Fashion & Beauty

21 Juli 2021

5 Rekomendasi Pembersih Make Up yang Ampuh Membersihkan hingga Ke Pori-pori

Pembersih make up yang berkualitas akan menjaga kulit tetap bersih setelah seharian beraktivitas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Karla Farhana

Memakai make up mungkin telah menjadi kebiasaan sehari-hari Moms yang aktif setiap hari. Namun, apakah selama ini produk pembersih make up yang digunakan sudah sesuai dengan apa yang Moms butuhkan? Jangan salah pilih, yuk ikuti dulu pembahasan pembersih make up berikut ini!

Pembersih Make Up

Rekomendasi make up remover

Foto: pexels.com/@sora-shimazaki

Make up menjadi hal yang penting bagi setiap wanita. Namun, membersihkan wajah dari make up adalah hal yang tidak kalah penting.

Membersihkan make up di penghujung hari bertujuan agar kulit dalam keadaan bersih dan tidak memicu timbulnya jerawat saat tidur.

Selain itu, membiarkan make up di wajah semalaman, justru bisa membuat masalah pada pori-pori kulit karena tidak bisa bernafas.

Sayangnya, penggunaan produk cuci muka saja tidak cukup karena tidak bisa mengangkat sisa-sisa make up secara optimal.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pembersih make up yang bisa membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran secara menyeluruh.

Menurut Journal of International Pharmaceutical Research, pembersih make up bisa mengurangi residu lemak seperti sebum berlebih, sisa-sisa produk kosmetik yang digunakan, dan penumpukan kandungan make up di lipatan dan permukaan kulit,

Hal ini diperlukan agar sisa-sisa make up yang menempel tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, make up remover juga bisa merangsang pembentukan sel-sel kulit baru, yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tertinggal pada wajah.

Baca Juga: Ini 6 Obat Alami untuk Menghilangkan Jerawat dalam Semalam!

Rekomendasi Pembersih Make up

Make up memang dapat meningkatkan penampilan wajah hampir secara instan, namun sering menjadi salah satu faktor penyebab masalah kulit seperti komedo dan jerawat karena tidak dibersihkan dengan benar.

Nah, agar kulit Moms bisa tetap sehat dan bebas jerawat, berikut adalah 5 rekomendasi pembersih make up yang bisa dicoba.

1. Pembersih Make Up untuk Bibir dan Mata

Maybelline make up remover

Foto: reviews.femaledaily.com

Make up di area bibir dan mata biasanya dirancang waterproof dan lebih tahan lama karena paling rentan terkena air.

Jika Moms saat ini sedang mencari pembersih make up bagian mata dan bibir, maka Maybelline Eye & Lip Make up Remover mungkin bisa menjadi salah satu pilihan.

Formulanya yang mengandung sedikit minyak bisa mengangkat make up waterproof di bagian bibir dan mata. Produk ini cukup ampuh sehingga Moms tidak perlu menggosok bibir dan mata untuk bisa membersihkannya.

Produk ini mudah ditemukan di supermarket terdekat dengan kisaran harga Rp50.000-Rp70.000 untuk ukuran 70 ml.

Kocok terlebih dahulu sebelum menggunakan, kemudian tuang secukupnya pada kapas dan tempelkan ke mata. Diamkan selama beberapa detik dan usapkan ke arah bawah. Ulangi bila perlu.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Deep Cleansing untuk Kesehatan Kulit Wajah

2. Pembersih Make Up untuk Kulit Sensitif

Cetaphil Make Up Remover.jpg

Foto: hip2save.com

Make up remover yang dibutuhkan kulit sensitif haruslah tidak mengandung parfum yang biasanya memicu iritasi.

Moms bisa menggunakan produk Cetaphil Gentle Waterproof Make up Remover yang mengandung bahan aktif dan tidak mengandung minyak.

Produk ini sudah lulus tes uji dermatologist dan ophthalmologist yang terbukti tidak mengandung minyak, pewangi, hypoallergenic, dan non-comedogenic.

Selain itu, kandungan seperti aloe vera, green tea, dan ginseng di dalamnya bisa menenangkan kulit yang sensitif.

Tidak membuat pedih dan cekat-cekit, tapi ampuh mengangkat make up, yang waterproof sekalipun.

Moms bisa mendapatkan semua manfaat tadi hanya dengan harga Rp190.000-Rp220.000 untuk ukuran 177 ml.

3. Untuk Kulit Berminyak

Make up remover untuk oily skin

Foto: littlewhitetruthsblog.blogspot.com

Sama halnya ketika memilih skincare untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan pembersih make up dengan formula yang ringan juga. Pada umumnya, kulit berminyak akan diikuti dengan masalah jerawat.

Untuk itu, sebaiknya pilih make up remover dengan kandungan salicylic acid atau allantoin. Kedua kandungan ini bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan, dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, kandungan tersebut juga bisa mengatasi kulit yang rusak akibat sinar matahari dan kemerahan pada wajah.

Moms bisa menggunakan produk Garnier Micellar Cleansing Pure Active dengan harga Rp35.000-Rp40.000 untuk ukuran 125 ml. Produk satu ini mengandung bahan gliserin yang bisa sekaligus memerangi dan mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering, 15 Cara Ini Bisa Dicoba!

4. Untuk Kulit Kering

BIORE CLEANSING OIL

Foto: vidazenitha.com

Apabila Moms memiliki kulit kering, maka pembersih make up dengan jenis cleansing oil sangat pas untuk digunakan. Karena berbahan dasar minyak, kandungan tersebut bisa membuat kulit kenyal dan lembap.

Pilihlah cleansing oil yang mengandung argan atau shea oil yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Nah, salah satu produk yang bisa jadi rekomendasi adalah Biore Cleansing Oil dengan harga terbaik Rp28.000. Aromanya menenangkan dan membuat kulit lebih lembap.

Produk ini juga bisa membersihkan make up waterproof karena berbahan dasar minyak.

Cara menggunakannya yaitu tuangkan oil pada telapak tangan secukupnya dan usapkan ke wajah secara merata. Pijat wajah dengan lembut secara perlahan hingga make up luntur secara perlahan. Terakhir, bilas dengan air bersih.

5. Pembersih Make Up yang Praktis dan Mudah Dibawa

Watson Cleansing Wipes

Foto: tampilcantik.com

Buat Moms yang tidak suka repot dan memiliki mobilitas cukup tinggi, Moms bisa menggunakan cleansing wipes.

Produk yang mirip dengan tisu basah ini sangat mudah dibawa kemana-mana dan tetap memiliki kandungan yang ampuh untuk menghapus make up.

Salah satu rekomendasi produk pembersih make up adalah Facial Cleansing Wipes dari Watsons dengan harga Rp29.900. Semua varian produknya mengandung micellar water yang bisa membersihkan kotoran di wajah hingga tuntas.

Selain itu, varian yang tersedia juga banyak sehingga bisa disesuaikan dengan jenis kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menempelkannya di wajah, misalnya mata, selama 15-20 detik.

Setelah itu, usap dengan lembut dan buatlah gerakan seperti mengangkat. Cara ini bisa melindungi kulit Moms dan fraksi berlebihan yang bisa membuat kulit tergesek dan akhirnya iritasi.

Baca Juga: Bedak Dingin Rahasia Kecantikan Tradisional, Inilah Manfaat dan Cara Membuatnya

Tips Menggunakan Pembersih Make Up

Tips memilih make up remover

Foto: Freepik.com

Sebelum memilih produk pembersih make up yang tepat, sangat penting bagi Moms untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki agar kulit mendapatkan perawatan yang tepat dan tetap sehat.

Jika Moms memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya gunakan pembersih make up yang berbasis air, seperti micellar water, dan hindari pembersih make up yang mengandung pewangi, pewarna, alkohol, dan paraben.

Apabila kulit cenderung kering, maka pilih produk make up remover dengan kandungan glycerin, tocopheryl, minyak zaitun, castrol oil, dan acetate. Kandungan-kandungan ini bisa melembapkan kulit dengan baik.

Jika Moms memiliki kulit yang berminyak, maka gunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid atau allantoin yang bisa mencegah bakteri penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Wajah Jika Tidak Menghapus Makeup Seharian

Beberapa produk pembersih make up juga ada yang berbahan dasar air dan minyak pembersih (cleansing oil) yang tidak dapat menyatu. Sebaiknya kocok terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Gunakan pembersih make up untuk kulit sensitif ketika membersihkan area mata karena mengandung bahan anti iritasi, atau produk yang khusus untuk membersihkan make up mata.

Usahakan menggunakan kapas atau kain yang lembut dan bersih sebagai aplikator remover pads wajah karena memiliki permukaan yang lebih halus dan aman untuk wajah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Foundation Halal untuk Makeup Flawless

Moms, itulah tadi penjelasan tentang pembersih make up dan rekomendasi produknya. Perlakuan terhadap wajah memang harus penuh kehati-hatian dan tidak bisa sembarangan memilih produk perawatan kecantikan.

Kulit yang sehat juga dapat terwujud dengan menjaga asupan makanan yang sehat dan alami, istirahat yang teratur, dan pengelolaan stres yang baik.

  • https://my-best.id/119090
  • https://www.researchgate.net/publication/338549643_Development_and_Evaluation_of_Natural_Cosmeceutical_Ingredients_as_Makeup_Remover_to_Prevent_Hyperpigmentation
  • https://my-best.id/135892
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6011872/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait