Rupa-rupa

15 Mei 2021

Apa Itu Passion dan Bagaimana Cara Menemukannya?

Passion memungkinkan diri kita untuk lebih terarah dalam melakukan sesuatu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Beberapa orang mengatakan bahwa passion sangat membantu kehidupan seseorang, terutama di bidang pekerjaan.

Hal ini karena memiliki passion akan mengantarkan diri kita dalam mencapai tujuan dan membantu kita dalam masa-masa sulit dalam meraih tujuan saat bekerja tersebut.

Jika Moms masih belum mengetahui dengan jelas tentang passion, coba cari tahu penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Passion

Apa Itu Passion

Foto: Orami Photo Stock

Passion adalah perasaan semangat, antusiasme, gairah, tekad, keyakinan, dan tekad terhadap suatu hal. Jika kita telah memiliki passion dalam bidang tertentu, maka akan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Adanya passion dalam menjalani suatu kegiatan, entah yang berhubungan dengan pendidikan, pekerjaan, atau hobi dapat membuat seseorang tetap termotivasi dan lebih mampu bertahan dalam masa-masa sulitnya.

Misalnya, ketika anak Moms memiliki passion di bidang olahraga sepeda. Anak Moms terlihat sangat mencintai olahraga sepeda, ia pun berlatih sepanjang waktu agar mampu mengendarai sepedanya dengan handal.

Ia tak takut melewati haling rintang di jalan ketika bersepeda karena ada passion di dalamnya. Ia juga mampu melihat peluang dari passion-nya, yaitu memiliki cita-cita menjadi atlet sepeda yang hebat sehingga dapat menghasilkan uang.

Kira-kira, seperti itulah gambaran passion, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Bakat Anak, Yuk Coba!

Cara Menemukan Passion

cara menemukan passion

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, bagaimana ya caranya kita menemukan passion? Apakah hanya diukur dari perasaan suka saja sehingga suatu hal bisa dianggap sebagai passion bagi seseorang? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Temukan Minat dalam Diri

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam menemukan passion, yaitu cobalah untuk menemukan minat atau suatu hal kesukaan dari dalam diri. Misalnya, fotografi, menggambar, atau yang lainnya.

Jika sudah menemukan salah satunya, cobalah untuk mengembangkannya hingga dapat menguasai suatu bidang tersebut.

Dengan memahami kemampuan yang paling menonjol dalam diri, kita dapat menemukan passion lebih mudah.

2. Pikirkan Hal Apa yang Paling Membahagiakan

Cobalah untuk berpikir tentang hal-hal apa saja yang paling membuat diri kita bahagia, Dengan cara itulah, passion dapat ditemukan dengan mudah.

Berpegang teguhlah dengan hal itu dan jangan menyerah ketika orang lain meremehkan atau menentang passion Moms, karena kebahagiaan diri, kitalah yang menentukan.

3. Perhatikanlah Kegiatan Apa yang Rela Dilakukan Selama Berjam-jam

Ketika kita melakukan kegiatan yang disukai dan rela melakukannya selama berjam-jam, hal itulah yang mungkin dinamakan dengan passion. Kegigihan dalam melakukan sesuatu bisa saja merupakan tanda cinta, antusiasme, atau gairah yang disebut sebagai passion.

4. Temukan Passion Melalui Idola

Apabila kita memiliki sosok yang dijadikan idola, cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka karena hal ini bisa saja menjadi jalan dalam menemukan passion.

Lihatlah bagaimana mereka bisa mencapai posisi mereka saat ini dan apakah mereka merasa telah menemukan minat mereka.

Semakin banyak kemungkinan yang ditemukan dari idola, semakin besar kemungkinan untuk mempelajari cara menemukan minat atau passion.

5. Cari Keunikan di Dalam Diri

Keunikan atau sesuatu yang berbeda dalam diri sering kali membuat kita minder dengan orang lain. Namun mulai saat ini, hentikanlah hal tersebut dan fokuslah pada diri sendiri.

Dengan memahami diri sendiri, seperti melalui keunikan, kita mungkin akan lebih mudah dalam menemukan passion.

6. Lakukan Riset Sebanyak Mungkin

Ketahui sebanyak mungkin tentang minat dalam diri Bagaimanapun, lakukan lebih banyak riset atau penelitian. Baca setiap situs web yang mungkin tentang topik yang menyangkut minat tersebut, dan beli buku terbaik yang tersedia. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah menemukan passion.

7. Jangan Berhenti Mencoba

Ketika belum berhasil menemukan minat yang menentukan passion kita, janganlah menyerah begitu saja. Terus mencoba hingga menemukan apa minat paling besar yang ada dalam diri.

Mungkin kita mengira telah menemukan minat, tetapi beberapa bulan kemudian kita merasa bahwa minat itu bukanlah hal yang diinginkan sebenarnya.

Maka, mulailah dari awal lagi dan temukan minat baru. Mungkin ada lebih dari satu gairah dalam hidup Anda, jadi jelajahi semua kemungkinan.

8. Bersikaplah Antusias dalam Segala Hal

Sangat mudah untuk merasa pesimis ketika perlu menyelesaikan aktivitas yang kita takuti, tetapi itu hanya akan menempatkan kita pada pola pikir negatif.

Ketika melakukan sesuatu yang tidak sukai, sebaiknya anggaplah sebagai kesempatan untuk belajar dengan pikiran terbuka. Hal ini karena kita tidak akan pernah tahu apakah kita akan menemukan sesuatu yang diminati, jika kita tidak memiliki antusias untuk itu.

Misalnya, meskipun pekerjaan pekarangan terasa seperti pekerjaan rumah, kita mungkin saja mendapati perasaan bahwa kita benar-benar menikmati berkebun atau belajar tentang kehidupan tanaman.

9. Lalui Tantangan yang Ada dan Jangan Takut Gagal

Akan ada beberapa jebakan saat kita semakin mendalami minat, tetapi jangan biarkan hal itu membuat diri ini berputus asa.

Meskipun secara alami mungkin kita tidak pandai dalam sesuatu yang disukai, teruslah mengejar dan mengatasi kesulitan sehingga dapat meningkatkan kualitas diri dan menjadi lebih baik.

Passion itu membutuhkan waktu dan dedikasi, jadi pastikan kita dapat meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan dan menggunakan setiap kegagalan sebagai pengalaman belajar di masa depan.

Walau penting untuk bertahan, penting juga untuk mengetahui kapan harus berhenti mengejar sesuatu. Jika kita merasa tidak mendapatkan tingkat kenikmatan yang sama seperti sebelumnya, mungkin inilah saatnya untuk beralih ke sesuatu yang berbeda.

10. Jangan Batasi Diri saat Menikmati Sesuatu

Memang sangat mudah untuk masuk ke tempat yang nyaman, tetapi itu bisa mencegah kita dalam mengembangkan minat lebih jauh. Jika ada pengalaman baru yang ingin dicoba, keluarlah dari zona nyaman dan lanjutkan belajar.

Cobalah mengatakan "ya" untuk melakukan sesuatu yang baru yang belum pernah dicoba sebelumnya sehingga dapat memaksakan diri terhadap suatu hal yang mungkin merupakan passion kita sebenarnya.

Itulah informasi seputar passion dan cara menemukan passion. Semoga bermanfaat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait