2-3 tahun

20 April 2021

Yuk Cari Tahu Pelajaran Anak TK yang Bisa Moms Bantu dari Rumah

Apa saja ya poin penting dari pelajaran anak TK?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat Si Kecil sudah resmi masuk TK, Moms juga akan ikut berdebar. Sebab selain akan bersosialisasi, akan ada pelajaran anak TK yang sesuai dengan perkembangannya saat ini.

Tak hanya itu, akan beberapa pengetahuan dan pengembangan kemampuan Si Kecil yang akan dipantau oleh sekolah.

Penting untuk disadari bahwa standar pendidikan berbeda di setiap daerah, dan tidak ada anak yang belajar dengan kecepatan yang sama. Moms dapat membantu Si Kecil berkembang di sekolahnya dengan membangun kepercayaan diri dan akan menanamkan kecintaan belajar.

Meski masih dalam proses bermain sambil belajar, akan ada beberapa poin penting yang akan dipelajari oleh anak. Antara proses belajar, kebutuhan pemenuhan perkembangan anak serta kondisi yang menyenangkan untuk belajar harus berjalan beriringan.

Baca Juga: Anak Mama Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

Konsep Bermain Sambil Belajar

Pelajaran Anak TK -1.jpg

Foto: schoolsinbeirut.com

Sebuah jurnal dari Journal Unnes menunjukkan bahwa orientasi kurikulum pelajaran anak TK harus berpusat pada kebutuhan anak, internalisasi nilai budaya masyarakat Indonesia, kemampuan mengadaptasi perkembangan kurikulum dan teknologi informasi, serta kesederhanaan kurikulum untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi anak yang masih dalam tahap belajar yang harus dibangun dengan sesuatu yang menyenangkan.

Dilansir dari Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) juga menekankan hal itu.

Mendikbud, Nadiem Makarim mengatakan, yang terpenting dari konsep pendidikan usia dini adalah mengenalkan kepada anak-anak bagaimana belajar sambil bermain.

Hal ini membutuhkan kemitraan antara lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau TK dengan orang tua dan masyarakat.

Pendidik di lembaga PAUD atau TK maupun orang tua harus memahami konsep bermain dan belajar, sehingga tidak terjebak dengan target kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada anak usia dini.

“Apa itu konsep bermain dan belajar. Itulah yang sebenarnya membentuk karakter anak usia dini. Bagaimana mereka berkolaborasi, bagaimana cara menemukan kreativitas, kemudian menjadi cinta sekolah dan cinta belajar. Jadi yang penting bukan soal cepat berhitung, cepat menulis, atau cepat membaca,” tegasnya.

Baca Juga: Trik Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah

Ragam Pelajaran Anak TK

Pelajaran Anak TK -2.jpg

Foto: scholastic.com

Berikut ini adalah beberapa pelajaran anak TK yang akan dipelajari oleh Si Kecil di sekolah, dan Moms juga bisa membantu perkembangannya di rumah.

1. Mengenal Huruf

Saat selesai belajar di TK, anak akan mengenali, memberi nama, dan menulis semua 26 huruf alfabet baik huruf besar maupun kecil. Mereka akan mengetahui bunyi yang benar dari setiap huruf, dan juga akan dapat membaca sekitar 30 kata.

"Membaca untuk anak-anak Anda di rumah tidak hanya membuat mereka senang membaca, tetapi juga membantu mereka di sekolah," kata Susan Quinn, spesialis membaca dan guru sekolah dasar di Sekolah Saint Brendan di Bronx, New York.

Membaca bersama di rumah juga akan meningkatkan bonding, membangun kesenangan, membangun kebiasaan serta membangun konsentrasi, fokus, dan kosa kata.

Sebagai dukungan untuk pelajaran anak TK, cari buku tentang sesuatu yang disukai oleh anak sambil memastikan buku tersebut tidak terlalu sulit untuk dipahami.

Dengan begitu, anak akan mulai tertarik untuk membaca.

"Selalu lebih baik memulainya dengan buku yang lebih mudah, karena kemudian mereka merasa sukses, dan itu memacu mereka, jadi mereka akan membaca lebih banyak," kata tambah Susan.

Anak juga belajar melalui pengulangan, jadi bacalah buku favorit yang sama berulang kali, ajukan pertanyaan, dan dorong anak untuk mengucapkan kata-kata sederhana dengan lantang.

Sepanjang hari, dorong dia untuk membaca kata-kata yang terlihat di rambu-rambu jalan atau papan reklame.

2. Belajar Menulis

Pelajaran anak TK lainnya setelah mengenal huruf dan membaca juga menulisnya. Di kelas, siswa TK akan diajarkan cara menulis kata-kata seperti konsonan, vokal, konsonan sederhana, seperti topi, merah, dan anjing.

Mereka juga akan menulis kalimat singkat dan sederhana seperti ‘Kucing berlari pulang’. Sebab, menulis juga akan melancarkan anak dalam membaca, karena dia akan membaca terlebih dahulu kemudian menuliskannya yang akan membantu melancarkan proses belajar menulisnya.

Moms juga bisa membantu proses belajar menulisnya di rumah. Caranya, siapkan kotak khusus yang berisi peralatan untuk menulis, seperti krayon, pensil, spidol, kertas, buku atau dan catatan agar anak dapat berlatih menulis kalimat sederhana tentang harinya.

Tanyakan tentang apa yang dia tulis, dan minta dia membacanya dengan keras. Berikan dorongan semangat dengan memajang tulisannya di lemari es.

Menggunakan krayon juga akan membuat tulisannya semakin jelas dan juga tampak indah dengan menambahkan gambar kartun favoritnya.

3. Belajar Mengenal Angka dan Berhitung

Pelajaran anak TK juga termasuk akan belajar mengenal, menulis, menyusun, dan menghitung benda hingga bilangan 30. Mereka juga akan menambah dan mengurangi bilangan kecil. Fokus pada penjumlahan dan pengurangan ini akan berlanjut hingga kelas dua SD.

Untuk membantunya belajar di rumah, Moms bisa membantu Si Kecil mencari nomor satu sampai 30 di majalah dan surat kabar, misalnya. Dia bisa memotongnya, merekatkannya di atas kertas, dan menaruhnya dalam urutan numerik.

Saat Moms sedang berada di dalam mobil atau saat mengantri, mainkan permainan yang berhubungan dengan angka. Misalnya, beri anak sebuah nomor dan minta dia untuk mengidentifikasi nomor berikut dan mencarinya di sekitarnya.

Pada waktu tidur, minta dia menghitung berapa banyak boneka binatang yang dia miliki, dan tanyakan, ‘Berapa banyak buku tentang anjing yang kamu miliki? Seberapa cepat kamu bisa menghitungnya?’. Singkirkan dua dari buku ini dan tanyakan, ‘Berapa banyak yang tersisa?.

Baca Juga: 5 Ekstrakurikuler Unik yang Bikin Anak Semangat Sekolah

4. Mengenal Bentuk dan Benda

Pelajaran Anak TK -3.jpg

Foto: sylvanlearning.com

Anak-anak akan belajar bagaimana memberi nama dan mendeskripsikan bentuk umum seperti lingkaran, persegi, segitiga, persegi panjang.

Pada akhir tahun pelajaran anak TK, anak akan dapat mengidentifikasi, mengurutkan, dan mengklasifikasikan objek berdasarkan warna, ukuran, dan bentuk.

Ini juga akan menjadi pelajaran anak TK yang paling dasar. Biasanya, guru akan membuat proses belajar mengenal bentuk dan benda ini dengan cara yang menarik, dengan menghadirkan banyak warna dan juga nyanyian yang akan membuat anak tidak jenuh saat belajar.

Saat di rumah, Moms bisa mengulang pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan cara yang berbeda. Misalnya: ‘Seperti apa persegi panjang itu? Apa bedanya dengan segitiga?’.

Selain itu, Moms juga dapat memperkenalkan permainan ‘menggambar bentuk’ secara bergiliran dengan Si Kecil.

Selain itu, Moms juga bisa mendorong kemampuan anak untuk mengenal bentuk dan benda ini dengan memintanya untuk mengatur mainannya sendiri. Dia bisa mengumpulkan balok berukuran sama ke dalam tumpukan atau mengurutkan Lego berdasarkan warna.

5. Mengenal Waktu dan Musim

Untuk pelajaran anak TK pada usia ini, anak-anak mulai memahami konsep dasar waktu dan musim. Mereka dapat mengidentifikasi waktu hingga jam terdekat. Misalnya, mereka berangkat ke sekolah pada pukul 7:00 dan makan malam pada pukul 18:00.

Namun, perlu dicatat bahwa masih sulit bagi mereka untuk memahami sepenuhnya konsep waktu karena mereka adalah pemikir konkret dan waktu itu abstrak. Untuk mengulangi konsep waktu, teruslah membaca jam saat melakukan aktivitas rutin di rumah.

Gunakan dan jelaskan kata-kata seperti pagi, siang, malam, kemarin, hari ini, dan besok. Buat garis waktu bersama yang menunjukkan hari-hari biasa, dengan gambar acara reguler dan waktu hari yang tertulis di bawah masing-masing.

Selain belajar tentang waktu, anak usia 5 dan 6 tahun dapat menyebutkan empat musim, jadi bagan perubahan cuaca bersama-sama di kalender sepanjang tahun. Temukan gambar yang menggambarkan setiap musim seperti hujan dan kekeringan, dan bicarakan tentang apa yang dilihat anak.

6. Sains

Sains adalah tentang mulai memahami dunia di sekitar mereka. Anak-anak belajar tentang tumbuhan, hewan, kebiasaan kesehatan yang baik, cuaca dan memantau cuaca, dan tentang panca indera dan dasar-dasar tubuh mereka dan belajar untuk mencintai dan memahaminya.

Sains menjadi salah satu pelajaran anak TK yang tak kalah penting.

Guru akan melakukan eksperimen sains sederhana di kelas. Anak-anak TK dapat mengingat lebih banyak informasi dan sekarang dapat menggunakannya untuk menghubungkan berbagai hal dan mengelompokkan berbagai hal. Salah satunya dengan praktek sains yang dilakukan di sekolah itu.

Biasanya saat pelajaran anak TK tentang sains, anak-anak akan memberi perhatian penuh. Sebab, mereka melakukan eksperimen dan takjub melihat hasilnya. Misalnya eksperimen gunung meletus yang berhasil membuat anak-anak memekik kegirangan karena dapat melakukannya dengan baik.

7. Sosialisasi

Dalam pelajaran sosial, tahun pertama TK dimulai dengan fokus pada ‘aku’. Anak-anak akan belajar tentang keluarga dekat dan jauh mereka, mempelajari alamat dan nomor telepon mereka dan berbagi informasi tentang diri dan minat mereka.

Pada akhir tahun, mereka akan memperluas bidangnya untuk melihat keluarga, budaya, lingkungan, dan komunitas yang berbeda. Ini akan membantu Si Kecil untuk mengidentifikasi sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan mengembangkannya dalam lingkungannya.

Itu dia Moms, deretan pelajaran anak TK yang bisa menjadi informasi untuk Si Kecil yang hendak memasuki usia TK.

Dengan kolaborasi yang aktif antara Moms dan guru, pelajaran anak TK yang didapatkan Si Kecil akan berjalan dengan baik.

  • https://www.parents.com/kids/education/elementary-school/your-kid-will-learn-in-kindergarten/
  • https://www.k5learning.com/blog/what-kids-learn-kindergarten
  • https://www.researchgate.net/publication/327744942_The_Evaluation_of_Kindergarten_Curriculum_Content_in_DKI_Jakarta_Third_Year_Research
  • https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/mendikbud-pentingnya-konsep-bermain-dan-belajar-di-jenjang-paud
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait