Kesehatan

1 Agustus 2020

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing, Yuk Gerak!

Rumah jadi bersih dan Moms juga bisa menurunkan berat badan dengan mudah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak wanita ingin mendapat berat badan yang ideal, tapi dengan cara yang instan. Padahal, tujuan dari berat badan ideal sama dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tentunya, hal tersebut membutuhkan proses.

Berat badan ideal tidak hanya membuat penampilan semakin menarik, namun mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Moms bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori.

Mayo Clinic menyarankan orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari untuk meningkatkan kesehatan fisik.

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila Moms sedang tidak sempat berolahraga? Ternyata, ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang juga membantu mengurangi berat badan. Ini ulasannya.

Baca Juga: Manfaat Mengajarkan Pekerjaan Rumah Tangga pada Balita

Pekerjaan Rumah Tangga yang Membakar Kalori

Saat ini, mungkin Moms dan keluarga akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Namun, penting untuk tetap memerhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh, ya.

Benar sekali pekerjaan rumah tangga bisa bikin langsing. Tapi, seimbangkan juga dengan asupan kalori jangan sampai melebihi kebutuhan kalori harian. Cek beberapa jenis pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori.

1. Mengepel dan Menyapu

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing-1.jpg

Foto: freepik.com

Mengepel tak hanya dapat menjadikan lantai rumah jadi bersih, namun ini juga merupakan pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori di dalam tubuh.

Kegiatan ini mengharuskan Moms untuk membungkuk, menjangkau sudut dan celah yang sulit, serta berpindah tempat untuk menjangkau seluruh area rumah.

Ternyata, aktivitas mengepel ini mampu membakar hingga 230 kalori per jam. Selain mengepel, Moms juga bisa membakar kalori tersebut dengan menyapu. Jadi, mengepel dan menyapu tentunya membakar kalori lebih banyak lagi, ya!

2. Bertaman

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing-2.jpg

Foto: freepik.com

Taman yang berada di pekarangan sudah waktunya diperhatikan lho, Moms! Kegiatan bertaman dalam waktu sejam mampu membakar 200-400 kalori, tergantung dari seberapa banyak kegiatan yang dilakukan.

Bertaman menjadi pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori, karena saat mengurus tanaman, Moms akan lebih banyak menekuk lutut dan tidak meregangkan punggung. Nah, perlu hati-hati agar tidak terjadi cedera, ya.

“Kegiatan saat bertaman seperti mengangkat, memutar, memangkas, dan mengatur tanaman bisa membangun kekuatan di dalam tubuh. Kegiatan ini juga melibatkan banyak kerja otot,” ungkap Joshua Margolis, pelatih pribadi dan pendiri Mind Over Matter, New York.

Baca Juga: 6 Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan Sambil Mengurus Keluarga

3. Menggosok dan Membersihkan Debu

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing-3.jpg

Foto: freepik.com

Kegiatan bersih-bersih cenderung ringan seperti menggosok atau membersihkan debu saja ternyata juga merupakan pekerjaan rumah tangga yang bisa membakar kalori.

Dilansir dari WebMD, jika dilakukan selama sejam, maka pekerjaan tersebut dapat membakar hingga 190 kalori. Sebaiknya, ketika menggosok atau membersihkan, gunakan kedua tangan dengan seimbang.

“Kegiatan rumah tangga yang melibatkan pekerjaan tangan untuk berpindah dapat membakar lebih banyak kalori. Jadi, usahakan selalu memakai keduanya secara bergantian. Hal ini juga menjaga agar salah satu tangan tidak terlalu letih,” ungkap Andrea Giancoli, konsultan kebijakan nutrisi untuk California Center for Public Health Advocacy.

4. Memasak

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing-4.jpg

Foto: freepik.com

Memasak menjadi pekerjaan yang menyenangkan, ya, Moms! Kita dapat mengolah makanan yang lezat untuk keluarga sambil mampu menurunkan berat badan. Mengutip Shape, jika Moms memasak 40 menit, maka mampu membakar 128 kalori.

Apalagi, memasak juga memerlukan Moms untuk berdiri. Dalam jurnal American College of Sports Medicine, berdiri membakar lebih banyak kalori daripada duduk.

Moms harus mencoba berdiri setidaknya beberapa menit setiap jam atau lebih terutama jika sebagian besar menghabiskan waktu untuk duduk. Melakukan hal ini akan meningkatkan level pembakaran kalori.

Bila dilanjutkan dengan mencuci piring, kalori yang dibakar sekitar 160 kalori. Ini bisa menjadi pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori yang tak kalah menyenangkan.

Baca Juga: 4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

5. Mengatur Ulang Furnitur

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Langsing-5.jpg

Foto: healthway.com

Ada kalanya, Moms ingin mengatur ulang posisi furnitur di rumah. Jika masih dilakukan sendiri, maka kegiatan ini mampu membantu membakar kalori, lho!

Pekerjaan rumah tangga yang membakar kalori dengan memindahkan furnitur di rumah selama 25 menit saja mampu membakar 100 kalori, mengutip dari Health.

Tentunya, akan semakin banyak kalori terbakar jika setelahnya Moms juga membersihkan dengan menyapu dan mengepel.

Jadi, melakukan pekerjaan rumah tangga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan karena dapat membantu Moms mendapatkan berat badan yang ideal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait