Pernikahan & Seks

15 Juni 2021

Gairah Seks Menurun? Coba 4 Macam Penambah Gairah Ini

Pastikan aman ya, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Mengonsumsi makanan, obat, atau suplemen penambah gairah merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan ketika gairah seks menurun atau rendah.

Gairah seks atau juga disebut dengan libido, memiliki berbagai macam faktor yang dapat membuatnya menurun. Melansir National Health Service, hal ini sering dikaitkan dengan masalah hubungan, stres atau kelelahan, tetapi juga bisa menjadi tanda masalah medis yang mendasarinya, seperti penurunan kadar hormon.

Namun perlu Moms pahami, gairah seks setiap orang berbeda dan tidak ada yang namanya libido "normal". Tetapi jika Moms merasa kurangnya hasrat untuk seks membuat stres atau memengaruhi hubungan, ada baiknya untuk mencari bantuan.

Salah satunya adalah mengonsumsi sesuatu untuk panambah gairah. Karena juga berhubungan dengan hormon, ada baiknya Moms pastikan bahwa komposisinya aman, ya.

Berikut ini rekomendasi penambah gairah untuk Moms dan Dads. Semoga dapat membantu!

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Mengapa Gairah Seks Menurun?

couple.jpg

Foto: istock.com

Sebelum mencari penambah gairah yang tepat, Moms juga perlu memahami mengapa gairah seks dapat menurun.

Selain beberapa faktor di atas, penuaan juga memainkan peran, meskipun banyak pria yang lebih tua masih memiliki minat yang kuat pada seks.

Permasalahan psikologi dapat menjadi salah satu permasalahannya, lho. Stres dan kecemasan akibat ketegangan kehidupan sehari-hari, masalah hubungan atau keluarga, depresi, dan gangguan mental adalah beberapa di antara banyak faktor yang dapat memengaruhi gairah seksual.

Mengutip WebMD, bisa jadi gairah menurun karena pengaruh hormonal .Testosteron adalah hormon hasrat, yang bisa ditemui pada wanita dan juga pria. Kadar testosteron yang rendah biasanya mempengaruhi hasrat seksual yang rendah. Kadar tersebut menurun seiring bertambahnya usia, serta penyebab lain termasuk penyakit kronis, obat-obatan, dan penggunaan narkoba lainnya.

Baca Juga: Gairah Seks Menurun Saat Menyusui?

Berbagai Jenis Penambah Gairah

chill-pill.jpg

Foto: pinterest.com

Menurunnya gairah seks bisa menimbulkan permasalahan dalam suatu hubungan jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, ada baiknya Moms mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter atau ahli.

Jika ingin mengatasinya sendiri, ada beberapa pilihan penambah gairah seks yang bisa Moms dan Dads konsumsi. Jangan lupa pastikan keamanannya, ya.

1. Konsumsi Rempah

ginseng.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms memutuskan untuk makan malam romantis bersama Dads, tambahkan sedikit kemangi atau bawang putih ke hidangan Moms dan Dads. Aroma kemangi akan merangsang indera, dan bawang putih mengandung allicin tingkat tinggi, yang meningkatkan aliran darah.

Melansir Healthline, efek tersebut dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi serta membantu untuk penambah gairah secara alami.

Selain dua bahan tersebut, Moms juga bisa mengonsumsi bahan-bahan rempah berikut ini untuk penambah gairah:

  • Saffron: Merupakan salah satu rempah termahal, saffron bisa bermanfaat sebagai penambah gairah. Bahan ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk membantu mengatasi depresi, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Berdasarkan penelitian, Saffron dapat menambah gairah yang lebih tinggi dan peningkatan lubrikasi.
  • Kacang Pistasio: Jenis kacang ini memiliki nilai gizi dan kaya protein, serat, dan lemak sehat. Kacang pistasio juga dapat membantu mengurangi gejala disfungsi ereksi. Dalam sebuah penelitian kecil, pria yang mengonsumsi 3,5 ons (100 gram) kacang pistachio per hari selama 3 minggu mengalami peningkatan aliran darah ke penis dan ereksi yang lebih kencang.
  • Ginseng Merah: Ginseng adalah ramuan populer lainnya dalam pengobatan Tiongkok. Jenis ginseng merah biasanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada pria dan wanita, termasuk libido rendah dan fungsi seksual. Beberapa penelitian menunjukkan ginseng merah teruji sebagai penambah gairah yang efektif.
  • Semanggi Merah: Adalah sejenis kacang-kacangan yang dikenal sebagai ramuan penambah gairah seks pada sebagian orang. Penelitian menunjukkan, bahwa wanita pasca menopause yang mengonsumsi 80 mg semanggi merah selama 90 hari tidak hanya meningkatkan libido tetapi juga suasana hati, tidur, dan energi.

Baca Juga: Wajib Coba, 5 Minuman Ini Bisa Meningkatkan Libido!

2. Gunakan Produk Penambah Gairah Wanita

girl smiling.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms ingin membumbui kehidupan seks dengan gairah yang lebih cepat, libido yang ditingkatkan, dan orgasme yang lebih kuat dari sebelumnya, ada produk penambah gairah wanita di pasaran yang dapat membantu.

Dari pil gairah wanita instan, penguat libido, hingga gel peningkatan seksual, tidak ada salahnya untuk Moms coba.

Berikut ini rekomendasi dari Cleveland Clinic Scene Press yang bisa Moms coba!

  • Vigorelle: Best Instant Arousal Gel, merupakan pelumas alami yang meningkatkan kenikmatan dari setiap sentuhan. Manfaat utama yang diiklankan untuk produk ini adalah peningkatan sensasi seksual, gairah lebih cepat, kelegaan dari kekeringan vagina, dan meningkatnya perasaan hasrat seksual. Produk ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke area genital untuk sirkulasi yang lebih baik untuk membantu rileks dan menikmati seks yang lebih baik.
  • Porvestra merupakan suplemen harian yang dirancang untuk penambah gairah wanita. Pil ini mengandung kombinasi herbal, afrodisiak, dan nutrisi yang membantu menyeimbangkan hormon, meningkatkan kesehatan seksual sambil bertindak sebagai meningkatkan gairah.
  • HerSoulution cocok untuk Moms dengan energi seksual yang rendah akibat lelah beraktivitas atau stres. HerSolution memperbaiki ketidakseimbangan tersebut sehingga wanita dapat menikmati kehidupan seksnya kembali.
  • Addyi cocok dikonsumsi sehari sekali dapat mengobati disfungsi seksual dengan meningkatkan gairah wanita dan membuat seks lebih memuaskan. Kesehatan seksual yang lebih baik memberikan pengalaman yang lebih bergairah bagi pengguna dan pasangannya.

Baca Juga: Tips Anti Canggung Membahas Seks dengan Suami

3. Makanan Ini Dapat Menjadi Penambah Gairah Pria

cara merawat rambut pria

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan mengonsumsi produk penambah gairah, para Dads juga bisa meningkatkan gairah seks dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Melansir Piedmont Healthcare, makanan-makanan ini dapat meningkatkan produksi testoteron pada pria yang sering kali menurun dan juga berpengaruh pada hasrat berhubungan seks.

  • Raspberry hitam. Makanan kaya fitokimia ini dapat meningkatkan libido dan daya tahan seksual.
  • Kacang pinus. Kacang pinus sarat dengan arginin. Arginin diubah oleh tubuh menjadi oksida nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah.
  • Alpukat. Dikemas dengan lemak yang menyehatkan jantung, vitamin B6 dan asam folat, alpukat membantu memberi bahan bakar pada tubuh dan meningkatkan energi. Vitamin B6 dikenal membantu produksi hormon pada pria, yang merupakan kunci dorongan seks yang kuat.
  • Semangka. Semangka mengandung citrulline, yang diubah menjadi arginin di dalam tubuh. Bahan kimia ini mengendurkan pembuluh darah - seperti efek dasar Viagra.
  • Minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun meningkatkan sirkulasi ke seluruh area tubuh. Minyak ini kaya akan manfaat kesehatan dan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker usus besar.
  • Brokoli. Tinggi Indole-3-carbinol, yang membantu mengurangi kadar estrogen, brokoli bisa menjadi pendorong libido yang hebat pada pria.

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

herb pills.jpg

Foto: pinteres.com

Ketika mengalami penurunan libido, tidak jarang para Dads memilih untuk mengonsumsi obat kuat. Padahal, ada beberapa suplemen dan vitamin yang dapat menjadi penambah gairah untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah rekomendasi suplemen dan vitamin untuk perempuan dan laki-laki.

Suplemen muntuk Perempuan:

  • Zat Besi: Melansir WebMD, kekurangan zat besi pada wanita dapat menurunkan gairah seksual, termasuk kemampuan mencapai orgasme.
  • Tribulus Terrestris: Moms juga bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan tribulus terrestris. Mengonsumsi sekitar 7,5 mg Tribulus terrestris setiap hari selama 4 minggu, terbukti mengalami perbaikan performa seks.
  • Maca (Ginseng Peru): Carilah suplemen dengan kandungan tumbuhan ini karena dapat meningkatkan level estrogen dan menjadi penambah gairah.

Suplemen untuk Pria:

  • L-arginine: Suplemen dengan kandunan L-arginine dapat menjadi penambah gairah. Mengonsumsi 5 g L-arginine per hari selama 6 minggu mengalami perubahan kemampuan ereksi.
  • Propionil-L-karnitin: Penelitian menguji pria yang mengonsumsi sildenafil dengan menambahkan 2 g Propionil-L-karnitin per hari mendapatkan hasil yang lebih baik pada kualitas seks mereka.
  • SAM-e (S-adenosyl methionine): Pada penelitian yang dilansir oleh WebMD, pria yang mengonsumsi SAM-e untuk mengganti antidepresan mereka, mengalami peningkatan hasrat seksual dan kemampuan ereksi.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Pria Disfungsi Ereksi di Malam Pengantin

Itu dia Moms berbagai rekomendasi makanan dan suplemen yang dapat menjadi peningkat gairah.

  • https://www.healthline.com/nutrition/aphrodisiac-foods#4.-Red-ginseng
  • https://www.webmd.com/sex-relationships/features/when-a-mans-sex-drive-is-too-low
  • https://www.clevescene.com/cleveland/5-best-instant-female-arousal-pills-and-sex-enhancers-for-women/Content?oid=34810678
  • https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-sam-e
  • https://www.healthline.com/health/boost-your-libido-10-natural-tips#get-enough-sleep
  • https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait