Kesehatan Umum

23 September 2021

7 Pantangan Sinusitis yang Harus Dihindari, Waspada Ya!

Makanan yang tepat bisa bantu redakan sinusitis anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang mata, tulang pipi, dan dahi. Agar gejalanya tidak kambuh, Moms wajib mengetahui pantangan sinusitis.

Ketika terjadi peradangan, maka rongga tidak mampu menghasilkan cairan yang diperlukan. Alhasil rongga menghasilkan lendir yang mengganggu.

Akibat timbulnya lendir ini adalah timbulnya tekanan di bagian wajah hingga sakit pada area kepala. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Jika Moms mengalami sinusitis, ada beberapa hal yang harus dihindari, seperti jenis makanan hingga olahraga.

Lantas, apa saja pantangan sinusitis? Yuk simak deretannya di bawah ini.

Baca Juga: 14 Cara Mengusir Tawon di Pohon dan di Rumah, Aman dan Mudah

Pantangan Sinusitis

pilek.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sering menderita sakit kepala yang parah disertai dengan sering pilek dan batuk, inilah saatnya untuk mencari pertolongan medis karena bisa menjadi gejala sinus.

Beberapa kebiasaan hingga jenis makanan bisa menyebabkan sinusitis hingga memperparah kondisi. Untuk itu, Moms harus mengetahui pantangan sinusitis, berikut ini:

1. Merokok

Pantangan sinusitis yang pertama adalah merokok. Sebab, setelah Moms selesai merokok, zat racun yang di dalam benda tesebut mulai mengiritasi seluruh saluran napas bagian atas.

Gas seperti amonia dan formaldehid menyebabkan hidung dan sinus menghasilkan lebih banyak lendir sehingga Moms akan menjadi lebih rentan terhadap pilek, alergi, hingga kanker tenggorokan dan paru-paru.

Selain itu, merokok juga dapat memperburuk sinusitis apabila Moms memiliki riwayat masalah kesehatan ini. Jika terus merokok ketika memiliki infeksi sinus, Moms akan lebih berisiko mengalami sinusitis kronis. 

Namun, tidak hanya perokok aktif yang memiliki risiko tinggi terhadap sinusitis, perokok pasif pun punya risiko yang sama tingginya

Hal itu terjadi karena asap rokok memiliki serpihan yang mengganggu di rongga sinus. Kondisi ini bisa memicu masalah pada sistem pembersihan sinus yang biasanya dilakukan secara alami.

Dengan kata lain, proses ini menjadi rusak akibat saluran pernapasan terlalu sering terpapar asap rokok.

2. Mengonsumsi Gula Olahan

Gula olahan biasa tersembunyi di makanan penutup favorit orang dewasa, jus anak-anak, kue kering, dan cokelat menjadi daftar pantangan sinusitis yang harus dihindari.

Melansir Journal of Parenteral and Enteral Nutrition menunjukkan bahwa, konsumsi makanan tinggi gula tambahan dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah dan kondisi seperti obesitas dan resistensi insulin.

Ini juga dapat menyebabkan peradangan sehingga termasuk dalam daftar makanan penyebab sinusitis kronis.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel di Jogja, Cocok untuk Honeymoon hingga Babymoon!

3. Polusi Udara

Pantangan sinusitis selanjutnya adalah menghirup polusi udara.

Ketika terpapar alergen yang berasal dari polusi udara, sistem kekebalan tubuh bereaksi karena menganggap alergen sebagai benda berbahaya.

Hasilnya, tubuh memproduksi sejumlah zat kimia yang membuat selaput lendir hidung membengkak dan produksi lendir di hidung meningkat dan menyebabkan sinusitis.

Sebuah penelitian American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology membuktikan bahwa, bernapas pada udara kotor menyebabkan gangguan pada saluran sinus dan nasal tikus secara langsung.

4. Berenang

Berenang memang memiliki manfaat seperti meninggikan badan hingga melatih semua otot-otot tubuh. Hanya saja, berenang bisa memperparah kondisi sinusitis, lho.

Klorin pada air kolam renang dapat masuk ke telinga dan hidung sehingga menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Seiring waktu, reaksi terhadap klorin ini dapat berkontribusi pada perkembangan infeksi sinus. Tak heran jika olahraga renang masuk ke dalam deretan pantangan sinusitis.

Baca Juga: 8 Jenis Kain untuk Gamis, Adem dan Nyaman!

5. Sering Bepergian dengan Pesawat Terbang

Pantangan sinusitis selanjutnya adalah sering pergi menggunakan pesawat terbang.

Hal ini karena tekanan udara yang berkurang selama penerbangan dapat menghalangi rongga sinus dan saluran pernapasan. Tekanan-tekanan tersebut meningkat saat proses lepas landas dan mendarat.

Risiko ini mungkin semakin tinggi jika Moms sedang dalam kondisi tidak fit, misalnya sedang flu dan batuk.

6. Memaksa Buang Ingus

Mengalami hidung tersumbat karena flu memang mengganggu. Hal itulah yang membuat Moms sering kali secara paksa meniup hidung agar ingus keluar.

Ternyata, kebiasaan ini membuat risiko sinusitis semakin besar, lho Moms. Sebab, membuang ingus dapat menyebabkan aliran balik ingus ke dalam rongga sinus, apalagi jika dilakukan dengan berlebihan.

Salah satu akibatnya adalah peningkatan tekanan yang cukup besar dalam rongga hidung, bahkan peningkatan tekanan di pembuluh darah.

7. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Melansir sebuah studi oleh University of Washington, asam lemak trans ditemukan dalam makanan cepat saji, produk yang digoreng dan makanan beku.

Makanan sejenis ini merupakan makanan penyebab sinusitis kronis, karena lemak trans diketahui memicu peradangan sistemik.

Baca Juga: Yogurt untuk Bayi, Ini Waktu Pemberian dan Rekomendasi Produk yang Aman!

Makanan untuk Atasi Sinusitis

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis 1.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Sebagian besar kasus sinusitis bisa diredakan secara alami dengan minum banyak air putih dan konsumsi makanan yang tepat.

Ini lho Moms, beberapa makanan anak sinusitis yang bisa Moms berikan untuk membantu meredakan peradangan dan tekanan di kepala, sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

1. Makanan Kaya Omega-3

Melansir National Center for Biotechnology Information, disebutkan kalau konsumsi makanan kaya omega-3 dapat membantu meredakan peradangan sekaligus melembabkan lapisan dalam saluran hidung.

Selain dari ikan salmon, tuna, sarden, dan patin, omega-3 untuk makanan sinusitis juga bisa Moms dapatkan dari telur, minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan, atau flaxseed.

2. Sayuran dan Buah Berwarna

Saat Moms menderita sinusitis, menambahkan sayuran dan buah berwarna seperti bit, wortel, tomat, brokoli, ceri, jeruk, atau kacang merah yang mengandung karotenoid dan flavonoid akan membantu meredakan peradangan pada saluran hidung.

Sayuran dan buah berwarna juga umumnya mengandung kalsium dan vitamin C, yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta meredakan peradangan, hidung berair, dan bersin akibat paparan alergen.

Baca Juga: 10 Syarat Fisik Masuk TNI 2021 yang Wajib Diperhatikan

3. Rempah

Selain bikin rasa makanan jadi lebih lezat, menambahkan sedikit rempah ke dalam makanan anak sinusitis juga bisa membantu meredakan gejala yang mengganggu lho, Moms.

Rempah seperti jahe dan basil bisa mengencerkan lendir dan menstimulasi sinus agar aliran udara lebih lancar. Jahe, cabai, dan lada hitam juga mengandung [6]-Gingerol yang memiliki khasiat anti-radang.

Moms juga bisa menambahkan bawang putih atau kunyit yang berkhasiat mengurangi peradangan dan mengandung enzim alami pembasmi bakteri dan virus.

4. Cairan

Asupan cairan juga penting untuk melengkapi makanan untuk sinusitis.

Karena tubuh anak yang terhidrasi dengan baik akan mendorong sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif untuk memerangi infeksi.

Selain air putih, cairan hangat seperti kaldu bening dan teh juga baik untuk membuat hidung terasa lebih lega sekaligus meredakan sakit kepala.

Jangan lupa Moms, saat anak menderita sinusitis hindari makanan berlemak, berkadar gula tinggi, makanan olahan yang tinggi MSG, dan makanan berpati.

Baca Juga: 12 Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan, Mengobati Sakit Maag Hingga Menurunkan Berat Badan

Nah itu dia pantangan sinusitis serta makanan yang direkomendasikan untuk menguranginya. Semoga membantu, ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21807932/
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2017/04/170418094312.htm#
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3247279/
  • https://www.healthline.com/health/sinusitis#prevention
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait