Kesehatan

19 Mei 2021

Ini Pilihan Olahraga untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara, Banyak Manfaatnya!

Bisa juga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu penyakit yang membunuh adalah kanker payudara. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan muncul benjolan yang terasa nyeri ketika disentuh. Nah, Moms pasti bertanya-tanya, apakah ada olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara? Karena hal ini bisa jadi sebuah langkah awal mengatasi kanker.

Area payudara merupakan area yang vital bagi perempuan. Kendati demikian, masih banyak perempuan yang jarang memperhatikan kondisi payudara, sehingga tidak bisa mendeteksi penyakit di bagian tubuh tersebut sejak dini. Saat ada benjolan, kebanyakan akan mengabaikannya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Apakah Benjolan di Payudara Berbahaya?

Fakta Puting Payudara - 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti langsung panik ketika menemukan benjolan di payudara. Moms mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya, bagaimana cara menghilangkannya, termasuk apa saja olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara.

Faktanya, memang sebagian besar benjolan di payudara bersifat non-kanker, yang berarti tidak berbahaya. Moms mungkin awalnya akan terkejut menemukan benjolan di payudara, tetapi penting untuk diingat bahwa itu mungkin tidak memengaruhi kesehatan jangka panjang.

Namun, benjolan payudara bisa jadi merupakan tanda kanker payudara. Sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan medis untuk setiap benjolan atau pembengkakan yang ditemukan di payudara.

Meskipun payudara umumnya dikaitkan dengan perempuan, jaringan payudara terdapat pada pria dan perempuan. Hormon adalah hal yang paling memengaruhi jaringan ini. Perubahan hormonal dapat menyebabkan terbentuknya benjolan dan dalam beberapa kasus, menghilang secara alami. Benjolan di payudara inipun bisa didapatkan oleh siapapun dari berbagai golongan usia.

Ada beberapa kasus bayi mengalami benjolan di payudara karena estrogen yang mereka peroleh dari ibu selama kelahiran. Ini umumnya akan hilang saat estrogen meninggalkan tubuh bayi.

Anak perempuan yang memasuki masa pra-puber terkadang mengalami benjolan di payudara yang terasa lembut. Ini biasanya akan hilang secara alami selama masa pubertas. Remaja laki-laki juga bisa mengalami hal serupa selama masa pubertas. Sifatnya hanya sementara dan akan hilang sendirinya.

Sebaiknya, Moms segera periksakan apabila benjolan di payudara terasa semakin nyeri, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Penyebab Benjolan di Payudara

06-Blog-Breast-Cancer-L.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum membahas olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara, Moms harus terlebih dahulu memahami apa saja penyebab munculnya benjolan di payudara.

Tidak selalu gejala kanker payudara, ternyata ada beberapa penyebab benjolan payudara, lho, Moms.

Benjolan tersebut bisa jadi muncul dikarenakan:

  • Kista payudara yang lembut dan menyerupai kantong berisi cairan.
  • Kista susu, yaitu kondisi munculnya kantong berisi susu. Biasanya timbul ketika aktif menyusui.
  • Fibrocystic breasts, kondisi dimana terdapat gumpalan di jaringan payudara dan terkadang disertai rasa nyeri walau tidak disentuh.
  • Fibroadenoma, yaitu benjolan yang tidak bersifat kanker dan bergerak dengan mudah di dalam jaringan payudara.
  • Hamartoma, merupakan pertumbuhan jinak, biasanya menyerupai tumor.
  • Papiloma intraduktal, mengacu pada tumor non-kanker yang berbentuk kecil di saluran susu.
  • Lipoma, sebuah benjolan anti kanker yang tidak nyeri.
  • Benjolan lemak mastitis atau infeksi payudara.
  • Cedera, dikarenakan payudara mengalami benturan dengan benda tumpul.
  • Kanker payudara, tumor ganas yang menggerogoti jaringan payudara. Dalam pengobatannya, memerlukan kemoterapi.

Baca Juga: Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!

Manfaat Olahraga untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara

Rutin berolahraga dapat mengecilkan payudara

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga memang kegiatan berjuta manfaat untuk kesehatan. Bahkan, olahraga bisa untuk menghilangkan benjolan payudara hingga pemulihan pasca kanker payudara sudah teruji klinis, lho, Moms!

Bahkan banyak dokter yang menyarankan melakukan olahraga untuk menghilangkan benjolan payudara, karena dapat menjadi salah satu tanda gejala dari kanker.

Biasanya dokter akan menganjurkan olahraga low impact dan tidak berat saat ada benjolan di payudara atau sedang menjalani pengobatan kanker payudara.

Baca Juga: IUD, Kontrasepsi Aman untuk Wanita Tinggi Resiko Kanker Payudara

Ada berbagai jenis olahraga untuk menghilangkan benjolan payudara yang bisa dilakukan dengan menyenangkan dan mudah, yaitu:

  • Berjalan.
  • Yoga
  • Pilates
  • Tai Chi
  • Aerobik
  • Gerakan ringan di tempat tidur dan sofa

Apa saja manfaat dari olahraga untuk menghilangkan benjolan payudara? Ini dia pembahasannya, dilansir melalui Maurer Foundation. Yuk kita simak!

1. Menurunkan Persentase Lemak Tubuh

Salah satu manfaat olahraga yang bisa untuk menghilangkan benjolan payudara adalah, dengan menurunkan presentase lemak tubuh. Hal ini sangat membantu untuk menjaga berat badan yang sehat.

Seperti yang Moms tahu, bahwa olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan bentuk tubuh yang langsing. Ini penting karena sel-sel lemak di dalam tubuh menyimpan hormon estrogen tingkat tinggi, yang merupakan salah satu faktor risiko kanker payudara terkuat ketika kadarnya menjadi terlalu tinggi.

2. Membantu Memperkuat Imun dalam Tubuh

Salah satu penyebab munculnya benjolan bisa jadi karena imun yang rendah, sehingga tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil yang mengubah sel dan menyebabkan kanker. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh tetapi hal ini diimbangi dengan produksi antioksidan.

Olahraga menghasilkan radikal bebas, tetapi bila dilakukan secara konsisten, olahraga juga menghasilkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan memberi tubuh kemampuan yang lebih baik untuk mengidentifikasi dan menghancurkan sel kanker payudara saat mulai terbentuk. Inilah mengapa olahraga untuk menghilangkan benjolan payudara, benar-benar bisa teruji hasilnya.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Menghilangkan Stres

Olahraga dapat berdampak langsung pada suasana hati dan emosi. Meskipun sering disarankan, tetapi masih banyak penelitian yang mencar hubungan langsung antara stres psikologis dan kanker payudara.

Namun, para peneliti yakin stres dapat mempercepat perkembangan kanker. Pastinya, bagi mereka yang menjalani pengobatan atau dalam fase pemulihan, olahraga adalah pelepas stres yang luar biasa untuk membantu mempercepat pemulihan dan mendukung pengobatan.

Karena benjolan bisa jadi adalah salah satu gejala kanker, maka tidak adalah salahnya mencoba olahraga secara rutin. Karena pada dasarnya, tubuh perlu tetap beraktivitas agar tetap bugar.

Tips Olahraga untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara yang Tepat

mountain-climb-exercise-.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Karena benjolan di payudara yang muncul, bisa jadi akan ada rasa panik yang membuat Moms berolahraga secara berlebihan. Ini dilakukan dengan harapan agar benjolan akan segera hilang.

Faktanya, Moms hanya dengan 30 menit melakukan aktivitas fisik sedang per hari, sudah dibuktikan secara signifikan mengurangi kerentanan Moms terjangkit kanker payudara.

Olahraga dengan intensitas sedang meliputi aktivitas fisik seperti jalan cepat, berkebun, atau bersepeda.

Jika Moms sudah terbiasa dengan aktivitas sedang, Moms bisa meningkatkannya ke aktivitas berat. Jangan lakukan secara mendada, ya, Moms, karena bisa menyebabkan nyeri otot dan sakit di bagian tubuh lainnya. Lakukan secara bertahap agar tubuh sudah terbiasa. Naikkan intesitas olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.

Olahraga berat dapat mencakup lari, kelas dansa cepat, sepak bola, atau olahraga lainnya yang membuat jantung berdebar dan mengeluarkan keringat.

Ingat, ini adalah salah satu metode pencegahan kanker payudara yang berdampak rendah untuk membantu tubuh tetap fit. Berjalan cepat selama 1,25 hingga 2,5 jam per minggu telah ditunjukkan oleh Women’s Health Initiative (WHI) untuk mengurangi risiko kanker payudara hingga 18%.

Moms dapat mengurangi risiko kanker payudara lebih banyak lagi jika meningkatkan latihan menjadi berjalan 10 jam atau lebih per minggu.

Baca Juga: 9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

Itu dia Moms seputarbenjolan di payudara, serta bagaimana manfaat dari olahraga untuk menghilangkannya. Walaupun belum tentu beresiko kanker, berolahraga juga bisa menjaga agar tubuh tetap fit.

  • https://www.healthline.com/health/breast-cancer/tips-for-exercise#confidence
  • https://www.healthline.com/symptom/breast-lump#Causes-of-Breast-Lumps-
  • https://www.maurerfoundation.org/how-to-reduce-your-risk-of-breast-cancer-with-exercise/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait