Balita dan Anak

12 Juli 2020

4 Rekomendasi Makanan Pengganti Kerupuk Agar Anak Makan Lahap

Moms tak lagi khawatir jika Si Kecil susah makan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms tentu ingin bila Si Kecil makan dengan lahap dan menghabiskan makanannya sendiri. Biasanya, tips yang dilakukan adalah dengan memberikan makanan pendamping seperti kerupuk.

Namun, mengonsumsi kerupuk dalam porsi yang berlebihan juga tentunya tidak baik. Selain karena proses memasaknya yang digoreng dengan minyak, Si Kecil mungkin juga akan merasa bosan.

Ada beberapa jenis makanan pengganti kerupuk lain yang menarik dan tentunya tidak kalah lezat. Yuk, cari tahu apa saja jenis makanan pendamping yang mungkin disukai Si Kecil.

Rekomendasi Makanan Pengganti Kerupuk

Jika Si Kecil sudah mengonsumsi ragam jenis kerupuk, Moms bisa mencoba memberikan Si Kecil makanan pengganti kerupuk yang tidak kalah menarik berikut ini.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerupuk?

1. Kacang Hijau Goreng

makanan pengganti kerupuk-1

Foto: instagram.com/fridajoincoffee

Musisi Andien Aisyah yang sedang melakukan plant-based diet, menggunakan kacang hijau goreng sebagai makanan pendampingnya.

Kacang hijau goreng bisa menjadi inspirasi makanan pengganti kerupuk untuk Si Kecil agar ia makan lebih lahap. Apalagi, rasa gurih dan renyahnya juga tidak kalah dari kerupuk lho, Moms.

2. Kulit Pangsit Goreng

makanan pengganti kerupuk-2

Foto: instagram.com/healthy.en.fresh

Jika biasanya Moms mengonsumsi pangsit goreng bersama bakso, siomay, atau batagor, kulit pangsit goreng juga bisa dijadikan makanan pengganti kerupuk yang tak kalah gurih.

Moms cukup membeli kulit pangsit goreng yang dijual di pasar atau membelinya secara online. Selain itu, kulit pangsit ini juga bisa diisi dengan daging ayam atau sapi dan dimakan sebagai camilan.

Baca Juga: Berikan 5 Makanan Super Ini Saat Anak Demam Berdarah

3. Keripik Bayam

makanan pengganti kerupuk-3

Foto: instagram.com/irmadesmayanti

Keripik bayam tidak hanya dapat menjadi makanan pengganti kerupuk yang menarik, tetapi Moms juga bisa membuatnya sendiri. Caranya juga mudah lho, Moms!

Cukup siapkan bahan utama seperti bayam yang berdaun lebar, tepung kentan, dan santan, serta beberapa bumbu dapur untuk memberikan cita rasa gurihnya. Si Kecil pun akan semakin lahap makan.

Baca Juga: Resep Keripik Kulit Kentang yang Cocok untuk Camilan Keluarga

4. Keripik Jagung

makanan pengganti kerupuk-4

Foto: instagram.com/nengnyemil

Terakhir, ada keripik jagung yang dapat menjadi rekomendasi pengganti kerupuk bagi Si Kecil sehingga makannya semakin lahap. Moms dapat membeli keripik jagung kemasan yang tersedia di toko.

Rasa keripik jagung kemasan juga lebih gurih, apalagi dengan banyaknya varian rasa yang tersedia. Tetapi, Si Kecil jangan berlebihan mengonsumsinya ya, Moms.

Ini karena kandungan kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi sebagai makanan kemasan. Beri tahu Si Kecil untuk memakannya dalam porsi yang cukup.

Itu dia Moms, rekomendasi makanan pengganti kerupuk untuk anak agar semakin semangat untuk makan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait