Fashion & Beauty

27 Oktober 2021

6 Bahan Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman

Simak juga rekomendasi produknya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Widya Citra Andini

Siapa sih yang tak ingin memiliki wajah yang lembap dan juga cerah? Pasalnya, jarang pelembap yang cocok dan bisa dipakai ketika mengandung. Jadi, banyak orang yang bingung mengenai pelembap wajah untuk ibu hamil yang pas.

Mempersiapkan kelahiran anak adalah hal yang sangat menggembirakan, tapi kehamilan terkadang bisa mendatangkan beberapa ketidaknyamanan.

Termasuk harus menghindari makanan tertentu dan kegiatan dengan intensitas tinggi.

Wanita hamil juga harus berhati-hati dengan skincare yang digunakan pada kulit mereka.

Produk yang mengandung bahan-bahan, seperti retinoid resep, retinol tanpa resep, hidrokuinon, benzoil peroksida, dan asam salisilat, tidak aman selama kehamilan.

Dilansir dari jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan merupakan periode di mana lebih dari 90% wanita memiliki perubahan kulit yang signifikan dan kompleks yang mungkin berdampak besar pada kehidupan wanita.

Salah satu permasalah terbesar adalah kondisi kulit kering selama hamil. Kulit kering ini bisa menyebabkan kulit jadi kasar dan gatal.

Hal inilah yang membuat pelembap wajah untuk ibu hamil patut untuk diketahui. Jangan sampai kulit malah jadi kering dan terlihat tidak cantik ya, Moms!

Memilih pelembap wajah untuk ibu hamil memang bisa sedikit membingungkan. Namun tenang saja ya, Moms!

Ada beberapa jenis skincare yang aman digunakan untuk melembapkan kulit kering saat hamil.

Baca Juga: Rekomendasi 12 Bahan Skincare untuk Ibu Hamil yang Aman untuk Janin

Apa Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil yang Cocok?

melembapkan kulit

Foto: independent.co.uk

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, memilih pelembap wajah untuk ibu hamil bisa sedikit membingungkan.

Terlebih ibu hamil tidak bisa sembarangan dalam memilih skincare agar tidak membahayakan kandungan.

Apa saja bahan skincare atau pelembap wajah untuk hamil yang aman dan bisa digunakan? Kita lihat, yuk!

1. Hyaluronic Acid

Salah satu pelembap wajah untuk ibu hamil yang aman adalah hyaluronic acid.

“Bahan perawatan kulit untuk anti aging dan melembapkan kulit wajah ini, aman digunakan selama kehamilan,” kata Melissa Schweiger Kleinman, editor kecantikan di Sephora.

Hyaluronic acid ini secara alami ditemukan dalam tubuh kita dan sangat fleksibel sehingga bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering, kulit sensitif, serta berjerawat.

Baca Juga: 7 Nutrisi Wajib dalam Menu Diet Ibu Hamil

2. Glycerin

Glycerin bisa menjadi pilihan terbaik untuk Moms yang mencari pelembap wajah untuk ibu jamil yang tepat.

Pelembap yang ringan dan lembut adalah yang paling baik untuk mengatasi kulit kering selama kehamilan.

Amy Newburger, dokter kulit di New York, mengatakan bahwa skincare yang berbasis glycerin adalah yang terbaik selama kehamilan karena senyawanya yang lembut dan melembapkan.

3. Shea Butter

shea butter

Foto: Orami Photo Stock

Shea butter menjadi pelembap wajah untuk ibu hamil yang sering dipilih, lho!

Ya, tidak sedikit ibu hamil yang memutuskan untuk menggunakan skincare berbahan shea butter karena bahannya yang aman di kulit dan bisa membuatnya terasa kenyal.

Shea butter mampu menjaga pelindung kulit tetap sehat dapat membantu meminimalisir kulit kering.

American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit.

Baca Juga: Coba 12 Makanan Ibu Hamil Ini Agar Bayi Berkulit Putih

4. Minyak Alami

Nah, jika Moms tidak ingin terlalu repot, pelembap wajah untuk ibu hamil yang mudah untuk ditemukan adalah minyak alami.

Jika Moms khawatir dengan kondisi kulit kering selama hamil, mengaplikasikan minyak alami pada kulit bisa jadi pilihan yang tepat, karena akan meningkatkan kualitas dan tekstur kulit menjadi lebih lembap.

"Minyak alami yang dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit adalah minyak kelapa, jojoba, dan vitamin E,” tutur Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

5. Lidah Buaya

Pelembap wajah untuk ibu hamil yang aman berikutnya, yaitu lidah buaya. Lidah buaya juga bisa memiliki efek luar biasa untuk kulit yang terbakar karena sengatan matahari.

Lidah buaya sendiri bisa menjadi pelembap wajah untuk ibu hamil karena aman dan juga ringan.

Moms juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan shea butter serta evening primrose serta minyak pohon teh untuk mengatasi kulit kering dan juga jerawat.

Seperti yang sudah kita ketahui, aloe vera atau lidah buaya sendiri adalah pelembap wajah untuk ibu hamil yang aman dan bisa digunakan kapan saja.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Ibu Hamil

6. Bengkoang

Bengkoang

Foto: Orami Photo Stock

Bengkoang sudah sedari dulu menjadi andalan para perempuan untuk merawat wajah secara alami.

Bahkan bengkoang sendiri pun dijadikan bahan utama dari berbagai macam produk kecantikan untuk membuat kulit kita menjadi lebih cantik.

Meski merepotkan, namun menggunakan bengkoang sebagai bahan skincare atau pelembap wajah untuk ibu hamil sangatlah ampuh.

Moms hanya perlu memarut bengkoang usai mengupasnya. Peraslah parutan bengkoang dan tempatkan air perasannya di mangkok yang bening atau wadah apa saja yang berwarna transparan.

Jika sudah, diamkan perasan bengkoang tersebut hingga menjadi endapan. Jika sudah selesai, ambilah endapan tersebut dan kemudian buang airnya.

Oleskan endapan bengkuang di wajah Moms kurang lebih 30 menit hingga akhirnya mengering dengan sendirinya. Setelah itu, Moms bisa membilas wajah hingga bersih.

Rekomendasi Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil

Moms yang sedang mencari moisturizer wajah mungkin bisa memilih salah satu rekomendasi produk wajah untuk ibu hamil di bawah ini.

1. Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer

Mamas Choice Daily Protection Face Moisturizer.jpeg

Produk pelembap wajah untuk Moms yang sedang dalam masa kehamilan pertama, yakni Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer.

Selain dapat melembapkan wajah, produk khusus untuk ibu hamil dan menyusui ini bisa berfungsi sebagai sunscreen juga, lho.

Dengan kandungan SPF 20 PA++, Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer bisa melindungi kulit wajah Moms dari bahaya sinar matahari.

Pelembap wajah ini dibuat dengan ekstrak beras sehingga wajah tampak lebih bercahaya.

Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer juga diperkaya dengan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit dan mencegah penuaan dini, serta orange essential oil sebagai aroma alami yang menyegarkan.

Teksturnya sangat ringan, mudah diaplikasikan ke seluruh wajah, tidak lengket, dan mudah menyerap.

Dibuat dengan formula bebas toksin, telah teruji secara dermatologis, dan hypoallergic. Jadi, aman digunakan oleh seluruh jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Baca Juga: 7 Skincare Aman untuk Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

2. Cetaphil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer

cetaphil moisturizer.jpg

Produk pelembap wajah yang aman untuk ibu hamil berikutnya, yakni Cetaphil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer.

Ini adalah pelembap wajah yang telah teruji secara klinis cocok untuk kulit berminyak dan acne prone skin karena bisa meminimalisir produksi minyak sekaligus melembapkan kulit.

Moms yang memiliki wajah berminyak dan rentan berjerawat mungkin akan cocok dengan produk pelembap yang satu ini.

Cetaphil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer mengandung zinc untuk mengontrol produksi minyak pada wajah dan non-comedogenic.

Oleh karenanya, tak menyumbat pori-pori, serta diperkaya dengan SPF untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Selain itu, pelembap dari Cetaphil dapat menenangkan kulit yang sensitif karena kemerahan dan kulit kering akibat perawatan jerawat.

3. Sebamed Moisturizing Cream

sebamed moisturizing cream.jpg

Sebamed Moisturizing Cream bisa menjadi pilihan pelembap wajah berikutnya untuk Moms yang sedang hamil atau menyusui.

Produk pelembap dari Sebamed ini diperkaya dengan vitamin E sehingga dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Sebamed Moisturizing Cream juga dapat membantu dalam menjaga penghalang hydrolipid alami kulit terhadap stres lingkungan.

Krim pelembap wajah ini dibuat dengan formulasi terbaik sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sangat sensitif sekali pun.

Teksturnya sangat lembut, bisa menghidrasi kulit dengan baik dan membuat kulit wajah lebih kenyal.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Sensitif Ibu Hamil

4. Laneige Water Bank Gel Cream

laneige water bank gel cream.jpg

Moms yang sedang hamil dan mencari pelembap wajah bisa memilih Laneige Water Bank Gel Cream.

Selain membuat kulit wajah lebih lembap, lembut, dan kenyal, produk yang satu ini bisa menurunkan suhu kulit untuk mengatasi kemerahan akibat sinar matahari atau jerawat yang meradang.

Sesuai namanya, Laneige Water Bank Gel Cream memiliki tekstur gel yang ringan sehingga mudah untuk mengaplikasinnya ke kulit dan cepat menyerap.

Krim berbahan dasar air ini sangat aman untuk ibu hamil dan menyusui. Apakah Moms tertarik mencobanya?

5. Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin

neutrogena moisturizer.jpg

Selanjutnya, ada Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin yang bisa Moms pilih sebagai pelembap wajah untuk ibu hamil.

Produk ini merupakan pelembap berformula ringan dengan aksi ganda yang dapat melembapkan area kering sekaligus mengontrol kilau berminyak.

Kulit pun terasa lebih lembut dan lebih halus. Neutrogena Oil Free Moisture Combination Skin memiliki hasil akhir matte alami sehingga tahan sepanjang hari.

Cocok untuk Moms yang memiliki kulit berminyak atau kulit kombinasi.

Pelembap dari Neutrogena aman untuk ibu hamil karena non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori, telah teruji hypoallergenic, dan tanpa bahan pengharum.

Baca Juga: 6 Perawatan Kulit Ibu Hamil, Wajib Dilakukan!

Itu dia beberapa pelembap wajah untuk ibu hamil yang bisa digunakan mengatasi kulit kering.

Sebaiknya, tetap konsultasikan dulu skincare yang akan Moms pakai pada dokter kandungan ya!

  • https://www.aad.org/skin-care-basics/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4311336/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait