Kesehatan

29 Juni 2021

3 Manfaat Passion Flower dan Cara Mengonsumsinya

Tidak hanya cantik, tetapi juga punya sejuta manfaat
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Passion flower (passiflora incarnata) adalah bahan herbal yang digunakan secara historis dalam mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti kecemasan, insomnia, kejang, dan histeria.

Bahkan, dahulu suku Indian menggunakan bunga ini untuk mengobati masalah kesehatan seperti luka, sakit telinga, penyakit hati, hingga bisul.

Nama “passion flower” sendiri pertama kali muncul ketika misionaris Kristen tiba di Amerika Selatan pada abad 16. Kala itu, mereka menemukan tanaman yang dirasa sebagai pertanda baik untuk misi mereka serta dianggap simbol kematian Yesus Kristus.

Tanaman merambat abadi yang berasal dari tenggara Amerika Utara ini, sekarang sudah tumbuh di seluruh Eropa dan mudah ditemukan di sana.

Yuk Moms, kita simak apa saja manfaat lainnya dari passion flower untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Kesehatan dari Passion Flower

passion flower.jpg

Foto: thespruce.com

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai potensi penggunaan bunga passion flower.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga ini dapat membantu meredakan kecemasan dan insomnia. Spesies passion flower lainnya juga diteliti dapat untuk mengobati masalah perut.

1. Menenangkan Pikiran

Sebuah studi yang dikutip oleh Healthline menunjukkan bahwa passion flower dapat membantu meredakan insomnia dan kecemasan. Karena bunga satu ini dapat meningkatkan tingkat asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak manusia. Senyawa ini menurunkan aktivitas otak, yang dapat membantu tubuh rileks dan tidur lebih nyenyak.

Studi tersebut juga menunjukkan setelah tujuh hari mengonsumsi passion flower, para responden melaporkan peningkatan kualitas tidur mereka. Para peneliti juga menyarankan bahwa bunga passion flower ungu dapat membantu orang dewasa mengelola gangguan tidur ringan.

Efeknya juga bisa diberikan pada pasien yang dijadwalkan untuk operasi. Pasien yang mengkonsumsinya menjelaskan bahwa mereka mengalami kecemasan yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang menerima plasebo.

Baca Juga: 11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

2. Berpotensi Membuat Perut Lebih Nyaman

Salah satu jenis passion flower, yaitu passiflora foetida, dapat membantu mengatasi masalah perut.

Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalamIndian Journal of Pharmacology, para peneliti memeriksa potensinya untuk mengobati sakit maag.

Lebih jauh lagi, sebuah studi yang dipublikasikan dalam BioMed Research International memperlihatkan manfaat dari bagian lain bunga ini. Ekstrak dari daun dan batangnya dapat menyembuhkan tukak lambung pada tikus. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Zat kimia yang ada dalam passion flower memiliki efek menenangkan, menyebabkan kantuk, serta membuat otot lebih rileks.

Dulunya, penggunaan ekstrak passion flower sempat disetujui sebagai kandungan obat penenang dan obat tidur yang dijual bebas. Namun pada tahun 1978, Food and Drug Administration AS menarik izin edarnya. Alasannya, tidak diketahui pasti bukti keamanan dan efektivitas penggunaannya

Melansir Medical News Today, sebuah penelitian pada tikus menggunakan passion flower secara signifikan meningkatkan gelombang lambat saat tidur (nyenyak), mengurangi gerakan mata cepat saat tidur, dan membantu untuk tertidur lebih cepat.

Penelitian pada hewan lain menemukan bahwa passion flower mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan durasi tidur.

Menentukan keefektifan dan mengidentifikasi efek samping pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

Cara Mengonsumsi Passion Flower

Passionflower.jpg

Foto: gardener.com

Ada berbagai cara yang Moms bisa gunakan untuk mengonsumsi passion flower.

Salah satunya, Moms dapat menambahkan passion flower kering ke air mendidih untuk membuat teh herbal. Moms bisa menemukan passion flower kering atau teh kemasan di banyak toko makanan kesehatan. Ada juga bentuk lainnya, seperti ekstrak cair, kapsul, dan tablet.

Namun, belum ada cukup bukti ilmiah yang mendukung penggunaan dan konsumsi passion flower pada anak-anak. Selain itu, penting untuk ditekankan bahwa dosis yang dikutip dari Very Well Mind ini bukanlah resep, tetapi hanya pedoman yang disarankan.

  • Infused water: 2,5 gram, 3 sampai 4 kali sehari.
  • Teh: Teh terbuat dari 4 sampai 8 gram passion flower kering, setiap hari.
  • Ekstrak cair: 10 sampai 30 tetes, 3 kali sehari.
  • Tetes: 10 hingga 60 tetes, 3 kali sehari.

Saran yang sama berlaku saat menggunakan passion flower seperti halnya untuk suplemen alami apa pun. Jangan lupa baca label produk dan diskusikan dengan dokter atau penyedia medis lainnya tentang dosis yang sesuai kebutuhan medis khusus.

Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang obat lain yang Moms sedang minum atau pengobatan yang dijalani, meskipun hanya sesekali.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

Risiko Mengonsumsi Passion Flower

passionflower-variety.jpg

Foto: thespruce.com

Mengutip dari Healthline, mengonsumsi passion flower umumnya dianggap aman. Tetapi dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Kantuk.
  • Pusing.
  • Kebingungan.

Oleh karena itu, passion flower tidak boleh dikonsumsi dengan obat penenang. Selain itu, tidak aman juga dikonsumsi untuk wanita hamil atau wanita menyusui. Bunga ini diteliti dapat menyebabkan kontraksi.

Sedangkan menurut Very Well Mind, studi ilmiah yang lebih ketat diperlukan untuk membuat kesimpulan yang tegas tentang keefektifan passion flower untuk pengobatan masalah kecemasan, salah satunya seperti gangguan kecemasan sosial.

Baca Juga: Minuman Herbal Pencegah Kanker Terpopuler

Nah itu dia Moms berbagai manfaat serta resiko dari passion flower. Semoga dapat menambah informasi, ya!

  • https://www.nccih.nih.gov/health/passionflower
  • https://www.healthline.com/health/anxiety/calming-effects-of-passionflower#calming
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3113390/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323795#sleep
  • https://www.verywellmind.com/how-is-passion-flower-used-to-treat-anxiety-3024970
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait