Balita dan Anak

6 Maret 2020

Orang Tua Wajib Tahu Kapan Anak Butuh Antibiotik

Disimak caranya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, sebenarnya orang tua wajib tahu lho kapan anak butuh antibiotik. Namun saat ini, masih banyak Moms dan Dads yang belum mengerti kapan harus memberikan Si Kecil antibiotik.

Padahal, untuk mengetahui kapan anak butuh antibiotik itu cukup mudah untuk dilakukan.

Mengetahui Kapan Anak Butuh Antibiotik?

Melansir dariParenting NY Times, begini cara agar orang tua tahu kapan anak butuh antibiotik:

1. Memahami Penyakit yang Membutuhkan Antibiotik

kapan anak butuh antibiotik

Foto: pixabay

Moms, memahami penyakit yang membutuhkan antibiotik menjadi hal yang Moms harus tahu. Sebenarnya antibiotik itu bekerja untuk membunuh bakteri lho Moms, bukan virus.

Namun, terkadang Moms tidak dapat membedakan penyakit yang diderita Si Kecil disebabkan karena bakteri ataupun virus. Biasanya hal ini terjadi saat di Kecil mengalami flu.

Elizabeth Murray, DO , seorang dokter pengobatan darurat pediatrik di University of Rochester Medical Center menyarakan bahwa Moms tak perlu khawatir saat Si Kecil mengalami flu dengan menunjukkan warna lendir tertentu.

Hal ini lantaran flu yang menjangkit Si Kecil bisa terjadi karena virus, sehingga Moms tidak perlu memberinya antibiotik. Jika penyakit tersebut disebabkan karena bakteri, barulah Moms bsia memberi Si Kecil antibiotik.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Minum Antibiotik?

2. Jangan Malu Bertanya pada Dokter

kapan anak butuh antibiotik

Foto: pixabay

“Saya mendorong orang tua untuk selalu bertanya kepada dokter anak mereka, 'Apakah Anda yakin ini benar-benar diperlukan? Apakah ada kemungkinan dia akan menjadi lebih baik tanpa antibiotik? '” Kata Dr. Mangione-Smith .

Kadang-kadang, ia menambahkan, dokter khawatir bahwa jika mereka tidak memberikan antibiotik pada orang tua setelah mereka membawa anak mereka untuk berobat, orang tua akan “tidak puas dan tidak bahagia dan mereka hanya akan pergi ke perawatan darurat dan dapatkan antibiotik dari orang lain. "

Sebuah studi yang diterbitkan dalamJAMA Internal Medicine pada tahun 2018 menemukan bahwa 46% orang yang mengunjungi pusat perawatan darurat pada tahun 2014 untuk penyakit virus seperti pilek, flu atau bronkitis virus adalah resep antibiotik, padahal hal itu tidak perlu.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diberi Antibiotik?

3. Memahami Kelemahan Antibiotik

kapan anak butuh antibiotik

Foto: pixabay

Laporan CDC 2018 menemukan bahwa antibiotik adalah penyebab utama kunjungan ruang gawat darurat untuk kejadian obat yang merugikan pada anak-anak karena efek samping obat, yang dapat termasuk ruam, pusing, mual, diare dan infeksi jamur.

"Kerugian lain yang kita pelajari semakin banyak tentang dampak pada microbiome ," kata Dr Jason Newland, MD, seorang dokter penyakit menular anak di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St Louis, yang merupakan "alasan lain untuk tidak menggunakannya jika Moms tidak membutuhkannya. "

Namun, kadang-kadang antibiotik diperlukan. Jika itu masalahnya, berikan kepada Si Kecil persis seperti yang ditentukan dan "ikuti petunjuk dokter Anda kapan mulai, kapan berhenti," kata Craig.

Baca Juga: Bayi Terkena Diare, Apakah Perlu Diobati Antibiotik?

Dengan melakukan ketiga cara tersebut, Moms pasti akan mengetahui kapan anak butuh antibiotik. Selamat mencoba ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait