Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Gadget & Teknologi | Sep 17, 2018

Path Resmi Tutup, Begini Cara Backup Kenangan di Dalamnya!

Bagikan


Bagi para pengguna media sosial, akhir pekan kemarin terasa begitu suram. Path, salah satu media sosial yang sempat booming dan jadi favorit di Indonesia, mengumumkan bahwa Path resmi ditutup.

Melalui website resminya, Path mengumumkan penutupan aplikasi pada Senin (17/9). Mulai 1 Oktober mendatang, aplikasi Path sudah tidak bisa lagi diunduh atau di-update di iTunes dan Google Play.

Kendati begitu, para pengguna Path masih bisa mengakses aplikasi Path yang sudah ada di smartphone. Pada 18 Oktober, semua pengguna Path sudah tidak bisa lagi mengakses Path. Sebulan kemudian, tepatnya pada 15 November, layanan konsumen Path akan ditutup dan berhenti melayani para konsumen.

Punya Banyak Fitur Unik

foto: imore.com

Kabar tersebut sontak membuat banyak warganet kaget. Mereka pun buru-buru masuk lagi ke aplikasi yang sudah ada sejak 2010 itu.

Kebanyakan dari warganet menyayangkan penutupan aplikasi tersebut. Bukan semata karena aplikasinya, tetapi lebih karena banyaknya kenangan yang terekam dalam aplikasi tersebut.

Banyak sekali hal unik dan tidak biasa yang bisa dilakukan di Path. Salah satunya untuk mengukuhkan eksistensi. Path punya cukup banyak fitur untuk mendukung niatan penggunanya mengukuhkan eksistensi.

Jadi Ajang Pamer

foto: wired.com

Tidak jarang Path dijadikan ajang pamer oleh penggunanya dengan melakukan tag lokasi, tag orang-orang yang sedang bersama, mengunggah foto liburan, membagikan buku yang sedang dibaca agar terlihat keren, menonton film, hingga mendengarkan lagu. Semua orang bisa pamer kegiatan mereka melalui Path.

Biasanya, orang jadi sangat aktif nge-Path saat mereka sedang liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Mereka juga cukup sering nge-Path saat sedang nge-date untuk menunjukkan bahwa mereka tidak jomblo. Tidak lupa, nama pasangannya pun di-tag. Tujuannya tentu saja ingin pamer kepada para pengguna Path lainnya.

Path juga punya fitur #PathDaily yang akan memberikan background pada unggahan kita secara otomatis. Fitur ini sebenarnya bisa jadi menyenangkan, bisa juga menyebalkan karena background dipilih secara acak oleh Path.

Baca Juga: Bolehkah Anak Punya Akun Media Sosial Sendiri?

Aplikasi untuk Kepoin Orang yang Disuka

foto: wired.com

Fitur lain yang cukup sering digunakan oleh para pengguna Path adalah fitur sleep-wake up.

Fitur ini akan membuat warga Path tahu jam berapa dan di mana kita tidur serta jam berapa dan di mana kita bangun. Terdengar tidak penting memang, tapi bagi orang yang sedang mendekati seseorang, ini adalah informasi berharga.

Path ini memang cocok untuk orang yang sedang mendekati seseorang. Path punya fitur untuk melihat siapa saja yang sudah melihat unggahan kita dan siapa saja yang sudah melihat profil kita. Kita juga bisa tahu lho kapan ulang tahun teman-teman kita.

Mirip dengan Facebook, Path juga punya fitur untuk menampilkan memori setiap tahunnya. Fitur ini kadang sangat menyenangkan tapi juga bisa jadi menyebalkan jika memorinya ternyata memori buruk.

Pernah Selangkah Lebih Maju dari Instagram

foto: nypost.com

Ketika Instagram masih belum punya fitur mengunggah video, Path sudah punya. Fitur ini juga cukup populer. Video-video penting hingga tidak penting sering muncul. Path juga punya fitur swipe foto seperti Instagram sekarang lho. Foto-fotonya pun bisa di-filter.

Dan yang paling unik adalah emoticon untuk mengungkapkan reaksi kita terhadap sebuah unggahan. Instagram hanya punya ”like” berbentuk hati. Path punya emoticon yang lebih variatif seperti di Facebook baru-baru ini. Path punya emoticon love, senyum, sedih, kaget, dan tertawa.

Jangan lupa juga ada fitur paling penting kalau sudah lelah dengan unggahan narsis seseorang, yaitu mute friend. Kita juga bisa membuat akun kita di-private dan tidak lupa juga ada fitur inner circle.

Baca Juga: 5 Tipe Ibu-ibu di Media Sosial, Moms Termasuk yang Mana?

Bisa Backup Kenangan di Path

foto: path

Dengan fitur yang banyak itu, para pengguna Path pasti punya banyak sekali kenangan yang sangat saya jika hilang begitu saja seiring dengan ditutupnya Path. Jangan khawatir dulu, Path memberikan waktu hingga 18 Oktober untuk para penggunanya mengamankan kenangan mereka.

Kita bisa melakukan restore atau meng-copy data kita, seperti foto, status, dan video. Seperti apa caranya? Simak di bawah ini ya!

1. Kunjungi https://path.com/settings/backups

2. Log in dengan akun Path kita

3. Klik tombol yang ada di sana dan masukkan alamat email untuk menerima file backup.

atau

1. Bukan aplikasi Path dan masuk ke Setting

2. Klik tombol di sana dan masukkan alamat email untuk menerima file backup.

Untuk cara kedua ini, pastikan aplikasi Path yang digunakan adalah versi terbaru. Ini jadi kesempatan Moms untuk melakukan update aplikasi Path sampai 1 Oktober dan melakukan backup data sampai 18 Oktober.

Nah, dengan cara ini, kenangan yang sudah sempat terekam di Path masih tetap bisa dinikmati. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.