Karier & Keuangan

17 Agustus 2021

5 Tips Memilih Pakaian Saat Interview Agar Lebih Percaya Diri

Kesan pertama cukup menentukan kelancaran wawancara selanjutnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Dalam mencari pekerjaan, wawancara kerja adalah salah satu tahap yang cukup menentukan. Oleh sebab itu, segala sesuatunya perlu dipersiapkan agar bisa tampil memuaskan serta mendapat respon yang baik dari pewawancara. Terutama memilih pakaian saat interview agar lebih percaya diri.

Selain mempersiapkan jawaban-jawaban dari beberapa kemungkinan pertanyaan yang diajukan, ternyata penampilan saat diwawancara juga berpengaruh, lho. Terutama pada warna pakaian yang akan kita kenakan.

Setiap warna pada pakaian tersebut ternyata menghasilkan kesan pertama yang mampu memengaruhi kelancaran proses wawancara selanjutnya. Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan warna terbaik yang bisa kita kenakan saat wawancara.

Baca Juga: Tips Memilih Pakaian Anak Sesuai dengan Cuaca

Tips Memilih Pakaian Saat Interview

Interview bukan sekadar datang, lalu menjawab beberapa pertanyaan pewawancara. Pasalnya, pada saat itu penampilanmu juga menjadi salah satu nilai tambah.

Jadi pastikan Moms memahami tips memilih pakaian saat interview dengan baik dan benar. Ada dua tipe berpakaian saat interview, yaitu formal dan kasual.

1. Kenakan kemeja

kemeja kerja

Foto: Orami Photo Stock

Kemeja merupakan pakaian saat interview yang memberikan kesan formal. Pilihan kemeja ada beragam.

Moms bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra.

Bukalah kancing atas kemeja, karena akan memberi kesan sederhana, tetapi tetap formal. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, dan terkesan seksi. Kemeja yang dikenakan haruslah membuat nyaman.

2. Kenakan Kardigan atau Jas

Set baju kerja untuk wanita

Foto: Orami Photo Stock

Kedua item fashion ini mampu menjadi atribut pelengkap yang pas untuk menjadi pakaian saat interview.

Ketika Moms atau Dads mengenakannya, pasti kesan profesional akan semakin terlihat. Hindari motif atau warna jas dan kardigan yang terlalu menonjol. Warna gelap adalah pilihan yang aman.

Baca Juga: Atasi Baju Apek saat Musim Hujan dengan 5 Tips Berikut!

3. Motif Pakaian untuk Interview Pekerjaan

download (1).jpg

Foto: indonesiatravel.com

Untuk memberikan kesan formal, hindarilah menggunakan kemeja dengan motif terlalu meriah seperti sedang pesta.

Sebaiknya, gunakan kemeja dengan warna polos, motif garis, atau motif batik sebagai pilihan pakaian saat interview.

Motif-motif tersebut akan menunjukkan kesan pribadi yang rapi, serius, dan luwes.

4. Celana

man in jeans.jpg

Foto: freeepik.com

Meski pakaian saat interview Moms dan Dads telah rapi, tetapi semua akan terlihat jelek jika menggunakan celana yang salah.

Hindarilah menggunakan celana jeans saat interview pekerjaan karena celana jeans mengurangi kesan formal dan profesional.

Pengecualian untuk beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan media, mungkin mereka tidak akan mempedulikan jika karyawannya menggunakan celana berbahan kain atau jeans.

5. Sepatu

download (2).jpg

Foto: freepik.com

Sepatu merupakan bagian dari berbusana yang sangat penting untuk interview pekerjaan.

Pakailah sepatu yang menutup seluruh bagian kaki.

Hindarilah menggunakan sepatu yang biasa Dads gunakan untuk berjalan-jalan atau olahraga, semisal sepatu crocs, sepatu sandal, atau sepatu futsal.

Untuk Moms, gunakanlah sepatu pantofel khusus wanita atau high heels untuk memberikan kesan formal dan profesional.

Baca Juga: 5 Trik Mix and Match Monochrome Style untuk Kantor

Warna Pakaian Saat Interview

Dilansir dari The Balance Careers, warna baju yang digunakan saat wawancara kerja ternyata dapat membentuk persepsi rekruter terhadap kepribadian, lho.

Berikut ini adalah daftar warna terbaik yang bisa digunakan untuk interview serta penjelasan singkat mengenai arti warna tersebut. 

1. Biru

1 wwcr

Foto: stockholm-streetstyle.com

Salah satu warna yang direkomendasikan berdasarkan survei oleh CareerBuilder untuk menghadapi wawancara profesional adalah biru.

Sebab, nuansa biru menyiratkan bahwa kita adalah orang yang percaya diri, kejujuran, dan dapat dipercaya.

Jika kita ingin bekerja sebagai pengajar atau pegawai di perusahaan keuangan, hukum, atau bank, warna biru navy adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika ingin bekerja di perusahaan yang lebih kreatif dan tidak konservatif, hindari menggunakan pakaian berwarna biru tua untuk menghindari kesan yang terlalu serius dan kaku.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Sukses Melakukan Wawancara Kerja Lewat Skype

2. Hitam

2 wwcr

Foto: fashiongum.com

Selain biru, warna hitam juga dapat menjadi pilihan untuk kita kenalan saat wawancara. Warna ini menggambarkan kesan kepemimpinan, yang baik digunakan jika kita ingin bekerja dengan posisi direktur, manajer, supervisor, dan lainnya.

Dengan menggunakan warna hitam sebagai luaran, cukup memperlihatkan pembawaan kita yang tepat untuk posisi tersebut.

Namun, hindari penggunaan warna ini jika kita melamar sebagai asisten atau posisi yang setara dengan itu. Karena bisa menampilkan kesan yang terlalu bossy untuk posisi tersebut.

3. Ungu dan Kuning

3 wwcr

Foto: catwalkyourself.com

Sebagian besar, orang-orang lebih memilih bermain aman dengan menggunakan pakaian saat interview yang berwarna netral untuk wawancara di banyak bidang pekerjaan.

Namun, jika kita mengikuti wawancara pekerjaan di bidang kreatif, jangan takut menggunakan warna-warna tertentu yang cerah dan menarik.

Misalnya warna ungu, yang menggambarkan kesan artistik dan unik, sedangkan warna lainnya adalah kuning, menggambarkan kesan percaya diri, positif, dan kreatif.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Bekerja

4. Hijau

4 wwcr

Foto: thezoereport.com

Dalam menggambarkan kesan tenang, sehat, dan bersih, Moms bisa menggunakan pakaian saat interview berwarna hijau. Warna ini bebas kita gunakan untuk berbagai bidang pekerjaan.

Selain warnanya yang menyegarkan, warna ini juga seolah menyiratkan bahwa kita mampu mengerjakan semua pekerjaan yang akan dibebankan nantinya.

Warna yang Harus Dihindari

5 wwcr

Foto: theglossybanker.com

Tiga warna pakaian saat interview yang sebaiknya kita hindari saat mengikuti wawancara adalah cokelat, merah, dan oranye. Warna cokelat memang menyiratkan kehangatan, hanya saja terkesan kuno, lemah, dan hanya bekerja di zona nyaman.

Lalu, warna merah menggambarkan kesan menantang dan terlalu berani, sedangkan warna oranye yang membuat kesan kurang profesional.

  • https://glints.com/id/lowongan/arti-warna-baju-untuk-interview/#.YRKW14gzbIU
  • https://www.99.co/blog/indonesia/pakaian-untuk-interview-pekerjaan/
  • https://www.merdeka.com/gaya/10-tips-tampil-formal-saat-wawancara-kerja-kln.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait