COVID-19

29 Juni 2021

3 Panduan Merawat Anak yang Positif COVID-19, Wajib Dipahami!

Moms juga harus menjaga kesehatan mental Si Kecil ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cara atau panduan merawat anak COVID-19 perlu diketahui agar Si Kecil bisa sembuh dengan segera dan kembali beraktivitas normal. Terlebih anak-anak sendiri belum termasuk sebagai kelompok yang aman menerima vaksin.

Ya, bukan hanya orang tua atau orang dewasa yang bisa terserang virus ini. Anak-anak pun bisa menjadi korbannya karena memang virus ini tidak pandang bulu dalam mengeinfeksi korbannya.

Baca Juga: 7 Sentra Pendaftaran Vaksin COVID-19 Usia 18+ Melalui Aplikasi Online dan Caranya, Segera Daftar!

Panduan Merawat Anak COVID-19

panduan merawat anak covid

Foto: Orami Photo Stock

Ketika ada anggota keluarga yang terkena COVID-19, orang tua perlu melakukan tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan jangan sampai tertular.

Meski demikian, setiap orang tua pasti merasa sedih karena tidak bisa merawat Si Kecil seperti saat ia terinfeksi virus lainnya.

Untuk itu, terdapat panduan merawat anakCOVID-19 yang perlu diketahui oleh orang tua. Ini dia!

Baca Juga: 25+ Lokasi Vaksin COVID-19 18+ di Kota Depok, Bandung dan Bogor, Catat Moms!

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Cara merawat anak COVID-19 yang pertama adalah dengan patuhi protokol kesehatan. Meski di rumah, Moms perlu melakukan dan mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, Mom perlu melakukannya dengan lebih ekstra.

Berikut hal yang perlu untuk dilakukan;

  • Dianjurkan untuk memakaikan masker pada anak 2 tahun ke atas
  • Masker perlu dipasang dengan tepat
  • Si Kecil tidak perlu pakai masker saat tidur
  • Jika Si Kecil sedang sendirian di ruangan, lepas masker dan jaga jarak minimal 2 meter
  • Jika memungkinkan, pisahkan area beraktivitas
  • Jika memungkinkan, pastikan sirkulasi udara dalam ruangan baik. Jika memiliki jendela, maka dianjurkan dibuka secara berkala
  • Tidak bertukar alat makan

2. Jaga Emosi Si Kecil

panduan merawat anak covid

Foto: Orami Photo Stock

Ketika seseorang bahagia, hal tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dilansir dari World Health Organization (WHO), anak-anak mungkin merasa terisolasi, khawatir, bosan, takut, dan sedih ketika berada dalam situasi karantina dan hal tersebut bisa memberikan akibat pada tubuh.

Nah, kesehatan emosi anak pun perlu dilakukan sebagai salah satu panduan merawat anak COVID-19 nih, Moms!

Cobalah untuk menjelaskan kenapa ia harus menjalani isolasi mandiri. Dengan mengatakan bahwa hal yang ia lakukan bisa membuat keluarga tetap sehat, misalnya.

Jangan lupa untuk menenangkan Si Kecil ketika ia merasa gelisah. Moms pun bisa mengajaknya berdiskusi mengenai hal yang membuatnya tidak nyaman.

Perlu diperhatikan bahwa sebagai orang tua kita tetap perlu mengasuh Si Kecil. Namun Moms juga perlu berhati-hati agar terhindar dari cairan tubuh seperti air liur yang bisa menyebarkan droplet ya, Moms!

3. Siapa yang Bisa Rawat Si Kecil?

Panduan merawat anak COVID-19 yang terakhir adalah dengan tahu siapa yang bisa rawat Si Kecil, Bila Moms tinggal bersama orang tua atau kakek dan nenek Si Kecil, jangan biarkan orang tua Moms merawat Si Kecil.

Pasalnya orang yang sudah tua memiliki risiko mengalami gejala COVID-19 yang lebih parah.

Orang-orang yang tidak diperkenankan untuk merawat Si Kecil adalah mereka yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes melitus, darah tinggi, kanker dan ginjal.

Tak hanya itu, orang-orang yang memiliki penyakit bawaan seperti asma pun tidak bisa merawat Si Kecil.

Jika Si Kecil sembuh, orang tua atau pengasuh yang sebelumnya negatif pun tetap harus memberlakukan isolasi mandiri ya, Moms!

Pasalnya, virus mungkin masih dalam inkubasi dan bisa saja malah menularkan virus ini ke orang lain.

Baca Juga: Catat! Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk 18 Tahun Ke Atas di DKI Jakarta

Perlu diingat, dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) anak-anak memang memiliki kemungkinan yang rendah untuk terkena virus corona jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Kendati demikian, hal ini tak berarti mereka kebal terhadap virus ini. Anak-anak tetap bisa terserang virus corona dan menularkannya pada orang lain.

Kebanyakan anak-anak memiliki gejala ringan atau bahkan tidak ada gejala sama sekali. Namun, sebagian anak justru malah memiliki gejala yang lebih parah dan membuat mereka harus dirawat di rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif.

Nah, itu dia panduan merawat anak COVID-19 yang perlu Moms ketahui. Semoga kita selalu sehat dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya, Moms!

  • https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome---healthy-parenting?gclid=Cj0KCQjw5uWGBhCTARIsAL70sLJGAuvZBlI228XlsRz4OWoitb6YuCKcLEwg4fRW0K2ppmQenR8VVt4aArXtEALw_wcB
  • https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/children/symptoms.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait