

XX Olahraga Terbaik Untuk Tingkatkan Kesuburan Pria 5

Foto: unsplash.com

Dads sudah pernah melakukan yoga? Jika belum, maka ini saatnya untuk segera mencobanya agar Moms segera hamil.

Ya, yoga merupakan salah satu olahraga yang disarankan untuk memaksimalkan kesehatan dan kesuburan pria. Parenting FirstCry menyebutkan bahwa kombinasi latihan kardiovaskular dan meditasi dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan, termasuk mobilitas dan produksi sperma.

Beberapa pose dalam yoga juga diketahui dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh Dads, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hormon testosteron.

Selain itu, jenis latihan ini juga dikenal mampu meningkatkan libido. Di mana frekuensi hubungan seksual juga sangat berpengaruh terhadap peluang hamil.

Baca Juga: Sakit Gigi Bisa Menghambat Kesuburan Pria dan Wanita

Itu dia beberapa olahraga untuk kesuburan pria yang dapat Dads pilih. Namun, jangan dilakukan secara berlebihan, ya. Karena olahraga berlebihan justru tidak baik bagi kesehatan tubuh menyeluruh ataupun kesuburan Dads.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait