Kesehatan

10 April 2020

Kenapa Olahraga Berpengaruh pada Ukuran Payudara?

Selain lebih sehat, olahraga juga berpengaruh pada ukuran payudara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Demi menjalankan pola hidup yang sehat, salah satu hal yang harus dilakukan adalah rutin berolahraga.

Ya, rutin berolahraga memang baik untuk kesehatan, menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat, menambah stamina, dan bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Namun, olahraga ini banyak sekali jenisnya, ya, Moms. Jangan sampai Moms salah memilih olahraga yang tepat.

Nyatanya, olahraga bisa memengaruhi ukuran payudara wanita. Hal ini memang tidak terlepas dari jenis olahraga yang dilakukan.

Lantas, apakah alasan olahraga bisa memengaruhi ukuran payudara wanita? Ini ulasannya.

Olahraga dan Ukuran Payudara

Alasan Olahraga Pengaruhi Ukuran Payudara-1.jpg

Foto: hdqwalls.com

Moms, penting untuk mengetahui bahwa payudara wanita terbuat dari jaringan lemak, dengan beberapa saluran dan jaringan lobulus yang bercampur, tujuannya untuk menyusui.

Menurut studi dari Chiropractic & Manual Therapies, setiap wanita memang dapat memiliki ukuran payudara yang berbeda-beda.

Faktor genetik dapat membuat wanita memiliki timbunan lemak lebih banyak di bagian dada mereka.

Faktor lainnya yang dapat memengaruhi ukuran payudara wanita adalah berat badan. Hal ini kemudian yang dapat berpengaruh pada olahraga.

Ketika Moms rutin olahraga kardio untuk mengurangi lemak, maka mau tidak mau Moms akan kehilangan beberapa volume dari payudara.

Namun, jenis olahraga apapun tidak dapat membuat ukuran payudara Moms menjadi membesar, ya!

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

“Olahraga yang berpusat pada otot dada tidak meningkatkan ukuran payudara, namun menumbuhkan otot di belakang payudara, yang bisa membuatnya terlihat sedikit lebih besar,” ujar Albert Matheny, dari SoHo Strength Lab dan Promix Nutrition.

Untuk itu, apabila Moms tidak menginginkan banyak volume lemak di payudara tidak menyusut secara drastis, sebaiknya fokuskan olahraga untuk memperkuat otot dada dan bukan hanya kardio saja.

Hal ini juga yang menyebabkan banyak binaragawati lebih memiliki otot dada yang kuat dibandingkan ukuran volume payudara yang besar.

Saat Berolahraga, Perhatikan Kesehatan Payudara

Alasan Olahraga Pengaruhi Ukuran Payudara-2.jpg

Foto: wonderslist.com

Terlepas dari jenis apa pun olahraga yang Moms mainkan, penting untuk memerhatikan kesehatan payudara dengan baik.

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Science and Medicine in Sport mengungkapkan, ketidaknyaman pada payudara seperti rasa sakit dapat disebabkan gerakan payudara yang berlebihan saat olahraga.

Untuk itu, setiap wanita dianjurkan untuk memakai sports bra ketika sedang berolahraga.

Menurut Dr. Jenny White dari Research Group in Breast Health, memakai bra khusus saat olahraga penting untuk menjaga kesehatan payudara dan menjaga agar postur tubuh tetap baik.

Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan adalah memakai ukuran bra yang terlalu besar atau kecil. Untuk itu, pastikan ukuran sports bra yang dipakai tepat, ya, Moms!

Baca Juga: 5 Cara Memilih Bra yang Tepat Sesuai Bentuk Payudara

Faktor Lain yang Memengaruhi Ukuran Payudara

Alasan Olahraga Pengaruhi Ukuran Payudara-3.jpg

Foto: standard.co.uk

Selain faktor genetik, berat badan, dan jenis olahraga yang ditekuni dapat memengaruhi ukuran payudara, ternyata ada hal lain yang harus diketahui. Faktor usia juga berpengaruh pada ukuran payudara wanita.

Menurut Hopkins Medicine, ketika kadar estrogen menurun seiring bertambahnya usia, maka jaringan ikat di payudara menjadi dehidrasi dan kehilangan elastisitas.

Selain itu, beberapa kondisi yang sangat memengaruhi hormon, seperti saat hamil, menyusui, dan mengonsumsi pil kontrasepsi juga dapat berdampak pada ukuran payudara.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Terpenting adalah selalu jaga kesehatan payudara dengan baik, memakai ukuran bra yang tepat, dan segera temui dokter ketika ada gejala aneh yang terjadi pada payudara Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait