Kesehatan

13 Mei 2021

7 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak!

Ternyata baik juga untuk ibu hamil lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Omega 3 memiliki peran yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat omega 3 sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Meski manfaat omega 3 sangat banyak untuk tubuh, sayangnya masih banyak orang yang belum mengerti dan pada akhirnya cenderung kebutuhan tubuh akan omega 3 tidak terpenuhi.

Dilansir dari Nutrients, asam lemak yang terkandung pada omega 3 memiliki peran penting pertumbuhan dan perkembangan janin.

Omega 3 pun bisa memiliki manfaat untuk menurunkan risiko depresi pada ibu hamil serta mencegah terjadinya kelahiran bayi yang prematur.

Sebenarnya, apa sih manfaat Omega 3 untuk tubuh? Ini dia!

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan

Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat 3 jenis omega 3 yang baik untuk kesehatan. Jenis tersebut adalah alfa-linoleat atau ALA, asam eicosapentaenoic atau EPA serta asam docosahexaenoic atau yang biasa dikenal dengan DHA.

Nah, agar kebutuhan akan zat ini terpenuhi, Moms perlu mengonsumsi minyak ikan termasuk dalam jenis EPA dan juga DHA. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang pun bisa membantu tubuh untuk pemenuhan asupan ini.

Jadi, apa saja manfaat omega 3 untuk tubuh? Ini dia!

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat omega 3 bisa diperolah dari suplemen yang bisa menurunkan kadar trigliserida yang meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Efek ini pun membuat omega 3 sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dikarenakan penumpukan kolesterol.

Omega 3 pun bisa meningkatkan kadar kolestrol jahat namun efeknya tak bisa dibilang signifikan.

Nah, untuk Moms yang mengonsumsi omega 3 secara rutin, aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar dan akan memberikan efek baik pada kesehatan jantung.

Baca Juga: Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini

2. Memelihara Kesehatan Mata

Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

DHA adalah sturuktur lemak utama pada retina mata. Ketika asupan DHA kurang, hal tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan mata dan penyakit mata yang disebabkan penuaan seperti degenerasi makula.

Nah karenanya, rutin mengonsumsi omega 3 pun bisa memelihara fungsi kesehatan mata.

3. Manfaat Omega 3 untuk Anak dan Janin

Dilansir dari Obstetrics & Gynecology, omega 3 bisa membantu perkembangan otak janin. Dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 selama kehamilan baik dari bentuk makanan dan suplemen bisa dikaitikan dengan peningkatan hasil perkembangan otak janin dan perkembangan saraf pada anak di hari nanti.

Studi yang dikembangkan dalam jurnal tersebut pun menjelaskan bahwa ibu hamil yang sering dan rutin mengonsumsi ikan akan melahirkan anak dengan pengenaan visual dan kecerdasan verbal yang tinggi.

Bukan hanya itu, Omega 3 yang dikonsumsi anak juga bisa mengatasi depresinya. Minyak ikan seringkali digunakan untuk pengobatan depresi orang dewasa namun, beberapa penelitian menunjukkan minyak ikan juga bisa mengobati depresi pada anak.

Selain itu, para peneliti pun menemukan bahwa anak yang rutin mengonsumsi omega 3 memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami diabetes.

Baca Juga: 5 Pengaruh Depresi Postpartum Ibu Terhadap Bayi yang Baru Lahir

Nah, omega 3 yang dikonsumsi secara cukup bisa mengurangi risiko kelahiran prematur.

Jadi, untuk Moms yang sebelumnya pernah memiliki sejarah melahirkan prematur, direkomendasikan untuk mengonsumsi omega 3 secara teratur karena kondisi melahirkan prematur bisa disebabkan oleh asupan asam lemah omega 3 yang awalnya rendah.

Dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Cochrane Review menemukan asal lemak omega 3 mengurangi risiko kelahiran prematur.

Dalam jurnal tersebut mengungkapkan bahwa asupan omega 3 menurunkan risiko memiliki bayi prematur (kurang dari 37 minggu) sebesar 11 persen.

Kelahiran prematur sendiri adalah penyebab utama kematian untuk anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun di seluruh dunia. Terhitung, terdapat hampir 1 juta kematian anak di bawah 5 tahun dalam setiap tahunnya.

Bayi yang lahir secara prematur sendiri memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai kondisi jangka panjang termasuk keterlambatan perkembangan, kesulitan belajar dan gungguan penglihatan.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

4. Manfaat Omega 3 untuk Ibu dan Ibu Hamil

Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan, omega 3 bisa sangat berguna untuk mencegah depresi pada ibu hamil. Menjadi ibu bukanlah sebuah hal yang mudah. Jadi, tak jarang banyak yang mengalami depresi karena tanggung jawab serta kewajiban yang berat.

Tak sampai sana, banyak juga perempuan yang memilih untuk meninggalkan rutinitasnya dan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga 100 persen. Hal ini pun bisa memengaruhi kondisi mental perempuan.

Omega 3 pun bisa mencegah ibu mengalami depresi selama masa kehamilan dan setelah proses persalinan.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Tahu Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara? Ini Penjelasannya!

5. Menurunkan Risiko Kanker

Omega 3 pun memiliki sifat antiradang serta antikanker. Dalam beberapa riset menunjukkan bahwa zat ini bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sel kanker yang bisa dihambat pertumbuhannya adalah kanker prostat, kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Kendati demikian, manfaat omega 3 yang stau ini masih perlu diteliti lebih lanjut ya, Moms. Untuk mengurangi risiko terkena kanker, Moms tetap disarankan untuk menjalani pola hidup sehat seperti merokok, menghindari konsumsi minuman beralkohol, rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

6. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Nah, agar tubuh bisa tetap sehat dan berfungsi secara optimal, jaringan saraf dan otak akan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya nih, Moms!

Salah satu nutrisi yang baik untuk otak dan saraf adalah zat omega 3.

Asupan omega 3 yang cukup diketahui baik untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Zat ini pun menurunkan risiko terjadi penyakit pada otak seperti penyakit alzheimer atau demensia.

Baca Juga: Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari untuk Mencegah Demensia

7. Menguatkan Tulang dan Sendi

Omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam beberapa studi, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa konsumsi omega 3 bisa meningkatkan kekuatan tulang. Nah dengan Moms rutin mengonsumsi zat ini, Moms bisa terhuindar dan mencegah terjadinya risiko osteoporosis.

Tak hanya itu, omega 3 pun punya efek antiradang juga baik untuk mencegah serta mengatasi nyeri sendiri akibat rehumatoid arthritis.

Nah, itu dia manfaat omega 3 yang perlu Moms ketahui. Ternyata mengonsumsi zat ini punya manfaat yang banyak banget dan bisa dirasakan oleh tubuh ya, Moms! Jangan sampai kekurangan dan akhirnya malah membuat tubuh menjadi tidak sehat ya! Yuk jaga kesehatan bersama dengan omega 3!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait