Fashion & Beauty

Tubuh Lebih Bugar, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Menyusui di Bulan Ramadan

Jangan berlebihan agar tubuh tak lemas ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak ada yang salah dengan keinginan untuk menurunkan berat badan usai melahirkan. Namun karena Moms sekarang juga menyusui, penting memerhatikan asupan makanan dan jenis olahraga yang dilakukan.

Apalagi, ketika memasuki bulan Ramadan, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan namun tetap mengeluarkan keringat. Sehingga, Moms tidak cepat kehabisan energi untuk diri sendiri, dan juga nutrisi pada ASI untuk Si Kecil tetap terjaga. 

Tentu, cara yang paling sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan sehat dan olahraga setiap hari bahkan jika Moms sedang menyusui.

Olahraga untuk Ibu Menyusui di Bulan Puasa

National Institutes of Health merekomendasikan untuk menurunkan berat badan secara perlahan, tidak lebih dari setengah kilo per minggu jika sedang menyusui.

Berikut jenis olahraga yang bisa Moms lakukan saat menyusui, Moms bisa melakukan sendiri atau mengajak Si Kecil. Tetapi sebelum melakukannya, ada baiknya Moms sudah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari risiko ya, Moms.

Baca Juga: Apa Boleh Diet Saat Menyusui?

1. Jogging Sambil Mendorong Stroller

jogwithstrol sheknowscom

Foto: sheknows.com

Mendorong stroller saat jogging atau berjalan cepat adalah salah satu cara olahraga kardio yang bisa Moms lakukan ketika sedang menyusui.

Stroller memiliki tiga roda untuk memudahkan manuver saat berlari atau berjalan. Biasanya kereta dorong memiliki roda lebih besar dari kereta dorong normal dan suspensi yang baik, sehingga ketika Moms berlari dengannya, Si Kecil akan mendapatkan tumpangan bebas benjolan.

Moms bisa mengajak Si Kecil menaikki kereta dorong roda tiga, dan kenakan sepatu berjalan, lakukan setidaknya 30 menit sebelum waktu berbuka puasa.

2. Bergerak Bersama Si Kecil

Moms bisa melakukan kegiatan olahraga tanpa harus meninggalkan Si Kecil, dengan mengajaknya untuk ikut serta berolahraga di dalam rumah. Berikut olahraga rumahan yang bisa Moms lakukan: 

-Chair Dip

chairdip

Foto: youtube.com

Duduk di ujung kursi yang kokoh, dengan tangan di samping pinggul. Geser bagian bawah dari ujung dan tekuk siku hingga 90 derajat.

Pastikan untuk menjaga punggung dekat dengan kursi, lalu dorong kembali ke atas. Lakukan 10 sampai 12 repetisi.

-Chair Squats

csquats

Foto: pinterest.com

Berdiri di depan kursi, kaki terpisah sejauh pinggul, jari kaki ke depan. Condongkan dada sedikit ke depan.

Tekuk lutut, namun hindari Moms duduk kursi, lalu berdiri. Jaga berat badan di tumit dan berlutut di atas jari kaki. Lakukan 10 hingga 12 repetisi.

-Standing Hip Extension

standinghip2

Foto: youtube.com

Berdirilah dengan jarak kaki sejauh pinggul. Geser berat ke kaki kanan, dan rentangkan kaki kiri di belakang; angkat dan turunkan kaki kiri, keraskan bokong.

Gunakan kursi untuk keseimbangan. Lakukan 12 hingga 15 repetisi, lalu ganti.

Baca Juga: 8 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Otak, Moms Harus Coba!

3. Yoga

yoga

Foto: guelphtoday.com

Yoga bermanfaat selama kehamilan dan pemulihan pasca melahirkan. Olah tubuh ini membantu meningkatkan daya tahan pernapasan, kekuatan otot, dan fleksibilitas.

Kelas prenatal di studio yoga dapat membantu melatih proses persalinan dan meningkatkan pengalaman kehamilan. Pose yoga disarankan untuk ibu baru yang menargetkan otot punggung dan perut.

Itu dia Moms, gerakan olahraga saat menyusui yang bisa Moms lakukan di bulan Ramadan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait