Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
18 Februari 2021

5 Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami, Salah Satunya adalah Jalan Masuk Surga!

Ia juga akan menjadi perempuan terbaik di mata Allah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apa respons Moms saat mendengar kata selingkuh? Banyak istri yang berusaha menghindarinya dan berigidik sendiri saat mendengar kata ini. Namun ternyata, tidak sedikit pula istri yang menjadi korban dari perbuatan tersebut.

Peneliti dari Journal of Family Issues mengeksplorasi bagaimana berbagai pengalaman keluarga-asal terkait dengan riwayat perselingkuhan. Hasilnya menemukan bahwa perselingkuhan orang tua, status perkawinan orang tua, konflik orang tua, dan kepuasan perkawinan orang tua dikaitkan dengan kemungkinan keturunan pernah terlibat dalam perselingkuhan.

Hal ini menunjukkan bahwa perselingkuhan bisa saja terjadi secara turun temurun, akibat seorang anak menjadi melihat perselingkuhan yang dilakukan oleh orang tuanya. Dalam alam bawah sadar, ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk berselingkuh. Mengerikan bukan Moms?

Lantas, bagaimana perselingkuhan dari sudut pandang agama? Bagaimana pahala istri yang diselingkuhi suami? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Mudah Dikenali, Seperti Ini 4 Ciri Pria yang Suka Selingkuh

Perhatikan Ini Jika Istri Diselingkuhi Suami

pahala istri yang diselingkuhi suami

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum masuk apda pembahasan pahala istri yang diselingkuhi suami, Moms wajib tahu dulu apa yang diperhatikan jika diselingkuhi suami.

Seorang suami memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah kepada istrinya, baik nafkah lahir maupun nafkah batin. Nafkah lahir adalah nafkah materi, yaitu makanan, pakaian dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan nafkah batin, salah satunya adalah hubungan suami istri.

Dalam kondisi normal, seorang istri hendaknya tidak meninggalkan rumah kecuali dengan seizin suaminya. Bahkan, seorang istri yang telah ditalak (dicerai) suaminya saja wajib tetap tinggal di rumah selama masa iddah dan suaminya juga haram mengusirnya dari rumah tersebut.

Namun tentunya hal ini dilakukan jika suami tidak melakukan perselingkuhan. Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla memaafkan umatku dari kesalahan (yang tidak disengaja), (kesalahan karena) lupa, serta kesalahan yang terpaksa dilakukan.” (HR. Ibnu Majah).

Agar lebih baik dan semoga bisa menyentuh suami, tinggalkanlah pesan sebelum pulang ke rumah orang tua. Jika suami tidak bisa dihubungi dengan telepon, istri bisa membuat sebuah surat. Di sana, seorang istri bisa mengatakan harapannya agar suami bisa kembali ke jalan yang benar.

Dan ini juga kesempatan untuk menasehati suami, bahwa selingkuh dan zina merupakan dosa besar. Jika tidak bertaubat dan tidak diampuni Allah, zina akan memasukkan pelakunya ke neraka yang paling hebat panasnya dan paling busuk baunya.

Dalam kasus di mana terkumpul dua kesalahan suami, berzina dan tidak menafkahi, sebenarnya Islam memberikan hak kepada istri untuk meminta cerai.

Bahkan, di zaman Rasulullah, ada istri yang meminta dicerai bukan karena kesalahan fatal suami, tetapi karena dia khawatir tidak bisa hidup bersamanya dengan saling menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri.

Baca Juga: Jangan Selingkuh! Ini 3 Manfaat Setia Pada Pasangan

Rasulullah kemudian memfasilitasi aduan itu. Istri Tsabit bin Qais bin Syammas datang kepada Nabi SAW dan berkata,: “Wahai Rasulullah, aku tidak mencela Tsabit dalam hal agama dan akhlaknya, tetapi aku takut kekufuran.” Nabi SAW kemudian bersabda: “Apakah kamu sanggup mengembalikan kebun (mahar) nya?.” Dia menjawab, “Ya.” Ia lalu mengembalikan kebunnya kepada Tsabit dan Nabi pun memerintahkan Tsabit menceraikannya. Dia pun menceraikannya.” (HR. Bukhari).

Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami

Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami -2

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari akan kembali rujuk atau menuju perceraian, Allah telah memberikan pahala istri yang diselingkuhi suami. Apa saja pahala istri yang diselingkuhi suami? Berikut uraiannya.

1. Mendapat Pahala seperti Asiyah, Istri Fir’aun

Pahala istri yang diselingkuhi suami pertama adalah mendapatkan pahala seperti Asiyah, istri Fir'aun. Asiyah yang merupakan istri Fir’aun pernah dipaksa oleh suaminya untuk menyembahnya, namun Asiyah yang tidak mau melakukannya. Kemudian Asiyah mendapatkan perlakuan yang buruk dan disiksa bertubi tubi, hingga kepalanya pernah dijatuhi sebuah batu yang sangat besar.

Hingga akhirnya Asiyah meninggal dunia dan oleh Allah disebut sebagai salah satu perempuan mulia yang dijamin surga. Dalam suatu hadis pernah dikatakan: “Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun.” (HR Muslim).

2. Jalan Masuk Surga

Pahala istri yang diselingkuhi suami selanjutnya adalah jalan masuk surga. Istri yang sabar tentu selalu mentaati perintah suaminya dan tidak pernah menyakiti atau melawan suaminya. Hal tersebut akan menimbulkan keberkahan dan menjadikan sepanjang kehidupannya menjadi jalan ibadah.

Jika seorang istri memiliki sifat sabar, dia diperbolehkan masuk surga dari pintu manapun karena kesabarannya. “Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.” (Hadist Hasan Shahih no.1296).

Salah satu pahala istri yang bersabar saat diselingkuhi oleh suami adalah mendapatkan surga. Sebab, dia telah menjalankan peran sebagai seorang isteri yang baik. Rasulullah SAW bersabda: “Dan perempuan adalah pelayan untuk suaminya, dia akan dimintai pertanggungjawaban.” (HR Bukhari Muslim).

3. Mendapat Ridho Allah

Pahala istri yang diselingkuhi suami selanjutnya adalah mendapat ridho Allah. Istri yang sabar jelas akan mendapat ridho Allah, setiap detik kesabaran yang dilaluinya dalam rumah tangga akan menjadi sebuah pahala besar yang akan membawanya nanti kepada surga. Dia juga akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hidup di akherat nanti pada kehidupan yang kekal.

Bersabar tentunya membutuhkan proses yang panjang. Tentu pahala ini juga dijanjikan bagi istri meski sebelumnya telah diselingkuhi oleh suami. Rasulullah bersabda: “Istri yang meninggal dunia dan suaminya ridho terhadapnya maka dia masuk surga." (HR Tirmidzi).

Baca Juga: 9 Langkah Memulihkan Hubungan Rumah Tangga Setelah Perselingkuhan

4. Menjadi Perempuan Terbaik di Mata Allah

Pahala istri yang diselingkuhi suami selanjutnya adalah menjadi perempuan terbaik di mata Allah. Ini adalah pahala istri terbaik yang akan dimiliki jika pernah diselingkuhi suami.

Rasulullah bersabda: “Perempuan terbaik yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelesihi sesuai pada diri dan hartanya. Serta melayani suami sebaik mungkin dan menjauhkan suami dari benci.” (HR Ahmad).

Allah sangat memuliakan istri yang sabar pada suaminya, sehingga Allah memberi imbalan berupa surga. Posisi tersebut tentunya didapatkan dalam beberapa cara, dan menjadi buah yang manis saat pernah merasakan pahitnya dikhianati jika terus bersabar pada ketentuan Allah.

5. Dikabulkan Doanya

Pahala istri yang diselingkuhi suami selanjutnya adalah dikabulkan doanya. Karena dikategorikan sebagai perbuatan yang dzalim, istri yang pernah diselingkuhi suami akan mendapatkan pahala dan juga dikabulkan doa-doanya. Hal yang sama pernah terjadi saat istri Firaun berdoa kepada Allah.

Hal tersebut digambarkan dalah sebuah ayat Alquran: “Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisiMu dalam surga dan selamatkan daku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan daku dari kaum yang zalim.” (QS At Tahrim : 11).

Doa tersebut ialah doa yang diucapkan Aisyah ketika menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya, Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapat rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu perempuan paling mulia di dunia.

Meski pahala istri yang diselingkuhi suami begitu besar, berdoalah agar diri dan pasangan dijauhkan dari hal tercela tersebut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait