Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Mar 26, 2018

Patut Tahu! Ternyata Ini Bedanya Tumor, Kanker dan Kista

Bagikan



Tumor, kanker dan kista merupakan tiga penyakit yang sama-sama bisa tumbuh di berbagai organ di dalam tubuh. Ketiga penyakit tersebut berbentuk sebuah massa jaringan yang memiliki kemungkinan untuk menggangu fungsi dari organ terdekat dimana mereka tumbuh dan berkembang.

Moms mungkin tahu bahwa kanker memang yang paling berbahaya ketimbang kista dan tumor, namun jangan salah Moms, bila kista maupun tumor berkembang di organ-organ tertentupun dapat membahayakan. Seperti misalnya bila kista tersebut berkembang pada ovarium.

Tentu saja dapat membahayakan Moms karena mempengaruhi proses kehamilan dan persalinan. Untuk itu, kenalilah perbedaan ketiga penyakit tersebut:

Tumor

Tumor merupakan sebuah massa jaringan yang dapat tumbuh pada bagian dalam dan luar tubuh. Tumor bersifat tetap atau tak berpindah dari organ satu ke organ lainnya, dengan kata lain tumor hanya berkembang pada organ itu saja.

Umumnya tumor tak berbahaya, namun jika ukurannya berkembang menjadi besar bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan karena menekan fungsin organ sekitar.

Tumor Jinak

Moms tentu memahami bahwa ada dua jenis tumor, yaitu jinak dan ganas. Tumor jinak berarti tidak bersifat kanker. Pertumbuhannya adalah hasil dari sel-sel yang tidak normal.

Namun, tidak seperti kanker, sel tersebut tidak dapat menyebar ke area lain dari tubuh seperti otak maupun paru-paru serta tidak mempengaruhi jaringan di dekatnya.

Tumor jinak memang tidak berbahaya, namun, lokasi tumorlah yang menimbulkan ancaman. Jika memberikan tekanan pada saraf primer, arteri utama, atau menekan masalah otak, tumor jinak dapat menyebabkan masalah serius.

Tumor Ganas

Tumor ganas berarti tumor yang bersifat kanker, karena jenis tumor ini dapat berkembang biak secara tak terkendali, untuk menyebar ke berbagai bagian tubuh dan menyerang jaringan sekitarnya.

Tumor ganas terbentuk dari sel-sel yang tidak normal yang sangat tidak stabil dan berjalan melalui aliran darah, sistem peredaran darah dan sistem limfat. Tumor ganas dapat disebabkan karena obesitas, merokok, konsumsi alkohol, pola makan yang buruk dan polusi lingkungan.

Baca Juga : 4 Jenis Benjolan yang Ternyata Bukan Kanker Payudara

Kanker

Kanker Merupakan jenis dari tumor yang bersifat dan memungkinkan untuk berpindah dan menyerang organ lain. Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pembelahan sel yang tidak normal dan tidak terkendali.

Hal ini menyebabkan kerusakan DNA dalam sel sehingga menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel tersebut. Dengan kata lain kanker berarti pertumbuhan abnormal sel-sel yang bersifat ganas, invasif, merusak jaringan sekitar, menyebar dan tumbuh dengan cepat.

Nama kanker disesuaikan dengan nama dimana mereka tumbuh dan berkembang, misalnya kanker yang tumbuh di payudara disebut kanker payudara, kanker yang menyerang paru-paru disebut kanker paru-paru, begitu pula dengan yang lainnya.

Kista

Kista merupakan rongga patologis yang dapat terbentuk di bagian tubuh manapun, kista termasuk juga jenis tumor jinak yang sedikit lebih lembut jika diraba karena kista berupa kantong yang berongga biasanya diisi oleh gas, cairan kental, darah, ataupun cairan setengah padat. Sedangkan tumor umumnya sedikit lebih keras karena sifatnya seperti jaringan.

Kista biasanya tidak berbahaya, namun bebarapa kondisi dapat menjadi masalah. contohnya kista ovarium, yaitu kista yang tumbuh pada bagian ovarium, bila terlalu besar dapat menghambat jalan nya persalinan secara normal dan menyebabkan berbagai masalah kehamilan lainnya.

Kista yang tumbuh di organ dalam tubuh juga bahaya apabila sewaktu-waktu pecah dan menumpahkan isi nya di dalam perut.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.