Pernikahan & Seks

8 Desember 2018

Jatuh Cinta Setiap Hari Dengan Suami Ternyata Mempengaruhi Kinerja Otak, Lho

Stay in love dengan suami akan memengaruhi kinerja otak Moms, lho.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Jatuh cinta dan menikah dengan pasangan yang Moms cintai merupakan hal yang anugerah terindah bagi seorang perempuan. Apalagi jika Moms dan pasangan bisa terus menjaga pernikahan tetap harmonis. Tentu saja kunci utamanya adalah komunikasi.

Kesuksesan dalam membangun rumah tangga dan merasa jatuh cinta setiap hari ini ternyata memiliki pengaruh lho bagi otak Moms. Apa saja? 

Reaksi Kimia yang Kuat

shutterstock 277963103

Menurut Michael J. Salamon, Ph.D, FICPP, seorang psikolog dan penulis, saling menyentuh, memeluk, keintiman fisik, dan hubungan seksual menyebabkan otak mengeluarkan sejumlah reaksi kimia akan rasa bahagia yang biasa dikenal dengan neurotransmiter, di antaranya vasopresin, oksitosin, dan serotonin. Hormon-hormon ini meningkatkan fokus, perhatian, dan sensitivitas yang nantinya akan membuat Moms semakin tajam dan waspada secara intelektual dan kognitif.

Sistem Pendukung yang Solid

shutterstock 555354226

Baik secara ilmiah atau tidak, hubungan saling mencintai dan mendukung satu sama lain antara Moms dan suami akan memengaruhi perkembangan intelektual Moms. Hal ini diakui Natalie Vartanian, CPCC, ACC, seorang pakar hubungan yang mengatakan bahwa walaupun secara fisik dia mengalami stres dan kewalahan dengan pekerjaan, tapi sesi cuddling dengan suaminya bisa membuatnya kembali tenang. Dia bisa berpikir lebih jernih ketika tahu bahwa ada suami yang mendukung apapun pilihannya.

Hubungan Seks adalah Kuncinya

shutterstock 155356055

Hubungan seks bukan hanya mengenai bagaimana Moms saling terhubung dengan suami, tetapi ini juga merupakan cara luar biasa untuk mengurangi stres dan meningkatkan kerja otak. Saat berhubungan seks, tubuh mengeluarkan hormon endorfin, meningkatkan fungsi kognitif dan menghilangkan stres. Seks juga meningkatkan serotonin dan oksitosin yang meningkatkan kreativitas dan logika berpikir. 

Sumber foto: capturehisheartclairecasey, shutterstock.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait