Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Showbiz | Aug 6, 2018

Pasangan Artis Indonesia yang Bercerai Setelah Puluhan Tahun Menikah, Kenapa Bisa Terjadi?

Bagikan


Pernikahan yang langgeng dan harmonis tentu merupakan impian setiap pasangan, sederet selebriti Indonesia ini sempat menjadi panutan bagi masyarakat luas, hingga akhirnya perceraian mereka mengejutkan banyak khalayak.

Siapa sajakah selebriti yang bercerai setelah menikah selama puluhan tahun? Dan apa alasan di balik perceraian pasangan yang telah lama menikah?

Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Foto: kapanlagi.com

Pasangan artis yang menikah selama 27 tahun ini memang jarang diterpa gosip miring selama pernikahannya, bahkan perbedaan agama di antara keduanya pun seolah tak pernah menjadi permasalahan.

Namun, siapa sangka bahwa hal tersebut tak menjamin sebuah pernikahan akan bertahan. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad memutuskan untuk bercerai pada tahun 2013 lalu.

Katon Bagaskara dan Ira Wibowo

Foto: sidomi.com

Pasangan ini tak jauh berbeda dengan pasangan Jamal Mirdad dan Lydia Kandou, keduanya sama-sama menjalani bahtera rumah tangga dengan agama yang berbeda.

Selama 17 tahun, kedua pasangan ini seolah membuat banyak sekali masyarakat iri akan keharmonisan dan keserasiannya.

Namun agaknya serasi saja tak cukup untuk membuat mereka menjadi pasangan seumur hidup. Ira dan Katon memutuskan untuk bercerai pada tahun 2012 silam.

Camelia Malik dan Harry Capri

Foto: kapanlagi.com

Pasangan selanjutnya yang tak kalah membuat kaget adalah pedangdut Camelia Malik dan Harry Capri, pernikahan mereka kandas setelah 25 tahun lamanya menjalin kasih.

Baik Camelia maupun Harry sama-sama mengakui bahwa selama setahun belakangan sebelum mereka bercerai, rumah tangga mereka memang sudah banyak melalui prahara.

Seolah memang tak suka mengundang kontroversi, perceraian mereka pun jauh dari publikasi dan baru mencuat ke publik setelah dua bulan perceraian tersebut terjadi.

Vena Melinda dan Ivan Fadilla

Foto: kapanlagi.com

Sekitar 17 tahun sudah Venna dan Ivan menjalani rumah tangga yang dikaruniai dua orang putra, salah satunya adalah seorang pesinetron terkenal, Verrel Bramasta.

Setelah sempat mendapat predikat pasangan harmonis dari masyarakat, Venna dan Ivan rupanya harus rela melepas predikat tersebut setelah akhirnya memutuskan untuk bercerai.

Perceraian mereka terbilang cukup mengundang perhatian karena terjadinya kisruh perebutan hak asuh anak.

Baca juga: Meski Bercerai, 6 Pasang Selebritis Ini Akur Demi Anak

Faktor Perceraian Secara Psikologis

Sederet perceraian artis di atas, agaknya membuat Moms bertanya-tanya, kiranya faktor apa yang dapat menjadi pemicu sebuah pasangan dapat bercerai meski telah lama menikah.

Secara psikologis, berikut beberapa faktor yang menjadi pemicu sebuah perceraian pasangan meski telah lama menikah.

1. Usia

Salah satu hal yang menjadi penyebab para pasangan yang sudah lama menikah lantas bercerai adalah usia. Perbedaan usia yang cukup jauh, awalnya memang bukan masalah, namun perlahan dapat mulai menjadi masalah.

Tak hanya itu, banyak pula pasangan yang sudah memasuki usia paruh baya ingin merasakan suatu hal yang baru. Dengan kata lain, ada masa puber kedua saat seseorang berusia 40 tahun. Pada masa puber kedua inilah seseorang kerap ingin merasakan jatuh cinta lagi.

2. Jenuh

Secara psikologi, rasa jenuh yang dirasakan dari sebuah hubungan dapat menjadi penyebab terjadinya perceraian pada pasangan paruh baya.

Baca juga: 4 Dampak Perceraian Pada Anak, Salah Satunya Gangguan Mental

3. Kondisi ekonomi

Keuangan memang menjadi salah satu pemicu permasalahan rumah tangga, terlebih bila sudah bicara kondisi ekonomi yang sulit. Segala sesuatunya dapat menjadi sensitif yang berujung pada emosi yang kerap menjadi sebuah faktor perceraian.

4. Seks

Semakin lanjut usia seseorang dapat mengurangi kadar hormonal, yang mana ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan gairah seksual yang cukup besar. Secara tak langsung, hal ini lama-lama dapat menjadi pemicu retaknya rumah tangga.

Mempertahankan rumah tangga memang bukan hal yang mudah. Kita harus ingat bahwa harus ada usaha dari kedua belah pihak agar pernikahan dapat bertahan lama.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.