Home & Living

26 Juni 2021

Rekomendasi 8 Pembersih Lantai Kamar Mandi yang Bisa Bikin Kinclong!

Pembersih mana yang tepat untuk kamar mandi Moms dan Dads?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Salah satu kegiatan rutin yang perlu Moms dan Dads kerjakan di rumah adalah membersihkan lantai kamar mandi. Pembersih lantai kamar mandi tentunya menjadi produk penting yang harus dimiliki di setiap rumah.

Yuk simak cara memilih dan rekomendasi produk pembersih lantai kamar mandi!

Pembersih Lantai Kamar Mandi

Dalam jurnal Applied Microbiology, virus dan bakteri ditemukan mampu bertahan di permukaan kloset walaupun sudah disiram berkali-kali. Bahkan, mikroorganisme tersebut juga dapat menyebar ke area yang lebih luas di kamar mandi melalui percikan air siraman kloset dan sebagian lagi mampu bertahan di udara.

Selain memberikan rasa nyaman ketika berada di kamar mandi, tujuan utama membersihkan kamar mandi adalah untuk menghilangkan kuman-kuman yang berpotensi menyebabkan penyakit dan bau tidak sedap.

Moms dan Dads, apakah biasanya membeli produk pembersih lantai kamar mandi hanya dilihat dari merk dan harganya saja?

Ternyata ada beberapa perbedaan antar produk pembersih lantai kamar mandi yang beredar di pasaran. Coba pilih yang cocok untuk kebutuhan Moms dan Dads di rumah, yuk!

Baca Juga: 5 Ide untuk Merapikan Rak Kamar Mandi

Cara Memilih Pembersih Lantai Kamar Mandi

Pembersih lantai kamar mandi

Foto: Freepik.com

Moms dan Dads perlu memilih produk pembersih lantai kamar mandi sesuai dengan kegunaannya agar lebih efektif dan efisien. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pembersih lantai kamar mandi.

1. Pilih Sesuai Dengan Jenisnya

Dilansir dari Home Strathosphere, ada beberapa jenis pembersih lantai kamar mandi yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

  • Pembersih Berbentuk Cairan

Pembersih lantai kamar mandi paling umum ditemukan dalam bentuk cair. Cairan pembersih ini berupa larutan kimia yang digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi.

Pembersih biasanya disemprot atau dituang ke area yang perlu dibersihkan, lalu gosok secukupnya menggunakan sikat hingga noda yang tidak diinginkan hilang.

  • Pembersih Toilet Berbentuk Tablet

Dengan tablet pembersih toilet, yang perlu dilakukan hanyalah menempatkan tablet ke dalam tangki toilet dan disiram. Tipe pembersih ini membantu membunuh bakteri berbahaya seperti staph, strep, Salmonella, dan E. Coli yang biasa mengisi air toilet. Biasanya bahan aktif dalam tablet pembersih toilet adalah pemutih.

  • Pembersih Toilet Berbentuk Bubuk

Jenis pembersih toilet populer lainnya termasuk yang tersedia dalam bentuk bubuk. Setelah menaburi lantai kamar mandi dengan pembersih bubuk, Moms dan Dads perlu menggosok seluruh area yang ingin dibersihkan menggunakan kain, spons, atau sikat.

Menurut para ahli, bahan aktif pembersih bubuk ini cenderung minim bahan kimia, yaitu natrium borat, mineral yang biasa ditemukan dalam sabun, deterjen, dan pengharum.

  • Pembersih Toilet Bebas Bahan Kimia

Pembersih toilet yang dijual bebas biasanya dikemas dengan bahan kimia keras yang dapat berpengaruh negatif untuk lingkungan.

Inilah mengapa sangat penting untuk beralih ke pembersih lantai kamar mandi yang lebih ramah lingkungan untuk menghindari pelepasan bahan kimia beracun.

Meskipun larutan pembersih ini mengandung bahan-bahan yang lebih lembut, namun cukup efektif terhadap mikroorganisme yang tidak sehat yang mungkin berada di toilet, sekaligus membersihkan noda air sadah, endapan mineral, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Kiat Membersihkan Kamar Mandi Agar Bersih dan Nyaman

2. Pilih Pembersih Dalam Kemasan Spray

Pembersih lantai kamar mandi dalam kemasan semprot atau spray mungkin adalah jenis yang paling sering dipilih. Moms dan Dads bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir detergen mengenai tangan.

Jika produk memiliki desain dan daya semprot yang baik, hasil semprotnya dapat lebih merata ke setiap sudut kamar mandi. Dengan kemasan spray, proses membersihkan kamar mandi menjadi lebih mudah, cepat, dan tidak melelahkan.

3. Pilih Pembersih yang Mengandung Deodoran

Bau di dalam kamar mandi dapat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Moms dan Dads bisa memilih pembersih lantai kamar mandi berbahan dasar deodoran untuk mengatasi bau tidak sedap.

Saat kamar mandi mulai berbau, Moms dan Dads dapat menyemprotkan cairan pembersih ini ke area sumbernya.

Saat ini banyak tersedia produk pembersih yang memiliki wewangian yang beragam. Namun, cara paling efektif untuk mencegah bau di kamar mandi adalah dengan menghilangkan berbagai kotoran di dalamnya.

Baca Juga: 5 Ide Kamar Mandi Nautical yang Menenangkan

Rekomendasi Produk Pembersih Lantai Kamar Mandi

Kebanyakan pembersih lantai kamar mandi dapat digunakan untuk membersihkan toilet dan lantai sekaligus karena memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda. Namun, sebagian produk pembersih toilet memiliki tekstur lebih kental untuk membantu membersihkan noda dan kerak yang lebih sulit dibersihkan.

Untuk memudahkan Moms dad Dads memilih dan membeli produk pembersih lantai kamar mandi, di bawah ini adalah rekomendasi produk pembersih lantai kamar mandi

1. Harpic

Harpic pembersih lantai

Foto: Harpic.co.id

Harpic Pembersih Kamar Mandi adalah produk pembersih yang dapat diaplikasikan dalam menyelesaikan berbagai masalah kebersihan kamar mandi.

Fungsi dari Harpic Pembersih Kamar Mandi ini yaitu membunuh kuman, membersihkan noda membandel, memberikan aroma harum dan segar di kamar mandi, serta keunggulannya adalah tidak membuat tangan perih ketika membersihkan.

Harpic Pembersih Kamar Mandi ini sangat aman digunakan untuk membersihkan wastafel, bak mandi, dan porselen kamar mandi.

2. Porstex

Porstex pembersih lantai

Foto: shopee.co.id/smart_byshopee

Porstex adalah cairan pembersih kloset yang bekerja efektif untuk mengangkat kerak dan kotoran, menghilangkan noda membandel, serta membunuh kuman yang ada di permukaan kloset.

Dengan hitungan menit permukaan kloset akan menjadi bersih mengkilap. Desain kepala botol yang bengkok akan memudahkan Moms dan Dads dalam membersihkan area yang sulit dijangkau.

Moms dan Dads disarankan menggunakan sarung tangan ketika menggunakan produk ini.

3. Vixal

vixal pembersih kamar mandi

Foto: istyle.id

Vixal Pembersih Toilet dan Kamar Mandi merupakan merk dari Unilever, telah digunakan untuk membersihkan kamar mandi hotel, restoran, kafe, dan tentunya bisa digunakan di rumah.

Formula Vixal yang kuat dapat menghilangkan noda membandel yang ada di permukaan porselen, keramik, dan mosaik dengan cepat.

4. WPC Pembersih Porselen

WPC pembersih lantai

Foto: tokopedia.com/golden-tree

WPC Pembersih Porselen adalah cairan pembersih yang efektif membersihkan noda di lantai kamar mandi dan kloset, membasmi kuman penyebab penyakit, dan menghilangkan bau kamar mandi.

WPC Pembersih Porselen cocok digunakan sebagai pembersih lantai kamar mandi sehari-hari, karena harus digunakan secara rutin agar mendapatkan hasil bersih yang maksimal.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Balita Cedera di Kamar Mandi, Moms Wajib Paham!

5. Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi

Mr. Muscle pembersih toilet dan lantai

Foto: scjohnson.co.id

Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi adalah produk pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan kloset sekaligus dinding, lantai, dan seluruh permukaan yang ada di kamar mandi.

Berdasarkan uji laboratorium, produk ini terbukti ampuh membunuh kuman hingga 99.9%.

6. Domestos

Domestos pembersih toilet

Foto: tokopedia.com/jofanashop

Domestos Anti Kerak Pembersih Toilet merupakan pembersih toilet dengan formula khusus yang memiliki cairan 7 kali lebih kental dari pembersih toilet umumnya.

Produk ini mampu menghilangkan kerak dan noda kekuningan pada lantai kamar mandi, efektif membunuh kuman, serta dapat memberikan keharuman yang segar.

7. Sodasan Bathroom Cleaner

Sodasan bathroom cleaner

Foto: sesa.id

Sodasan bathroom cleaner dapat digunakan untuk membersihkan area tertentu kamar mandi yang membutuhkan perhatian khusus.

Produk ini berbentuk spray yang memudahkan pembersihan dan dibuat dari bahan nabati yang ramah lingkungan.

Produk ini dapat diaplikasikan pada permukaan di kamar mandi, diamkan kurang lebih semenit sebelum dilap dengan kain atau sikat.

Sodasan juga dapat menghilangkan bau tidak sedap dan meninggalkan aroma pohon cemara segar yang menyenangkan dan alami.

8. Cif Cream

Cif cream serbaguna

Foto: instagram.com/cif_indonesia

Cif Cream memiliki tekstur yang kasar jika diraba, karena berisikan jutaan mikrokristal alami yang efektif membersihkan noda.

Tidak hanya untuk kamar mandi, Cif Cream juga bisa digunakan di dapur, kaca, bahkan membantu membersihkan kerak di alat masak.

Aplikasikan Cif Cream secukupnya di area yang akan dibersihkan tanpa dibasahi, lalu gosok hingga bersih dengan kain yang lembap.

Baca Juga: 6 Barang Praktis yang Harus Ada di Kamar Mandi Minimalis

Selain meningkatkan kesan bersih dan segar, membersihkan kamar mandi secara rutin juga dapat menghilangkan berbagai sumber penyakit seperti bakteri, virus, jamur, dan membasmi telur-telur organisme pembawa penyakit yang sering bersarang di kamar mandi.

  • https://www.homestratosphere.com/types-of-toilet-cleaners/
  • https://my-best.id/6485
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC187159/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait