Parenting

PARENTING
16 Maret 2021

5+ Fungsi Fitur Parental Control untuk Si Kecil yang Hobi Main Gadget, Catat!

Jika ingin anak aman saat bermain Internet, maka Moms dan Dads mungkin butuh parental control
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Pernahkah Moms mendengar istilah parental control? Yuk simak ulasan lengkap tentang parental control dan seberapa kita membutuhkannya di bawah ini.

Moms pasti sepakat jika banyak yang mengatakan bahwa menjadi orang tua pada era digital seperti saat ini, tidak lagi lebih mudah dari dulu. Kemajuan pesat dalam teknologi menghadirkan tantangan baru dan sulit bagi orang tua seiring dengan perkembangan anak yang begitu pesat.

Melindungi anak-anak Moms dari bahaya yang ditimbulkan oleh teknologi digital dan internet menjadi penting. Untungnya, kini semakin banyak alat luar biasa dan canggih yang tersedia sebagai parental control.

Aplikasi dan alat khusus untuk parental control ini memungkinkan para Dads dan Moms untuk mengatur kontrol atas aktivitas dunia maya Si Kecil.

Dengan kemudahan akses seperti saat ini, dikutip dari Forbes, bahwa Internet menghadapkan anak-anak Moms pada berbagai ancaman seperti pencurian identitas, penindasan melalui dunia maya (cyberbullying), penipuan media sosial, dan konten berbahaya.

Itulah sebabnya parental control menjadi persyaratan penting untuk melindungi anak-anak Moms dan Dads. Berikut beberapa alasan mengapa parental control penting di era digital ini.

Di masa lalu, metode parental control ini dipandang sebagai gangguan atau solusi yang tidak tepat.  Mereka memerlukan persiapan ekstra pada perangkat yang sulit atau membuat frustrasi untuk digunakan. Namun uniknya, anak-anak yang paham teknologi sering menemukan cara untuk mengetahui itu semua dan berujung membuat hal ini menjadi tidak berguna.

Kini seiring kemajuan teknologi, parental control juga kerap mengalami kemajuan. Saat ini, parental control mudah disiapkan dan sangat penting untuk memantau seberapa banyak waktu yang dapat dihabiskan anak Moms dan Dads di internet.

Tidak hanya itu, parental control juga cara yang tepat untuk mengawasi bagaimana anak-anak Moms dan Dads menggunakan teknologi.

Baca Juga: 6 Cara Agar Internet Aman Untuk Anak

Fungsi Parental Control

10-Best-Parental-Control-Software-for-2020.png

Foto: ilounge.com

Jika Moms ingin memastikan bahwa anak-anak Moms aman di internet, Moms perlu mengetahui jawaban dari pertanyaan 'mengapa parental control' menjadi sangat penting? Berikut ini 5 alasan mengapa parental control menjadi sangat penting untuk Moms dan Dads dalam mengawasi anak-anak.

1. Parental Control Membatasi Agar Komputer/Gadget di Rumah Menjadi Lebih Aman

Little-boy-with-tablet-sat-on-a-sofa-557383.jpg

Foto: firstcry.co.uk

Anak-anak biasanya mudah tertipu dan mudah dibodohi. Hal ini menjadikan mereka target utama para peretas dan penjahat dunia maya. Alasannya adalah mereka lebih cenderung mengunduh program yang terlihat legal, tetapi sebenarnya adalah virus yang dirancang agar semirip mungkin dengan aslinya.

Kemiripan ini akan mengelabui banyak anak agar berpikir bahwa mereka mengunduh sesuatu yang berguna sambil menghabiskan waktu di komputer atau gadgetnya. Namun pada kenyataannya, itu adalah sesuatu yang dapat merusak teknologi di perangkat Moms.

Sesuatu seperti virus ini dapat mengunci komputer Moms serta Dads dan bahkan menyebar ke perangkat lain di jaringan rumah yang sama. Seperti dikutip dari When Women Inspire, parental control yang membatasi unduhan penting tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk kepentingan bersama.

Untuk menjaga keamanan komputer dan jaringan di rumah Moms bebas dari virus dan perangkat lunak jahat, sebaiknya Moms dan Dads membatasi apa yang dapat dan tidak dapat diunduh oleh anak-anak secara online.

Baca Juga: Minimalkan Dampak Negatif Main Game Online Pada Anak

2. Parental Control Melindungi Anak dari Konten Online yang Meragukan

menores-1.jpg

Foto: blog.cuatrecasas.com

Bukan hal yang aneh untuk menerapkan parental control yang ketat pada konten apa yang boleh dilihat anak secara online. Misalnya, Moms mungkin ingin memblokir istilah penelusuran tertentu dan membuat daftar hitam berbagai situs web untuk mencegah anak Moms secara tidak sengaja tersandung ke sana.

Tindakan ini mungkin memberi mereka kurangnya kebebasan, terutama jika Moms dan Dads agak terlalu bersemangat dengan situs web yang mereka blokir. Namun, penting untuk melindungi anak Moms dari jenis konten tertentu karena mereka lebih baik tidak memiliki pengaruh negatif di usia muda.

Kapan Moms atau Dads harus menghapus daftar hitam ini, semuanya tergantung pada preferensi pribadi Moms. Akan tetapi, lebih baik untuk menghapusnya lebih awal daripada nanti. Kecuali saat anak-anak Moms siap untuk menghadapi dunia.

Baca Juga: Tangkas Berinternet, Bantu Anak Jadi Bijak Menggunakan Internet

3. Parental Control Mencegah Penyalahgunaan Uang yang Tidak Disengaja

o-ONLINE-SHOPPING-facebook.jpg

Foto: revlogs.co.za

Banyak orang tua mempercayai anak-anak mereka dengan gadget seperti tablet dan ponsel cerdas. Namun, banyak anak tidak mengerti bahwa transaksi mungkin terjadi secara tidak sengaja. Ini masuk akal karena mereka tidak pernah mempelajari hal tersebut.

Seperti dikutip dari Life Wire, mereka mungkin membeli hal-hal seperti game atau pembelian dalam aplikasi di game smartphone dan tablet favorit mereka tanpa memikirkan konsekuensinya. Ada banyak sekali situasi seperti ini terjadi dan diberitakan.

Ini menjadi masalah yang kerap meningkat karena orang tua yang tidak mengaktifkan setting parental control di perangkat mereka. Moms atau Dads akan terkejut betapa mudahnya seorang anak menghabiskan seluruh uang di rekening bank atau tagihan kartu kredit Moms atau Dads secara tidak sengaja dengan menekan beberapa tombol di perangkat tanpa parental control key.

Key ini mudah diatur, memaksa anak Moms untuk bertanya sebelum dapat membeli apa pun di smartphone dan tablet. Proses ini memberikan kesempatan besar untuk mengajari anak-anak Moms tentang uang sehingga mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang apa artinya memiliki tanggung jawab tambahan dalam hidup.

Baca Juga: Minimalkan Dampak Negatif Main Game Online Pada Anak

4. Parental Control Mambantu Memantau Penggunaan Anak untuk Mengidentifikasi Masalah

problem-solving-activities-preschoolers-a.jpg

Foto: empoweredparents.co

Baik itu menggunakan perangkat lunak pemantauan iPhone untuk melacak foto dan riwayat lokasi atau melacak pembelian yang dilakukan dengan ponsel Android mereka, penting untuk memantau bagaimana anak Moms dan Dads menggunakan teknologi. Dengan begitu, Moms punya waktu untuk mengidentifikasi masalah tertentu dalam perilaku mereka.

Misalnya, anak Moms dan Dads menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain video game. Dalam hal ini, ada risiko mereka tertinggal di sekolah.

Jika mereka melewatkan tugas dan gagal dalam tes, mereka akan memiliki lebih banyak masalah. Dalam hal ini, perlu dilakukan pembahasan tentang prioritas sebelum mulai tertinggal di kelas.

Memantau pesan teks dan posting Facebook juga dapat membantu Moms mengidentifikasi intimidasi atau ancaman online terhadap anak Moms dan Dads di sekolah. Pencegahan biasanya merupakan jawaban terbaik untuk jenis masalah ini.

Sangat penting bagi Moms dan Dads untuk berperan aktif dalam memantau penggunaan berbagai perangkat dan layanan oleh anak laki-laki atau perempuan Moms dan Dads melalui parental control. Hanya dengan begitu, Moms dan Dads bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang situasinya.

Baca Juga: 3 Pengaruh Gadget pada Perkembangan Otak Balita

5. Parental Control Membantu Membatasi Waktu Online Anak

woman-and-daughter-sharing-laptop-featured.webp

Foto: khaleejtimes.com

Parental control juga dapat membatasi berapa banyak waktu yang dihabiskan anak Moms dan Dads di komputer. Dikutip dari Fast Company, dengan parental control Moms dapat mengatur waktu dalam memberi anak Moms kebebasan menggunakan akses Internet.

Ketika jangka waktu tertentu berlalu, jaringan secara otomatis akan memutus koneksi Internet. Dengan begitu, anak Moms tidak dapat lagi mengakses komputer atau perangkat seluler.

Key ini memastikan Moms bisa mengantarkan anak ke tempat tidur tepat waktu dan membantu mencegah kecanduan teknologi. Parental control juga akan membantu anak-anak kecil untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara aktivitas online dan offline.

Baca Juga: 3 Tips Cegah Anak Kecanduan Gadget Selama PJJ dari IDAI

6. Perhatikan Penggunaan pada Objek (Anak-anak dan Anak Remaja)

When-is-it-Okay-to-Allow-Your-Kids-on-Gadgets-res.jpg

Foto: mumcenter.org

Namun, perlu Moms dan Dads ingat bahwa parental control harus digunakan dengan mengingat tujuan penggunaannya. Usia anak yang menggunakan perangkat untuk mengakses Internet akan sangat berpengaruh terhadap hal ini.

Jelas ada perbedaan antara memiliki kontrol ini di komputer yang digunakan oleh anak-anak, yang penggunaan Internetnya terdiri dari bermain atau melihat konten yang menarik secara visual dan menginstalnya di perangkat yang digunakan oleh remaja.

Pada perangkat yang dipakai remaja, mereka terkadang bertukar informasi pribadi dan bertemu orang baru setiap hari dan seterusnya.

Kepercayaan antara orang tua dan anak sangat penting untuk membangun tautan yang benar-benar dapat membantu mereka menikmati Internet dengan aman. Menggunakan alat ini untuk memata-matai aktivitas anak-anak atau secara radikal membatasi aktivitas mereka dapat menyebabkan beberapa situasi yang tidak nyaman.

Selain parental control, yang terbaik adalah memulai dengan mengajari mereka cara yang benar untuk menggunakan komputer dan internet. Moms dan Dads harus fokus membuat mereka sadar akan risiko dan bahaya yang dapat diakibatkan dari penyalahgunaan Internet dan memperjelas bahwa parental control dipasang untuk keselamatan mereka sendiri.

Baca Juga: Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak, Lakukan 3 Hal ini untuk Memperbaikinya

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait