Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Mar 30, 2018

Pengaruh Warna Terhadap Tumbuh Kembang Bayi

Bagikan


 

 

Meskipun hingga saat ini para ahli masih mendebatkan masalah efek warna pada bayi, namun pada kenyatannya ada begitu banyak bukti yang menunjukkan bagaimana warna berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi, bahkan kehidupan orang dewasa.

Bayi memang masih belum mengenali warna dengan benar, mereka bisa melakukannya seiring usia mereka bertambah. Di bawah ini terdapat beberapa teori warna yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk diaplikasikan pada kamar bayi.

  1. Merah – Semangat, Gairah, Emosional

Merah melambangkan keberanian. Ini bisa diaplikasikan ke kamar bayi, tetapi lebih baik tidak diaplikasikan ke seluruh permukaan dinding. Merah sendiri merupakan warna “panas” yang bisa membentuk kepribadian yang stabil.

  1. Oranye – Hangat, Cozy, Nyaman

Oranye bagaikan menggambarkan perasaan yang lembut dan penuh inspirasi. Oranye yang cenderung gelap memberikan kesan sangat nyaman, sedangkan oranye terang memberikan kesan ramah dengan sentuhan modern.

  1. Kuning – Lincah, Aktif, Ceria

Warna kuning terlihat terang dan cerah sehingga perlu diaplikasikan secara teliti. Kuning yang lebih lembut merupakan pilihan yang paling baik untuk kamar bayi. Pengaruh warna kuning ini bisa meningkatkan konsentrasi. Namun, jika terlalu terang justru membuat bayi tidak nyaman.

  1. Hijau – Tenang, Segar, Nyaman

Hijau cocok untuk diaplikasikan sebagai warna ruangan atau tempat belajar. Pengaruh warna hijau sendiri memberikan ketenangan dalam berpikir dan berkonsentrasi. Selain itu, pengaruh warna hijau terhadap tumbuh kembang bayi cenderung tenang dan alami.

  1. Biru – Lembut dan Menenangkan

Biru merupakan warna yang terkesan menenangkan, namun perlu waspada mengaplikasikan warna ini untuk tempat yang teduh. Seperti misalnya biru berpadu abu-abu yang seolah-olah memberikan kesan sedih.

Biru juga bisa meningkatkan produktivitas tetapi tidak baik untuk diaplikasikan di ruang makan. Termasuk juga warna biru untuk peralatan makan. Hal tersebut bisa menurunkan nafsu makan.

  1. Putih – Bersih, Murni, Suci

Warna putih bagaikan memang penuh dengan kesan kebaikan, namun juga misterius. Di dalam memberikan sentuhan warna pada kamar bayi, putih cenderung sering ditinggalkan dengan alasan agar lebih bisa memunculkan emosi dan keterbukaan. Selain itu, putih juga warna yang rentan terhadap noda.

  1. Merah Muda – Romantis, Penuh Cinta, Feminin

Merah muda sudah tidak asing lagi untuk bayi dan anak-anak perempuan, bahkan hingga usia remaja dan dewasa sekali pun. Warna ini memberikan kesan romantis, penuh cinta dan juga feminin. Oleh karena itu, dipercaya mengaplikasikan warna merah muda untuk kamar bayi bisa membentuk karakter feminin seiring pertumbuhan usianya.

Bayi Tertarik Pada Warna Merah Mulai Usia 3-4 Bulan

Merah merupakan salah satu warna yang bisa dilihat dengan baik oleh bayi ketika pertama kali belajar mengenali warna. Tepatnya saat usia bayi menginjak 3 bulan. Bayi baru lahir sama sekali tidak bisa melihat perbedaan warna, bayi hanya mampu melihat warna hitam dan putih.

Usia 4 bulan bayi mulai bisa mendeteksi warna, namun baru sebatas warna-warna primer. Umumnya di usia tersebut bayi baru bisa mengenali warna merah dan hijau. Kemudian perlahan-lahan kuning dan hijau. 

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk bisa memberikan mainan bayi dan anak yang memiliki warna-warna primer dibandingkan dengan pastel.

Bagaimana? Moms terinspirasi untuk mendukung tumbuh kembang bayi melalui pengaruh warna seperti yang dipaparkan di atas?

 

(RGW)

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.